5 April 2014

Bot Facebook


Masih membahas soal facebook beberapa waktu lalu ada tuh komentar yang akan sedikit aneh tampilannya. Entah apa yang dipikirkan oleh orang lain saat mengizinkan cara berkomentar yang lebih mirip dengan bot. Setiap akun yang update status akan langsung dia komentari secara otomatis dan komennya tentu saja sangat tidak nyambung dengan status orang yang dia komentari.

Mirip dengan aplikasi aneh yang ada di facebook yang sekarang sedang marak menyebar. Tak hanya di Indonesia sebab banyak pula yang berasal dari negara yang lain. Beberapa waktu lalu saja saya sempat ditandai di aplikasi yang digunakan oleh teman facebook dari Thailand. Tentu saja ini sangat mengganggu dan intinya sih sama saja dengan aplikasi aneh yang ada di akun facebook orang Indonesia.

Bukan hanya sekali dua kali saya ditandai seperti itu. Setiap hari pasti ada dua tiga orang yang akan menandai di aplikasi yang digunakan untuk mengambil alih akun kita. Mereka akan memiliki akses untuk menampilkan komentar dan menandai teman-teman kita. Tak terbayangkan jika semua orang dalam akun facebook saya kena pishing yang serupa. Barangkali yang harus saya lakukan adalah menutup akun dan membuat yang baru. Kemudian menambahkan orang yang benar-benar saya kenal di facebook dan tak akan membuatnya bertumpuk seperti sekarang.

Teman di facebook sudah lebih dari 4.000 tapi saya yakin yang benar-benar berinteraksi dengan saya masih dibawah angka 100. sebab nama yang muncul di setiap notifikasi hanya itu-itu saja. Untuk apa memiliki teman di akun sebanyak itu tapi pada akhirnya kadang status yang lewat bukanlah hal yang menyenangkan. Sekarang setiap hari saya berusaha menghapus beberapa akun yang statusnya tak menyenangkan untuk dibaca atau namanya yang digunakan di akun facebooknya terlampau ajaib. Apalagi untuk penulisan status yang menggunakan banyak singkatan atau cara penulisan yang bukan mengikuti tata penulisan bahasa Indonesia.


Melelahkan memang menghapus satu demi satu akun yang tak saya inginkan ada di akun facebook saya. Tapi tak ada pilihan lain memang. Mau tak mau saya harus menghapusnya atau membuat akun yang baru kalau memang sudah tak bisa lagi menghapusnya. Ah pada akhirnya kita juga akan jenuh menggunakan facebook. Sampai-sampai untuk berkomentar pun ada yang menggunakan bot facebook.

@honeylizious

Followers