4 April 2014

Yuk Menjadi Warga Indonesiana


Barangkali teman-teman sudah tak asing lagi dengan yang namanya blog dengan platform mirip forum. Jadi kayak ngeblog rame-rame di satu tempat yang sama. Akan berbeda dengan blog yang teman-teman buat di blogspot atau wordpress yang tidak ada istilah halaman utamanya untuk mengintip tulisan teman-teman yang lain. Sederhananya seperti orang yang ngekost di satu rumah besar yang sama kalau menulis di blog yang mirip forum ini. Satu di antara yang lumayan baru adalah Indonesiana dari Tempo.co.

Beberapa waktu lalu memang domain .co bisa dimiliki oleh siapa saja yang menginginkan. Perbedaannya si masalah harga. Jauh lebih mahal dibandingkan domain .com atau .net dan yang lainnya. Terasa asing? Memang domain dengan bagian belakang menggunakan .co masih cukup asing. Untungnya pas peluncuran Tempo.co saya membaca informasinya di internet. Sehingga saat akan membuka halaman mereka saya tak lagi keliru dengan beranggapan mereka menggunakan .com atau .co.id.

Dari Tempo ada blog yang bisa kita miliki secara gratis di Indonesiana.tempo.co. Tidak perlu memilih url pribadi sebab kita tinggal mendaftar di Indonesiana.tempo.co dan ketika sudah terdaftar langsung bisa memasukkan tulisan yang kita inginkan di sana. Jika memang teman-teman punya tulisan sendiri di blog tetapi tak banyak yang membaca, tak ada salahnya untuk memasukkan tulisan teman-teman ke Indonesiana sehingga lebih banyak orang yang tahu gagasan tersebut.

Namun teman-teman yang memasukkan tulisan di Indonesiana tak akan semudah memasukkan tulisan di blog sebab di blog kita, tidak ada yang akan memeriksa tulisan yang akan diterbitkan selain kita. Jadi tulisan apa pun bisa langsung kita posting di blog dan terbit sesuai keinginan kita. Beda dengan di Indonesiana. Ada admin yang akan memberikan izin tulisan tersebut untuk tayang atau tidak di Indonesiana.

Hari ini akhirnya saya mendaftar untuk menjadi warga Indonesiana dan memasukkan satu tulisan saya di sana. Rencananya memang akan ada beberapa tulisan yang akan saya masukkan di sana. Terutama tentang travel dan kuliner yang ada di Kalimantan Barat. Sebab masih banyak orang yang tak mengenal Pontianak dan Kalimantan Barat sebagai tempat wisata kuliner yang cukup menggiurkan. Apalagi buat teman-teman yang belum pernah mampir ke sini sebelumnya.


Untuk menjadi warga Indonesiana tidak dipungut bayaran apa pun. Tinggal gabung dan masukkan tulisan teman-teman di sana. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

@honeylizious

Followers