16 Maret 2014

Mengapa Penulis Lebih Produktif Menulis di Malam Hari?


Sebenarnya saya tidak mengadakan studi apa pun. Hanya mengamati diri sendiri yang memang lebih lancar menulis di malam hari. Kadang sudah sangat mengantuk tapi tetap memaksakan diri buat menulis. Kalau sedang mengejar deadline memang lebih mudah saat malam hari. Padahal siang hari komplek perumahan sini sangat sepi. Apalagi malam hari. Tengah malam sih yang saya maksudkan sebab kalau masih jam 9-10 malam suami ngajak nonton film atau minta bikinkan minum.

Jadi menurut saya, saya (sang penulis) bisa lebih produktif saat malam hari barangkali karena gangguan menulis sudah sedikit. Tak banyak yang menghubungi smartphone saya. Terus saya biasanya juga tak keberatan tak membuka sosial media dulu selama menulis. Apalagi mengingat deadline yang harus diselesaikan. Sebab malam hari adalah waktu istirahat dan kebanyakan orang tidak akan menghubungi kita melalui media sosial jika memang kita tak terlihat sedang menggunakannya. Orang juga akan harap maklum jika kita membalasnya esok hari.

Ada juga yang mengatakan malam hari waktu yang paling tenang untuk menulis dan ide lebih banyak keluar saat orang lain sudah nyenyak ke alam mimpi. Tak semua orang punya pendapat yang sama. Kita akan selalu punya pendapat pribadi masing-masing. Namun apa pun alasannya banyak orang yang menghabiskan malamnya untk bergadang dan menyelesaikan tulisan sebelum tanggal deadline berdentang.

Menulis siang atau malam hari sah-sah saja jika memang kita punya waktu luang walaupun sebenarnya waktu malam hari lebih baik digunakan untuk beristirahat. Sebaiknya bangun lebih pagi untuk menulis bukannya menulis dari malam sampai pagi. Hidup dan menulis soal pilihan masing-masing tapi tubuh juga punya hak untuk diistirahatkan. Makanya saya sendiri lebih suka menulis siang hari walaupun memang malam hari rasanya otak saya akan lebih cepat bekerja dan tangan saya lebih cepat mengetik. Gangguan dari orang sekitar juga tak ada kalau malam hari.



Kalau kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers