30 April 2014

Cookie Run Oh Cookie Run

Siapa yang lagi main Cookie Run? Saya sebenarnya berharap memenangkan hadiah pertama dari kontes yang diadakan Cookie Run. Sebuah mobil hadiahnya. Tentu sangat menggiurkan. Suami juga suka dengan mobil itu. Tapi mau beli sendiri sayang duitnya. Mendingan ditabung buat ngehajiin orang tua bukan?

Sampai hari ini nilai tertinggi yang bisa saya capai hanya 3.6jutaan. Tak sampai 4juta. Padahal di leaderboardnya, nilai yang sekarang memimpin 28juta ke atas. Jauh sekali untuk masuk 20 besar. Semoga aja habis ini masuknya ke orang yang beruntung dapetin boneka. Hehehe...
Kamu main juga?

Blogger For Android

Sudah banyak aplikasi blogger for android yang saya gunakan di smartphone saya. Ternyata tetap aplikasi dari blogger yang terbaik. Sebab ada beberapa aplikasi yang cukup menyulitkan buat mengedit postingan yang sudah dipublikasikan. Aplikasinya nutup sendiri. Akhirnya ya balik lagi ke aplikasi yang khusus dari blogger.
Entah bagaimana dengan teman-teman yang lain. Apakah ada teman-teman yang mengalami masalah yang sama?
Saya pernah tuh menggunakan aplikasi blogger buatan orang India, satu postingan bisa diisi banyak gambar melalui aplikasi tersebut. Beda dengan aplikasi blogger yang lain, yang hanya bisa memasukkan satu gambar dalam satu postingan. Termasuk blogger for android dari Blogger ini yang tak memungkinkan untuk mengunggah banyak gambar dalam postingan yang sama.
Tapi pas dicari-cari aplikasi blogger tersebut entah ke mana. Saya pun sudah lupa terakhir menemukannya menggunakan kata kunci apa selain 'blogger for android'. Makanya sekarang yang saya gunakan yang memang dari Blogger. Tak mengapalah hanya bisa memasukkan satu gambar selama tak sulit menggunakannya.
Teman-teman yang pake android pake blogger for android juga?

Garam Buah Pedas Khas Terasi Kalbar

Sejak dulu saya sudah terbiasa makan buah-buahan yang direndam air gula lalu dicocol ke garam buah. Garam buah pedas buatan Umak selalu istimewa. Bubuknya halus, kering dan harum yang bikin saya senang. Sebab tak banyak penjual buah yang diolah dengan air gula seperti itu yang bisa menyediakan garam buah yang halus dan kering.
Pedasnya nikmat sebab menggunakan cabai kering. Terasinya juga menambah aromanya menjadi harum. Supaya halus dan kering campuran garam + terasi + cabainya cukup dioseng saja sampai kering dan halus.
Karena saya membuat garam buahnya lumayan banyak, menggunakan terasi khas Kalimantan Barat, saya bawa sebagian besar ke rumah mertua. Soalnya di sana ada mangga. Jadi sekalian bisa ngerujak mangga ceritanya.
Maklumlah, mertua saya jago masak. Tidak memungkinkan membawakan beliau masakan saya yang sederhana itu. Beda cerita dengan garam buah. Kebanyakan yang tahu resep garam buah itu orang Tionghoa. Nah, ibu mertua kan berdarah Melayu jadi tak pernah membuat garam buah pedas pake terasi begini.
Bedanya garam buah yang saya buat dengan garam buah Umak di kampung adalah cabainya. Supaya lebih pedas saya menggunakan cabai rawit. Kepikiran juga soal membuat oleh-oleh Kalimantan Barat berbentuk garam buah berterasi buatan lokal. Selain meningkatkan nilai jual terasi lokal saya pikir garam buah juga sesuatu yang cukup menarik.
Pecinta buah yang agak asam manis pasti membutuhkan garam buah semacam ini. Membuatnya juga mudah menggunakan terasi kering bubuk yang dijual di pusat oleh-oleh Kalimantan Barat. Jadi tak butuh lama buat mengosengnya. Sebab tidak mengandung air.
Kamu suka garam buah juga?

29 April 2014

Ngerujak Mangga Muda

Jangan anggap saya sedang mengidam ya sebab saya sudah suka makan mangga sejak dulu. Paling suka dengan buah yang bisa dijadikan rujak. Teman-teman sendiri bagaimana? Suka dengan mangga muda. Walaupun pencernaan saya lumayan sensitif alias mudah sekali diare. Namun kalo penyebabnya buah-buahan biasanya hanya buang air 2-3 kali sudah selesai. Beda cerita jika terkena bakteri diare. Benar kan ya diare itu ada bakterinya? Atau virus? Hahahaha...
Di rumah mertua saya akan menemukan pohon mangga yang berbuah lebat dan sekarang belom matang buahnya. Suami yang bagian mengambilnya dan mertua biasanya mengupaskan dan saya tinggal makan. Hahahaha... untung ibu mertuanya baik banget. Tahu aja saya suka mangga. Mau manis atau enggak pasti disimpankan.
Buat cocolannya saya paling suka garam, gula, dan kecap manis. Karena makannya rame-rame ada tambahan cabai yang dimasukkan suami dalam kecapnya. Makin nambah deh kemungkinan lancar BAB-nya dengan rujak mangga ini.
Benar saya hitungan dua jam perut saya agak mules dan langsung buang air besar. Perut langsung lega seketika. Diare seperti ini tak berlangsung lama. Hanya hitungan 1 jam tanpa minum obat sudah hilang mulesnya. Bahkan buang airnya juga berhenti.
Tak butuh pencahar deh kalo memang punya mangga.

28 April 2014

Menjadi Perempuan Kreatif dengan Internet dan Sosial Media

Sabtu lalu saya menjadi pembicara di Telkom Indonesia Pontianak di Jl. Teuku Umar, Kalimantan Barat. Sebenarnya saya tak begitu mempersiapkan diri buat jadi pembicara soalnya bingung aja mau ngomong apa di depan banyak orang.
Dari dulu saya selalu tak percaya diri harus berbicara di depan umum. Apalagi banyak ibu rumah tangga yang ikut hadir.  Walaupun sebelumnya sudah pernah berbicara di depan lebih banyak orang waktu ada workshop menulis dari Tulis Nusantara tahun lalu tetap saja saya agak deg-degan. Maklum saya tak pernah membayangkan akan menjadi pembicara di depan orang.
Lebih mudah berbicara sendiri di depan pelantang saat siaran. Soalnya nggak ada yang liat ekspresi saya saat berbicara.
Berdebar sejak turun dari rumah sampai akhirnya giliran saya berbicara di depan peserta seminar datang. Ternyata saya tak bergetar seperti yang saya takutkan. Kaki saya nggak goyang, beda dengan semasa kuliah dulu yang mengharuskan saya menyembunyikan kaki saya yang bergetar saat harus bicara di depan teman-teman mahasiswa yang lain.
Jadi kepengen lagi ngisi acara seminar. Awal yang menyenangkan seminar kali ini di Telkom Indonesia.

Jurnal dari Telkom Indonesia

Beberapa hari yang lalu saya mengisi acara di Telkom Indonesia di Jl. Teuku Umar Pontianak, Kalimantan Barat. Senang sekali pas dapet kenang-kenangan dalam bentuk jurnal. Saya memang suka dengan jurnal. Bisa dijadikan tempat untuk mencatat pesanan atau pembukuan buat keuangan. Maklum sudah 5 bulan menikah belum pernah sekalipun mencatat pengeluaran dan penghasilan. Bisa-bisa uangnya tak jelas sudah dibelanjakan buat apa aja kan?
Dapatnya Sabtu kemaren baru dibuka hari ini. Ternyata jurnalnya nggak hanya cocok buat nyatat keuangan rumah tangga. Tapi cocok banget buat dagang. Soalnya ada kalkulator yang bisa dibongkar pasang dari jurnal tersebut. Jadi nggak bakalan ilang kalkulatornya.
Tapi bau-baunya yang bikin saya curiga nih ya, suami tercinta bakalan naksir juga sama tuh jurnal. Soalnya kadang saya lihat dia suka ngitung-ngitung pake kalkulator di ponselnya. Harus simpan baik-baik nih... hihihi...
Teman-teman punya juga nggak jurnal kayam gini?

26 April 2014

Ngadat Saat Menulis?


Maksudnya sih ngeblank. Things happen. Bukan masalah besar kalau memang tak sedang mengejar deadline. Satu hal yang paling ditakuti penulis memang ketika sedang asyik menulis dan mandek. Argggh-situation banget kan? But hey, bukan hanya kita, kamu yang sedang membaca ini dan saya yang sedang menuliskan ini yang mengalaminya. Percayalah masih banyak penulis di luar sana yang menghadapi permasalahan sama. Eh tapi bukan berarti kita lantas mengatakan ya sudah kalau begitu nulisnya nanti aja.

Lanjut aja nulisnya. Menulis yang lain misalnya. Seperti sekarang ini saya sedang ngadat menulis sebenarnya. Malas menyalakan komputer kalau tidak ada iklan yang masuk dan mau nggak mau memasukkannya menggunakan PC supaya lebih rapi. Beda kalau cuman buat ngeblog. Tinggal pake smartphone terbitlah beberapa tulisan yang kerapiannya dipertanyakan dan kebanyakan tak ada gambarnya. Saya pikir saya jadi ngadat menulis karena terlalu banyak hal di dunia ini yang bisa saya tuliskan sampai-sampai rasanya bingung yang mana harus saya tuliskan terlebih dahulu. Pengennya sih semuanya diselesaikan dan menjadi tulisan utuh. Bisa dibaca banyak orang dan syukur-syukur ada yang bisa mendapatkan manfaat di dalamnya.

Jika memang teman-teman ngadat saat menulis karena merasa tulisannya ada kurangnya. Belum pas. Bahkan muncul pertanyaan:

Kok tulisan saya begini?
Kok tulisan saya begini?
Kok tulisan saya begini?

Lupakan pertanyaan tak penting seperti itu. Inti dari menulis bukan tentang membuat kagum orang lain. Bukan tentang menjadi terkenal. Bukan tentang mendapatkan uang dari tulisan tersebut. Walaupun cukup penting untuk dipertimbangkan sebagai semangat menulis. Inti menulis bagi saya adalah memperpanjang kehidupan saya sendiri. Suatu hari ada yang tak mengenal saya akan menemukan 'diri' saya di blog ini. Untuk seterusnya saya tak akan benar-benar mati dari dunia ini selama belum kiamat. Dengan menulis saya merasa lebih hidup.

Berkali-kali saya akan menekankan hal yang sama pada diri saya yang sering tak percaya diri dengan tulisan sendiri. Karena saya pikir memang tulisan saya masih kalah jauh dibandingkan tulisan banyak orang. Selalu akan ada tulisan yang jauh lebih baik. Kemudian saat saya mengingat saya harus menulis karena saya sedang mencatat sejarah kehidupan saya sendiri, kengadatan saat menulis itu akan berhenti seketika. Jemari menari dengan lincahnya di atas papan ketik. Walaupun kadang mata lumayan pedas untuk diajak terus terbuka.


Masih panjang yang ingin saya tuliskan tapi mengingat saya harus bangun pagi sebab beberapa jam lagi, sekitar 9 jam, saya akan menjadi narasumber untuk peringatan Hari Kartini 2014 di BLC Telkom. Ya sudahlah, kita lanjutkan di postingan yang berbeda lagi ngobrolnya.

MINUMAN DI SIANG HARI


Resep minuman yang segar tentu cocok diminum pada siang hari. Minuman seperti ini cocok untuk diminum dalam rangka meningkatkan kembali semangat kerja. Selain menyegarkan, sebaiknya minuman yang konsumsi pun menyehatkan, diantaranya minuman yang mengandung buah-buahan. Saat jeda istirahat kantor, kita dapat membuat minuman ini karena langkah-langkah dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana. Kita tinggal pergi ke pantry, dan menyiapkan bahan-bahan berikut.

Setengah gelas jus jerk, 6 buah stroberi yang telah diiris dan dibuang kulitnya, setengah buah pisang, seperempat cangkir tahu sutra dan 6 buah es batu. Blender ke seluruh bahan tersebut sampai halus, dan anda akan mendapatkan minuman yang segar. Selain segar dan menyehatkan, minuman ini juga memberikan energi lebih bagi tubuh kita untuk beraktivitas. Lebih mantap jika kita menambahkan madu dalam campuran tersebut. waktu penyajian membutuhkan sekitar 20 menit saja, bukan waktu yang lama bukan. Minuman ini mengandung kalsium yang cukupbanyak serta kalori, protein dan juga fiber.


Resep minuman ini dinamakan Energy Smoothie karena rasanya yang mampu membangkitkan energi. Rasanya dominan manis dengan sesekali rasa asam yang hadir berkat sentuhan stroberi. Cocok disajikan pada tengah hari ketika matahari sedang panas-panasnya. Jika ingin menambah rasa manis, kita bisa menambahkan gula putih, namun alangkah lebih berkhasiatnya jika kita menambahkan madu yang kaya manfaat. Selamat mencoba resep tersebut dan semoga hari anda selalu dipenuhi energi.

The Sims, Simulasi Kegiatan Sehari-hari



Cameron, karakter Sims yang sedang saya urus, sangat percaya pada manfaat buah anggur jadi dia menanam banyak pohon anggur di sisi rumahnya yang luas. Saya telah mengurus Cameron sejak hampir enam bulan yang lalu hingga kini dia sudah memiliki suami, Clark, dan satu orang anak perempuan bernama Clementine. Sehari-hari Cameron bekerja sebagai akuntan yang dibayar mahal oleh perusahaannya jadi uang yang dimiliki keluarga Cameron terus bertambah setiap harinya hingga ia bisa membeli barang-barang mewah seperti sofa dua tingkat dan rumah yang memiliki kamar sangat banyak. Saya berencana memberi Cameron satu orang anak lagi supaya keluarganya lengkap dengan satu orang anak perempuan dan satu orang anak lelaki.

Cameron mengajarkan suami dan anaknya bahwa manfaat buah anggur sangat berguna bagi kesehatan tubuh oleh karena itu Clark tidak pernah protes sepertiga dari rumah mereka adalah kebun yang dipenuhi dengan pohon anggur berbagai warna. Ada pohon anggur hitam yang paling disukai Cameron, hingga anggur hijau yang hanya tumbuh di musim panas. Saya membuat Cameron rajin berkebun karena dia sangat cocok mengenakan pakaian bertanam. Ada sebuah sepatu boots berwarna emas yang akan saya belikan untuk Cameron untuk bertanam namun saya masih harus menunggu beberapa hari lagi hingga uangnya cukup untuk membeli sepatu emas dengan ornamen bunga-bungaan tersebut.


25 April 2014

Penyakit Pada Anak


Senang melihat adik saya sudah dapat bermain lagi bersama teman-temannya setelah pulih dari gejala tipes yang menderanya hampir selama dua minggu. Adik saya adalah tipe anak periang yang sangat senang beraktivitas di sekolah maupun di lingkungan sekitar rumah. Temannya banyak, mulai dari yang seumur—adik saya saat ini berusia 8 tahun—hingga teman-teman yang merupakan seniornya di sekolah. Mungkin memang di usia tersebut, anak-anak sedang giat-giatnya bersosialisasi dengan sesamanya. Nanti ketika usianya mulai memasuki sekolah menengah lanjutan, biasanya anak-anak mulai memiliki dunianya sendiri. Ada yang senang tinggal di rumah dengan bermain gadget, ada yang senang dengan hobi masing-masing dan ada pula yang sibuk belajar untuk menghadapi ujian-ujian sekolah yang semakin tinggi semakin sulit.


Karena adik saya masih kelas empat SD dan jiwa bermainnya masih sangat besar, gejala tipes yang menderanya kemarin benar-benar membuatnya stres. Ia dilarang dokter untuk beraktivitas di luar rumah padahal sudah pulang dari rumah sakit. Selama berhari-hari ia harus mengkonsumsi bubur dan obat-obatan secara rutin padahal mungkin perasaannya mulai membaik. Kami orang-orang yang lebih tua biasanya betah-betah saja jika diharuskan tinggal di rumah selama beberapa hari, tapi bagi anak-anak seperti adik saya, di hari kedua saja dia sudah mulai merengek untuk mengunjungi anak tetangga sebelah untuk bermain bersama. Semoga di masa depan adik saya tidak lagi mendapatkan penyakit yang sama, kasihan saya melihatnya.

Tren Minum Teh


Apa sih enaknya bubble tea? Saya tidak habis pikir sampai-sampai adik saya minta saya membungkuskannya padahal yang bersangkutan sedang dirawat di rumah sakit karena gejala tipes. Meskipun penyakitnya sudah hampir sembuh dan adik saya itu sudah diperbolehkan pulang ke rumah besok, tapi tetap saja saya bersikeras untuk tidak membelikannya minuman kesukaannya karena alasan kesehatan. Tapi lantas adik saya itu mulai merengek dan memberikan alasan-alasan yang menurut saya cukup logis dan pada akhirnya memaksa saya untuk membawakannya beberapa gelas minuman kesukaannya tersebut ke rumah sakit. Ia bilang satu gelas untuk malam ini dan satu gelas lagi untuk besok pagi dan satu gelas lain untuknya ketika ia berada di dalam perjalan pulang.


Menurut adik saya rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan teh biasa dan aromanya lebih lama tinggal di tenggorokan sehingga orang yang meminumnya bisa merasa rileks dalam waktu lebih lama. Selain itu menurutnya minuman teh dengan bubble tersebut merupakan minuman yang sedang ngetren di kalangan anak muda dan ia tak boleh ketinggalan dengan tren tersebut. Memang anak muda zaman sekarang, minuman teh saja bisa menjadi tren, tidak heran industri kreatif berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan remaja mengikuti tren tersebut. Saya tidak mengerti mengapa adik saya tersebut sangat ketagihan dengan bubble tea padahal menurut saya tak ada bedanya dengan teh-teh lainnya.

Pedophilia oh Pedophilia


Sudah menonton televisi hari ini? Ah rasanya tak habis-habis berita mengenai predator ini yang memangsa anak kecil secara seks. Bahkan tak hanya dalam bentuk foto atau video yang banyak terjadi, banyak juga yang memangsa secara langsung. Sehingga meninggalkan 'bekas' yang tak mungkin hilang pada diri anak kecil itu. Barangkali saya satu dari sekian banyak anak di dunia ini yang beruntung tidak menjadi korban para pedophilia ini. Sebab saya yakin dunia anak-anak yang menjadi korban ini tak akan lagi sama seperti sebelum dia menjadi korban kekerasan seksual. Cara dia melihatnya akan sangat berubah dan itu akan sangat menyakitkan tak hanya bagi dirinya. Orang di sekitarnya juga akan mendapatkan dampaknya.

Dulu saya pikir saya hanya akan melihat topik atau isu pedophilia ini hanya di televisi, di Metro TV yang waktu itu masih menayangkan acara Oprah. Tak akan terjadi di Indonesia. Ternyata otak saya terlalu sederhana berpikir bahwa orang Indonesia tak akan mengalami kelainan seksual seperti yang terjadi di Amerika atau Eropa sana. Saya sangat keliru. Sebab di sini pun banyak anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual.

Baiklah jika kita lihat dari sisi pelakunya, mereka bisa jadi hanya berpikir sedang menyalurkan hasratnya. Tanpa pernah memikirkan dampak besar yang akan terjadi setahun ke depan, sepuluh tahun ke depan, bahkan seumur hidup anak yang dia jadikan objek kekerasan seksual tersebut.

Pedophilia.

Barangkali kita akan lebih memaafkan orang yang masturbasi. Orang yang menggunakan imajinasinya sendiri untuk menyelesaikan hasrat tersebut. Apa pun orientasi seksualnya. Sebab jika sudah ada objek itu akan menjadi masalah, apalagi jika ini berkaitan dengan anak kecil. Betapa hancurnya hati keluarganya. Hati anak itu suatu hari nanti. Walaupun saya yakin, akan banyak sekali korban pedophilia yang mampu berdiri tegak dan mendongakkan kepalanya sambil mengatakan 'aku baik-baik saja setelah semuanya berlalu'. Namun sayangnya hidup tak sesederhana itu. Di dalam tubuh manusia ada darah menggumpal yang disebut hati. Hati kita tak akan membuat segalanya sedemikian mudah untuk dihadapi.

Saya memang bukan korban pedophilia. Sekarang saya sudah terlalu dewasa untuk dijadikan objek juga oleh mereka. Tapi saya korban kekerasan yang lain. Ada seseorang yang membuat saya trauma dengan kehidupan saya sendiri. Rasanya kehidupan ini bertahun-tahun penuh dengan darah dan air mata. Walaupun sekarang saya bisa berdiri tegak dan mengatakan 'ternyata saya baik-baik saja, saya masih hidup'. Namun saat melihat ke tahun-tahun belakang, memeras perasaan sendiri, saya butuh waktu yang sangat panjang untuk akhirnya bersyukur pernah menjadi objek kekerasan tersebut. Bukan berarti saya mengajak orang yang menjadi korban kekerasan pedophilia untuk mensyukuri hal tersebut. Lebih tepatnya mensyukuri apa yang akhirnya kita dapatkan setelah melewati proses menjadi objek kekerasan seseorang.

Saya yakin, akan selalu ada hikmahnya. Memang menyakitkan. Sangat menyebalkan menjadi korban. Saya juga tak pernah suka menjadi korban kekerasan di dalam keluarga. Sekarang saya bersyukur telah melewati bagian paling berat dalam kehidupan saya dan melangkahkan kaki untuk melanjutkannya. Sebab tanpa kejadian bertahun-tahun tersebut yang penuh teror itu saya tidak akan pernah menjadi diri saya yang sekarang.


Saya tak akan menuliskan tulisan ini tanpa meneteskan air mata lagi, sebab rasanya air mata saya sudah kering untuk menangisi perlakuan satu orang yang bisa saya sebut sebagai orang yang paling jahat yang saya kenal di dunia ini sejak lahir ke dunia. Saya akan menceritakannya. Tenang saja. Tunggu di postingan berikutnya.

Masih Dunia Lain, Beneran?


Ini acara favorit suami. Padahal sebelum menikah saya jangankan mau mantengin sampe selesai, biasanya saat tidur sendirian, waktu itu masih di Radio Volare baru saya punya televisi sendiri, saya akan terbangun gara-gara suara latar di acara ini. Lagu tema mungkin ya, yang 'dug dug dug (terus ada kayak mendesah apa mendesis gitu) dug dug dug...' pokoknya demikianlah lagu tema yang akan diperdengarkan sampai segmen uji nyali selesai, bahkan saya pikir sepanjang malam, saya akan langsung terbangun. Terus terang saya orangnya gampang takut. Parno aja dengan suara-suara aneh dan tempat gelap. Tapi alhamdulillah belum pernah kerasukan, mungkin mahluk astral (begitu mereka menyebutnya) males mau masuk ke tubuh saya yang tukang tidur ini.

Waktu masih di Radio Volare saya suka menyalakan televisi supaya nggak merasa sendirian di dalam kamar. Jadinya saya suka lupa, bahwa ada acara Masih Dunia Lain di Trans 7. Entah mengapa suka nonton acara di Trans 7 sampai ketiduran dan akhirnya terbangun gara-gara musik yang diperdengarkan di acara tersebut. Mata masih sangat mengantuk tangan mencari-cari remote dan segera mematikan atau memindahkan siaran tv. Sendirian di kamar bawah studio aja sudah serem. Maklum gedungnya lumayan besar dan saya berada di sudut yang sepi dan jauh dari keramaian. Beda sekali dengan saat masih sekolah dan tinggal di rumah Uwan atau Umak. Suara motor yang berisik sesekali terdengar membelah malam yang gelap. Apalagi di jalanan perkampungan dekat rumah Uwan. Lampu jalannya hanya beberapa yang menyala.

Hari ini, saat suami saya sibuk menonton televisi yang tayangannya Masih Dunia Lain tersebut saya suka mikir, itu acaranya beneran? Beneran gitu mahluknya sebanyak itu dan berinteraksi dengan cara yang ada di acara tersebut? Sumpe lo? *eh maap...

Segampang itukah orang kerasukan dan memang demikiankah bentuk atau bunyi dari 'mereka-yang-tak-akan-saya-jelaskan-lagi-siapa'. Jadi kalau menonton bersama suami, sekarang sudah berani menonton acaranya karena berdua di kamar, suka debat gitu, bahkan suka bilang 'masa sih?'. Pokoknya suka nggak yakin gitu saat liat acaranya. Bahkan saya sudah mempertanyakannya sebelum beredar video di Youtube yang menyebarkan tayangan Masih Dunia Lain. Tayangannya memperlihatkan ada orang yang mengetuk-ngetuk dinding yang diklarifikasi oleh pihak Masih Dunia Lain sebagai masyarakat yang menyusup dan mengganggu. Saya tidak mengatakan bahwa acara ini rekayasa dan bentuk rekayasanya seperti yang sudah kita lihat di Youtube tersebut.

Cuma sampai sekarang saya hanya suka bertanya-tanya dengan diri sendiri apakah itu memang beneran? Suka nggak percaya dengan orang-orang yang kerasukan itu. Ya katakanlah bahwa memang di dunia ini banyak sekali orang yang bisa melihat mahluk halus. Saya sendiri beberapa malam sebelum menikah, saat sudah mengenakan inai didatangi sesosok perempuan, antara tidur dan mimpi, dia hanya terlihat sebentar, tak terasa oleh raga saya, dan tentu saja dia tak bisa masuk ke tubuh saya waktu itu. Nambah masalah orang yang mempersiapkan pernikahan saja kalau begitu.

Menurut beberapa orang sih ada yang mengatakan itu Putri Junjung Buih. Karena saya masih berdarah Banjar. Mungkin dia mendatangi untuk mengucapkan selamat pada saya karena akan menikah walaupun saya malam itu jadi takut berat dan tak mau tidur di kamar yang sama. Sebab malam pertemuan kami itu, dia tersenyum, menyeringai rasanya, kemudian mendekati tangan saya yang mengenakan inai. Seakan-akan ingin menyentuh tangan saya yang kukunya sudah berinai tersebut.


Entah itu mimpi atau bukan. Saya memang yakin mahluk gaib itu ada. Tapi dunia kita berbeda. Jadi saya meyakini sekali tak semudah itu untuk melihat mereka dan rasanya aneh setiap hari bisa melihatnya bukan? ah... bingung ah

24 April 2014

Sella, Tarjo, And Me


Akhirnya setelah terakhir kali bertemu bertiga pas pernikahan saya kemarin, sekarang bertemu lagi dengan dua sahabat saya ini. Dian atau yang lebih akrab saya panggil Tarjo dan Sella Asmara yang selalu kami panggil Sella atau Mak Nyah. Hehehe...

Buat saya sendiri untuk memiliki teman akrab dalam jumlah banyak memang tak begitu mungkin. Sebab saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sendirian dan lebih banyak menulis. Bukan karena saya tak suka berteman sih sebenarnya tapi kadang terlaul banyak teman juga belum tentu menyenangkan. Buat saya sendiri tak masalah punya temannya sedikit asal awet dan cocok.


Nah bagian kecocokan tersebut yang cukup sulit. Karena ada saja bagian yang tak cocok dari banyak orang di dunia ini untuk dimasukkan pada bagian persahabatan. Alhasil hanya beberapa orang yang benar-benar akan saya sebut teman di dunia ini. Dua di antaranya adalah mereka.

23 April 2014

My Princess Scissor


Kayaknya memang gunting terbaru yang saya beli harus diperlakukan layaknya tuan puteri. Soalnya tak ingin lagi gunting tersebut menjadi tumpul karena saya sembarangan saja menggunakannya. Kalau ingin membersihkannya pun lebih baik menggunakan minyak dan kain. Tak lagi main asal lap saja. Apalagi jika sampai menggunakan lap yang basah oleh air. Sebab gunting tersebut sendiri di dalam kotaknya dilumuri dengan minyak.

Banyak cara untuk menajamkan gunting yang saya temukan. Bahkan sampai membuat saya frustasi untuk melakukannya. Tak ada satu pun yang benar-benar membuat gunting tersebut tajam kembali setelah menumul. Jadi memang sebenarnya cara terbaik untuk menajamkan gunting adalah jangan sampai membuatnya tumpul. Setiap gunting punya fungsinya masing-masing.

Terutama gunting yang digunakan untuk menggunting kain. Tak akan saya gunakan untuk menggunting benda yang lain. Aki benar. Jangan diguntingkan selain ke kain jika ingin menjaga ketajamannya. Pantas saja saya pernah menggunakan gunting kain Aki diam-diam untuk bermain dan dapat dipastikan gunting tersebut langsung menjadi tumpul. Cara mendapatkan gunting yang tajam tentu yang paling benar adalah dengan membeli gunting baru yang masih berlumuran minyak itu.

Kali ini saya membeli gunting yang ukurannya 10 inchi. Lebih panjang dari gunting sebelumnya yang 8 inchi saja. Beda bahan sih dengan gunting sebelumnya yang warnanya gelap. Gunting yang sekarang warnanya lebih mirip perak. Tajam sekali. Karena saya memang hanya menggunakannya untuk menggunting bahan yang lembut seperti pita satin dan kain.

Tak ingin lagi mengulangi kesalahan yang sama sebab tak memiliki gunting yang tajam itu menyebalkan. Apalagi buat saya yang sekarang sedang senang-senangnya bikin bros hijab. Sayang sekali ketika ada waktu luang saya malah tak bisa menghabiskannya untuk menambah jumlah bros yang bisa saya buat hari itu.


Saya belum menamai gunting tajam saya tersebut. Kayaknya supaya lebih erat lagi rasa saya pada gunting tersebut dan tak akan sembarangan menggunakannya lebih baik memberikan nama yang cocok untuknya. Sekarang saya masih menyebutnya Tuan Putri. Hehehehe...


22 April 2014

Bros Serbu (Serba Enam Ribu)


Akhirnya banyak juga bros yang saya selesaikan beberapa hari terakhir ini. Sudah mulai lebih rapi. Ternyata memang musti sering-sering bikin dan liat tutorial untuk mendapatkan model yang sesuai dan tampilan yang lebih rapi. Sebelumnya saya tak menjahit brosnya saya sekali demi kepraktisan. Namun ternyata itu menjadi masalah baru untuk bagian kualitas. Ada beberapa bros yang lepas bahkan sebelum dijual. Sekarang hanya bagian tertentu saja yang dilem. Lebih banyak bagian yang disatukan dengan cara dijahit.

Ini model terbaru yang saya buat untuk bros hijab paket SERBU alias paket serba enam ribu. Buat yang kepengen jadi reseller atau dropshipper juga welcome banget. Jangan takut soal ongkos kirim karena ada pembelian dengan jumlah tertentu yang tidak memerlukan biaya kirim lagi. Misalnya untuk pembelian 20 buah gratis ongkir dan dapat harga khusus. Bermodalkan 100.000 sudah dapat 20 bros hijab dan langsung nyampe ke alamat kamu tanpa perlu tambahan ongkos kirim lagi. Namun tak semua tempat gratis ongkos kirim sebab ada beberapa wilayah di Indonesia yang ongkos kirimnya mahal banget. Seperti ke wilayah timur Indonesia yang harus saya cek ulang biaya kirimnya berapa. Jika memungkinkan gratis tentu saja saya lebih senang menggratiskan ongkos kirimnya.


Selain produk seharga 6.000/buahnya ada juga yang harganya 10.000-12.000. bergantung ukuran dan jumlah kelopak brosnya. Sebab biaya produksinya juga akan berbeda dengan yang ukurannya lebih kecil atau jumlah kelopak brosnya sedikit. Langsung cek saja di halaman Honeylizious's di facebook untuk lebih lengkapnya.



21 April 2014

Amerika Utara yang Selalu Mendung


Manfaat sinar matahari yang paling penting menurut saya adalah untuk menjaga kulit agar selalu terlihat cerah merona. Kenapa? Karena saat ini saya menetap di Minnesota, negara bagian Amerika bagian Utara yang udaranya lebih dingin dari negara bagian Amerika manapun. Di sini, saya butuh banyak sekali pelembab kulit dan bibir supaya tidak mudah pecah-pecah karena dingin. Penduduk Minnesota pun kulitnya lebih pucat dibandingkan dengan penduduk dari negara bagian lain. Seperti Edward Cullen yang adalah vampire, saya yang sudah tinggal di sini selama hampir satu tahun pun semakin hari semakin terlihat putih pucat padahal aslinya kulit saya adalah sawo matang yang meski bisa dibilang putih namun tetap tampak seperti kulit asli Indonesia.


Dengan berkurangnya manfaat sinar matahari yang bisa saya dapatkan di sini untuk menjemur kulit agar tampak merona alami, saya mengakalinya dengan beberapa cara. Pada waktu-waktu tertentu, saya sengaja menyetir menuju ke selatan, ke tempat yang lebih hangat, ke tempat di mana matahari bersinar dengan baik, ke tempat di mana pantai dan laut berada. Saya dan beberapa teman biasanya sengaja berjemur di bawah matahari selama satu atau dua jam untuk mengembalikan semu di pipi kami yang tampak pucat beku karena terlalu lama merasakan dingin Minnesota. Setelah badan terasa nyaman karena mendapat vitamin D yang cukup, kami kembali ke pekerjaan dan kegiatan masing-masing dengan kondisi yang lebih segar.

20 April 2014

Endorse Endorse Endorse @supplier_beautycare_shop

Endorse Endorse Endorse





Alhamdulillah masih ada yang mempercayakan produknya untuk saya gunakan dan tentu saja akan saya review melalui blog ini. Barangkali banyak orang di luar sana yang masih mematok bayaran tertentu untuk menerima endorse di luar produk yang diberikan oleh sang pemberi endorse. Di blog ini banyak juga sih sebenarnya produk endorse yang berbayar. Jadi tak hanya barang yang akan saya terima ada pula bayaran sampingan untuk tulisan yang saya publikasikan di blog.

Tapi kadang berbuat kebaikan dengan tidak meminta bayaran untuk tulisan di blog untuk orang yang baru saja memulai usaha onlinenya itu menyenangkan. Bukankah kita semua menyembah Dzat Yang Maha Baik di dunia ini? Pastinya ada sifat baik pula yang menempel pada kita semua. Kali ini saya ingin membagikan produk kecantikan yang saya dapatkan dari @supplier_beautycare_shop. Ada tiga dan saya suka semuanya.

Benda pertama yang saya coba adalah body lotionnya. Sebab pas buka paketnya harumnya semerbak banget. Ya ampun ini parfum apa body lotion. Pas coba langsung suka. Kulit lembab seketika. Soalnya di Pontianak kan cuacanya panas banget tuh kalo pas siang-siang. Matahari bersinar dengan garang di sini. Apalagi kalo berangkat siaran. Dapat dipastikan kulit akan terpapar sinar matahari walaupun hanya bagian telapak tangan. Kaos kaki sih saya sudah rajin pake. Nah sarung tangan yang jarang. Suka ribet makenya. Apalagi takut tangannya nggak bebas digerakin padahal lagi bawa sepeda motor. Takut kenapa-kenapa selama di perjalanan.

Supaya kulit tangannya nggak terbakar ya memang wajib pake body lotion di bagian telapak tangan. Biasa saya pake agak banyak untuk bagian atas telapak tangan supaya lebih lembab. Harum body lotion dari @supplier_beautycare_shop ini bikin kita memulai hari penuh semangat. Soalnya saya suka nyium harumnya saat kerja. Walaupun kaki saya tidak terpapar sinar matahari tapi saya juga tetap menggunakannya di bagian kaki dan paha. Lengan juga.

Selain body lotion ada juga benda ajaib kecil yang bakalan disukai oleh cewek-cewek nih. Apalagi yang suka bibirnya berwarna agak merah. Ada liptint ukuran mini banget nih. Kecil-kecil tapi ajaib. Langsung bisa bikin bibir merah merona. Warnanya juga nempel banget di bibir. Tapi walaupun nempel banget ngebersihinnya juga nggak sulit kok. Pake air dan tinggal di lap aja pake kain atau tisu. Saya biasanya membersihkannya menggunakan tisu basah dan langsung hilang.


Saya suka menambahkan lipstik warna pink favorit saya supaya warna merahnya tak begitu menyala. Soalnya yang nyampe ke saya ini warnanya shocking banget. Jadi buat yang tidak suka warna menyala bisa ditambahkan lipstik dengan warna yang lebih lembut. Makanya di foto ini warna bibir saya tidak begitu menyala. Namun tak juga terlalu pucat mengingat warna lipstik yang saya gunakan memang agak pucat.

Terakhir adalah masker naturgo yang bikin kulit saya bersih dari minyak dan kotoran serta kulit mati. Jenis masker gini memang saya suka sekali. Tinggal di aplikasikan ke wajah dan tunggu sampai benar-benar kering yang ditandai dengan wajah yang tak bisa digerakkan dengan ekspresi selain datar alias cemberut. Kalau sudah kering tinggal di kelupasin. Gampang banget pakenya.



Produk yang dijual @supplier_beautycare_shop juga terjangkau banget. Buat yang suka dagang bisa dapat penghasilan dengan menjadi reseller atau dropshipper. Langsung aja cek instagramnya @supplier_beautycare_shop ya.

19 April 2014

Gunting Kain

Sekarang saya mengerti alasan Aki tidak mengizinkan saya sembarangan mengguntingkan 'gunting kain' miliknya untuk bermain. Sebab gunting ternyata mudah sekali untuk tumpul dan kain adalah bahan yang cukup sulit untuk digunting dengan gunting yang kurang tajam. Beda dengan plastik atau kertas.

Terakhir yang saya gunting sebelum gunting kain pertama saya menumpul adalah selotip. Yap! Sejenis lakban sebenarnya. Habis itu guntingnya benar-benar tumpul. Saya mencari beragam cara untuk menajamkan gunting tersebut dan akhirnya menyerah. Karena memang sulit menajamkannya kembali. Padahal saya butuh sekali gunting tersebut. Menyebalkan tak bisa menggunting bahan yang saya butuhkan dengan gunting.

Siang tadi ke pasar lagi dan membeli gunting baru yang lebih besar dan masih tajam. Kali ini saya tak akan sembarangan lagi menggunakannya. Hanya kain yang akan saya gunting dengan gunting kain tersebut. Ada rencana memberikannya nama supaya saya sayang padanya. Tak menyepelekan kemampuannya menggunting.

18 April 2014

Sayuran Rebus

Selama ini terbiasa sekali dengan sayur yang dimasak dengan tambahan bumbu. Entah itu sedikit entah banyak. Jadi saat menikah saya juga menyediakan beragam bumbu buat masak sayur dan lauk. Garam, masako, kaldu kotak, dan beragam bawang.

Beberapa waktu yang lalu saya putuskan buat mengganti cara memasak saya. Terutama untuk sayur. Sayurnya sekarang dimasak dengan cara direbus tanpa bumbu apa pun. Tidak ada bumbu yang ditumis. Benar-benar sayur rebus dengan air. Terutama buncis. Biasanya satu kotak buncis yang harganya 12.000an saya bisa menyediakannya untuk 3 kali makan berdua dengan suami.

Jagung baby alias baby corn juga sekarang hanya direbus tanpa bumbu apa pun. Ayam yang biasanya saya goreng, setelah diungkep dengan bumbu kunyit, garam, dan bawang putih, sekarang saya masak dengan cara berbeda. Saya rebus dengan sedikit kecap manis saja tanpa garam atau gula. Bahkan tak ada bumbu penyedap lagi.

Saya baru sadar pemahaman saya tentang makanan enak selama ini berbeda dengan yang saya jalani sekarang. Ternyata enak juga hanya dengan cara rebus seperti itu. Bahkan rasanya lebih manis untuk sayurnya. Ayamnya juga gurih.

Ingin mengurangi minyak dan garam termasuk gula untuk masakan supaya makanan di rumah jadi lebih sehat.

Bagaimana denganmu?

Makaroni Instant

Menyediakan makanan yang bisa diolah dalam waktu kurang dari 30 menit penting sekali sebagai ibu rumah tangga yang punya banyak job sampingan seperti saya. Sebab kadang ada hal-hal yang harus saya selesaikan dalam waktu yang panjang sehingga memasak adalah hal yang harus saya efisienkan waktunya.

Menyimpan beberapa makaroni instant dan saos bolognase sangat penting buat saya. Selain suami dan saya suka makan makaroni rebus dengan saos daging gitu, menyiapkannya juga sangat gampang.

Biasanya saya suka mencampurnya dengan jagung muda yang kecil saat merebusnya. Babycornnya akan terasa manis banget saat dikunyah. Tak ada penambahan bumbu saat merebusnya. Harga makaroni satu kotak bisa buat empat porsi juga murah. Nggak sampe 10.000.

Makaroninya direbusnya sebentar aja. Sekitar 10-15 menit. Suami suka makaroninya benar-benar mateng. Jadi agak lama saya merebusnya. Bisa sampe 15 menit. Dibandingkan makan mie instant saya lebih suka makaroni instant. Sebab kalo makan mie instant saya bisa diare. Beda dengan makaroni. Belum pernah diare gara-gara makaroni.

Bagaimana denganmu?

Kontes 3 Tahun Honeylizious.com

Biasanya giveaway itu meminta pesertanya untuk membuat postingan di blog kemudian mendaftar di kotak komentar. Namun itu berarti saya harus menilai setiap postingan lomba. Membacanya dulu satu persatu barulah bisa membuat penilaian. Cukup merepotkan karena saya tak bisa memperkirakan berapa peserta yang ikutan. Padahal saya tetap ingin mengadakan lomba untuk merayakan ulang tahun blog ini dan juga ulang tahun saya sendiri. Tak begitu berdekatan tapi karena blog ini diberikan seorang teman sebagai hadiah ulang tahun saya pikir kelahiran kami sama. Hehehe...

Makanya sekarang saya mengadakan kontes di halaman facebook saya. Sebagai bentuk giveaway kecil-kecilan. Pemilihan pemenangnya random saja karena memang peserta tidak diminta untuk membuat tulisan. Hanya memilih bros yang saya jadikan hadiah. Tidak memilih juga tak masalah. Sebab saya tetap akan memberikan 25 bros buatan tangan saya sendiri tersebut pada pemenang.

Untuk ikut kontes ini peserta tak perlu membayar apa pun. Semuanya gratis. Persyaratan sudah dituliskan di facebook. Silakan berteman dengan saya di facebook. Rohani Syawaliah. Untuk ikutan cukup punya akun facebook sudah bisa. Jadi kontes ini terbuka buat siapa saja bukan hanya blogger yang aktif menulis dan mengikuti lomba.

Apabila menang nanti hadiah akan dikirimkan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Cukup nunggu hadiahnya datang saja. Terbuka untuk semua warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia. Usia tak dibatasi. Cowok cewek boleh ikutan.

Informasi lainnya bisa lewat twitter  @honeylizious atau instagram  @honeylizious.

17 April 2014

Where My Office?

I have no desk to write something because I need it for my computer. Entire desk only for the monitor. But that's ok. I don't need a desk like any other employee in this world. But if you ask where my office is, I will answer loudly, my office is my home. I work at my room. My lovely room. Sometime it's messy. But thanks God, my hubby always understand how I work.





16 April 2014

I Do Crafting






Lazy time to turn on my PC. Because I've been working another job. Still in my room or my kitchen. I need more space to do this job. Some music too. I do crafting. This is just like playing. But only wirh myself. Not with my friend like a kid. Miss that time when I do crafting with my grandpa. He is my playmate when I am crafting. He taugh me about so many thing. Crafting with paper or fabric. He has that magic scissor. I called it magic because his scissor so sharp. I can cut anything I want. But he love his scissor so much. No paper cutting with that magic scissor. Only fabric.

Enjoy what I made a few days ago on my instagram @honeylizious.



15 April 2014

Terukir di Bintang – Yuna




Saya termasuk orang yang kesulitan menghapal lirik lagu. Butuh waktu lama buat benar-benar bisa mengingatnya. Makanya ketika ada iklan di televisi yang menggunakan lagu, saya hanya hapal nadanya tapi tak benar-benar hapal liriknya. Kecuali sepotong saja. Bagian yang paling mudah diingat tentunya. Dari banyak iklan yang sedang beredar di televisi, what beredar? hahahah menyenangkan menggunakan kata tersebut, 'beredar', ada satu iklan yang cukup menarik perhatian saya. Lagunya. Bukan iklannya.

Kalau mengingat lirik yang memang hanya ada di lagu tersebut sih tentu akan lebih gampang menemukan lagu yang dituju. Sayangnya yang saya ingat bagian yang sangat umum. Liriknya yang 'tak mungkin hilang... nanananana'. Saya tambahkan 'nananana' karena saya hanya ingat nadanya bagian tersebut. Pas coba pake kata kunci 'iklan tour Malaysia di televisi Indonesia' juga nggak keluar yang saya cari. Dari lirik tersebut malah lagu penyanyi yang lain yang keluar.

Untungnya tak kehabisan akal. Saya tulis aja di twitter. Berharap ada yang tahu lagu yang saya maksud. Tak sampai 5 menit ternyata ada yang menjelaskan bahwa lagu yang digunakan di iklan Malaysia tersebut adalah lagunya Yuna yang berjudul 'Terukir di Bintang'. Langsung deh cari videonya di Youtube. Pas selesai nonton dan dengar lagunya puas banget. Benar sekali lagunya milik Yuna. Sekarang tinggal putar lagunya dari smartphone setiap kepengen.

Sebelumnya sih sudah sering mendengar nama Yuna. Tapi tak begitu antusias dengan lagunya. Beberapa lagunya yang berbahasa Inggris memang masuk carta lagu di Radio Volare. Meskipun tak pernah jawara tapi lagunya memang lumayan easy listening. Nah pas lagu yang dipake buat iklan ini memang saya suka sekali. Untuk sementara hanya lagu itu yang saya dengarkan melalui smartphone.

Dulu sih pernah juga suka sama lagu yang dijadikan tema lagu buat iklan. Karena lagu berbahasa Inggris lebih mudah memang menemukan liriknya. Pencarian menggunakan mesin google juga tidak begitu sulit. Jadi kepikiran suatu hari nanti google akan mendeteksi nada lagu yang kita tahu bunyinya tapi tak tahu liriknya dan siapa penyanyi serta judul lagunya. Supaya kita bisa menggunakan pencarian 'nada'. Bukan hanya suara yang bisa dideteksi seperti sekarang ini.


Saya yakin raksasa sebesar google sudah memikirkan ini jauh sebelum saya sendiri menginginkannya. Kita hanya bisa menunggu kejutan dari google seperti apa suatu hari nanti. 

14 April 2014

Ganti Klakson Motor?

Kemarin kepikiran buat ganti klakson sepeda motor. Selama ini modal ngingetin orang supaya nggak main hape sambil bawa motor atau ngelanggar rambu-rambu lalu lintas hanya klakson bawaan dari Scoopy. Bunyinya ya normal. Saya membayangkan jika bunyi klakson sepeda motor saya kayak klakson truk. Siapa tahu orang jadi lebih peduli dan ngeri mendengarnya.

Maklum kalo sesama motor orang sembarangan aja. Nah beda cerita kalo deket truk bukan? Di mobil kerja suami juga dipasangin tuh klakson yang bunyinya kayak klakson truk. Senjata supaya orang minggir dari tengah jalan.

Hal sepele sih kayaknya ya main hape sambil bawa motor atau melanggar lampu lalu lintas. Tapi hal tersebut nggak hanya ngebahayain diri kita sendiri melainkan membahayakan orang lain juga.
Menyebalkan kalo yang jadi korban adalah kita yang sudah berusaha untuk patuh dengan peraturan lalu lintas.

Disturbing Picture

DP alias disturbing picture tentu istilah yang sudah sangat awam di dunia online. Intinya sih gambar yang cukup mengganggu entah karena sadis atau tidak layak buat dipertontonkan ke khalayak ramai. Kali ini saya ngomongin soal disturbing picture karena sangat terganggu dengan orang yang lewat di simpang empat lampu merah Jl. Dr. Wahidin.

Barangkali orang lebih suka melanggar rambu-rambu lalu lintas dibandingkan mematuhinya. Padahal rambu-rambu lalu lintas buat mengamankan kita sendiri. Orang yang menggunakan jalan raya. Kalo memang nggak mau patuh dengan rambu-rambu jangan make jalan raya. Lewat jalan kebun aja kali ya?

Entah berapa banyak orang yang tak peduli dengan keselamatan dirinya sendiri dan juga orang lain. Seenaknya saja menerobos lampu merah. Jelas-jelas giliran orang lain yang boleh lewat. Gara-gara hal tersebut saya jadi kepikiran. Bagaimana kalau gambar sadis mayat orang yang kecelakaan di pajang di simpang empat lampu merah?

Supaya orang mikir dulu sebelum melanggar rambu-rambu lalu lintas.

13 April 2014

Tentang Pemilu

Sudah lewat beberapa hari pileg tahun ini. Namun sedemikian banyak kekacauan yang terjadi. Semua hanya karena semuanya ingin berkuasa. Kadang saya sendiri bingung dengan orang yang kayaknya ngotot banget mau jadi pejabat. Namin setiap orang memang punya pilihan hidupnya masing-masing. Kayak saya sendiri sudah bahagia dengan genap menjadi ibu rumah tangga. Walaupun belum berhasil 100%. Masih banyak bagian yang dibantu suami. 

Maklum hobi menulis dan hobi menjahit lumayan banyak makan waktu. Ngomong-ngomong soal nulis nih entah mengapa malas sekali menyentuh komputer. Jadi sekarang saya ngeblog menggunakan android. Tugas jadi ibu rumah tangga saja sudah besar tanggung jawabnya. Buat saya. Tak terpikirkan jika harus menjadi pejabat dan mengurus negara. 

Mendingan saya menjahit atau memasak di rumah. Jauh lebih menenangkan. Ternyata di Indonesia banyak sekali orang yang siap mempertanggungjawabkan amanah yang akan dipegangnya. Pada rakyat yang diwakilinya dan pada Allah saat sudah menghadap-Nya. Amanah menjadi istri belum tentu bisa benar-benar dipegang apatah lagi sampai mengurus negara. Pemilu tahun ini benar-benar kacau ya?

12 April 2014

Tips Waspada Dari Penyakit Diare


Penyebab diare memang bisa muncul dari mana saja. Karena lingkungan, makanan atau kondisi tubuh yang memang membuat serangan diare dengan mudah menjangkiti tubuh. Untuk itu sangat penting agar kita bisa waspada dan menjaga diri dari serangan penyakit ini.

Misalnya saja dari lingkungan. Lingkungan yang kotor, sumpek dan lembab bisa menjadi penyebab diare. Secara tidak langsung bakteri dan debu bisa terkena tubuh dan menyebabkan datangnya diare. Selain itu, faktor makanan juga bisa membawa pengaruh besar atas penyebaran penyakit diare. Makanan yang tidak higienis dan tidak terjamin kandungan kesehatannya akan bisa membuat perut mengalami sakit, mual sampai akhirnya diare berkelanjutan. Tentu kita tidak ingin kan mengalami kondisi seperti itu?

Kondisi tubuh yang rendah dan mudah terserang penyakit juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Bila stamina tubuh sedang turun, maka penyakit-penyakit pun akan dengan mudah datang. Diare sampai penyakit serius bisa dengan mudah datang menerpa tubuh. Gawat dan sangat mengkhawatirkan, tentu, tapi asalkan kita bisa mencegah pasti penyakit diare tersebut tak akan menimpa kita.

Kita harus bisa menjaga kesehatan makanan dan kondisi tubuh kita. Membekali diri dengan suplemen vitamin juga sangat disarankan. Rajin mengonsumsi air minum juga bisa membantu kontrol tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan penyakit seperti diare. Sementara dari segi lingkungan, lingkungan yang kotor dan lembab akan lebih baik untuk dijauhi. Menempati lingkungan yang bersih,asri dengan udara yang segar tentu lebih disarankan. Apabila kita bisa mewaspadai hal-hal tersebut, tentu penyakit diare akan jauh-jauh dan tak akan menimpa kita.

11 April 2014

Minuman Rempah Peredam Influenza


Saat musim hujan tiba biasanya banyak sekali orang-orang yang terserang gejala flu atau influenza seperti pilek dan bersin-bersin. Hal tersebut diakibatkan dari kondisi tubuh yang tidak kuat menerima udara yang dingin dam mudah masuk angin. Jika sudah demikian anda juga pastinya akan malas saat harus melakukan aktivitas atau rutinitas yang selalu anda kerjakan. Kebanyakan orang-orang lebih memilih santai di rumah jika melewati saat-saat seperti ini.

Mungkin bagi sebagian orang yang memang bisa bersantai dalam kesehariannya tidak akan menjadi masalah. Berbeda dengan orang-orang yang memang sudah mempunyai keterikatan dengan suatu pekerjaan sehingga mau tak mau ia harus menjalankannya. Dengan kondisi yang demikian terkadang pekerjaan yang dikerjakannya juga tidak sempurna. Pasti ada saja sesuatu yang kurang baik yang dikarenakan kondisi badannya ketika itu tidak fit.

Dalam menghadapi musim penghujan saya memiliki ramuan minuman yang sedikit bisa membuat kondisi badan anda tetap terjaga. Sehingga anda akan selalu sehat dan dapat menjalankan aktivitas dengan baik seperti biasanya. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah yaitu jahe yang dikenal berasa hangat. Dalam menyajikannya campurkan sedikit pemanis agar dapat dikonsumsi dengan enak dan nikmat. Untuk membuatnya anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak produk minuman instan yang mengandung jahe.

Dalam jahe terdapat kandungan anti peradangan yang dapat melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernafasan. Kedua hal tersebut termasuk dalam gejala flu awal yang sering terjadi pada orang-orang yang akan mengalami influenza. Sehingga dengan meminum jahe setidaknya gejala ini dapat segera teratasi. Anda juga dapat pulih kembali dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa bahkan dalam cuaca yang ekstrem sekalipun. Karena selain untuk pernafasan jahe ini juga bisa mencegah anda masuk angin.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design