29 Maret 2014

Mencari Lagu yang Tepat?

Menulis fiksi sebenarnya gampang. Satu hal yang paling sulit adalah menemukan lagu yang tepat atau menemukan deadline yang membuat kita harus segera menyelesaikannya. Atau menulis bagai air yang mengalir dari gunung ke bawah. Ngalir deras bagai air terjun. Sewaktu dulu saya memang hanya menulis fiksi. Beda dengan sekarang yang sudah banyak menulis postingan bukan fiksi buat blog. Namanya juga sudah beda visi dan misi ya. Apalagi blog ini adalah harta warisan yang akan saya tinggalkan buat keluarga saya nantinya. Sebagai kenang-kenanga.

Kalau dulu menulis masih menggunakan buku tulis dan pulpen yang kadang gampang sekali buat macet. Sekarang sih enak ya menulis pake PC. Tak perlu tipe-x apalagi corat-coret kertas. Tak akan ada lagi pulpen yang macet.

Setelah ngeblog sekian lama, akhirnya saya sadar bahwa lebih gampang menuliskan sesuatu yang memang terjadi di dalam kehidupan kita dibandingkan menuliskan imajinasi kita. Walaupun kadang ada emosi yang membuncah di dalam setiap fiksi yang menghidupkannya kemudian membuatnya selesai. Mengingat beberapa cerbung yang memang mudah sekali saya selesaikan. Ada juga yang mandek hingga sekarang. Egois memang, saya mendahulukan tulisan komersil atau bahan renungan buat diri sendiri dibandingkan melanjutkan fiksi yang bukan untuk diperlombakan.

Beda cerita saat saya sedang mengikuti sebuah lomba yang deadlinenya mepet. Biasanya ide mengalir dengan sangat deras sampai jemari saya kesulitan mengikuti kecepatan imajinasi tersebut. Kalau sudah begitu saya lebih suka mengambil kertas dan melanjutkan imajinasinya menggunakan pulpen. Sebab mengetik saya tak selancar menulis cakar ayam di kertas.


Bisa jadi juga kadang ada lagu yang membuat saya lancar menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Inilah yang harus saya pahami tentang diri saya untuk menulis fiksi menggunakan lagu yang benar. Lagu yang bisa menggali imajinasi tersebut lebih dalam lagi. Sehingga ceritanya menjadi utuh dan berakhir. Sayang kalau ceritanya hanya menggantung bukan?

@honeylizious

Followers