18 April 2014

Sayuran Rebus

Selama ini terbiasa sekali dengan sayur yang dimasak dengan tambahan bumbu. Entah itu sedikit entah banyak. Jadi saat menikah saya juga menyediakan beragam bumbu buat masak sayur dan lauk. Garam, masako, kaldu kotak, dan beragam bawang.

Beberapa waktu yang lalu saya putuskan buat mengganti cara memasak saya. Terutama untuk sayur. Sayurnya sekarang dimasak dengan cara direbus tanpa bumbu apa pun. Tidak ada bumbu yang ditumis. Benar-benar sayur rebus dengan air. Terutama buncis. Biasanya satu kotak buncis yang harganya 12.000an saya bisa menyediakannya untuk 3 kali makan berdua dengan suami.

Jagung baby alias baby corn juga sekarang hanya direbus tanpa bumbu apa pun. Ayam yang biasanya saya goreng, setelah diungkep dengan bumbu kunyit, garam, dan bawang putih, sekarang saya masak dengan cara berbeda. Saya rebus dengan sedikit kecap manis saja tanpa garam atau gula. Bahkan tak ada bumbu penyedap lagi.

Saya baru sadar pemahaman saya tentang makanan enak selama ini berbeda dengan yang saya jalani sekarang. Ternyata enak juga hanya dengan cara rebus seperti itu. Bahkan rasanya lebih manis untuk sayurnya. Ayamnya juga gurih.

Ingin mengurangi minyak dan garam termasuk gula untuk masakan supaya makanan di rumah jadi lebih sehat.

Bagaimana denganmu?

@honeylizious

Followers