26 Maret 2014

Sultan Hamid II Sang Perancang Lambang Negara


Saya tidak tahu apakah fakta mengenai perancang lambang negara Indonesia kita yang tercinta ini masuk dalam pelajaran sejak sejak sekolah dasar atau tidak. Entah pelajaran sejarah masih seperti yang dulu atau sudah ada penambahan sejarah yang baru di dalam mata pelajaran sekolah. Saya sendiri baru tahu. Iseng sih sebenarnya membuka halaman facebook seorang teman di Pontianak yang memang banyak membagikan foto-foto Kota Pontianak di masa lampau hingga foto pemimpinnya.

Sultan Hamid II, satu di antara sultan yang pernah memimpin Kota Pontianak. Saya terkesima melihat foto beliau sejak muda hingga akhirnya menua. Tanpan sekali pikir saya. Tetapi bukan itu yang kemudian menjadi pokok pembahasan kali ini. Sebab saya baru tahu bahwa beliaulah orang yang merancang lambang negara Indonesia yang kemudian mengalami sedikit perubahan menjadi seperti yang sekarang.

Sebab selama saya sekolah dulu saya tak menemukan nama pahlawan nasional Indonesia itu yang bernama Sultan Hamid II dan menempati posisi pahlawan sebagai perancang lambang negara Indonesia. Apakah memang tak perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia siapa sebenarnya orang yang merancang lambang negara ini? Bagi saya sendiri rasanya ini cukup memalukan karena saya tinggal di Pontianak bertahun-tahun dan sama sekali tak tahu bahwa beliau, orang yang menjadi sultan di Pontianak ternyata adalah orang yang membuat rancangan lambang negara Indonesia.

Waktu itu ada dua rancangan yang dibuat sebagai lambang negara Indonesia. Rancangan Sultan Hamid II yang kemudian diterima untuk menjadi lambang negara kita yang sekarang dengan sedikit perubahan.


Saya menuliskan postingan ini untuk memberikan informasi pada teman-teman Honeylizious yang barangkali sama seperti saya. Sama-sama tak tahu siapa orang yang merancang lambang negara Indonesia. Saya sendiri bahkan tak menyangka orang yang merancangnya adalah seseorang yang berasal dari Kalimantan Barat. Sultan Hamid II.

@honeylizious

Followers