21 Maret 2014

Kulminasi Maret 2014: Siapa Menang Lomba Membuat Telur Berdiri?


Entah sudah berapa postingan yang saya tulis membahas soal Kulminasi bahkan ada tulisan fiksi saya yang berjudul Kulminasi. Jika teman-teman belum tahu apa itu Kulminasi sebenarnya baiklah tak bosan-bosan saya tuliskan di sini. Jadi Kulminasi itu fenomena alam yang terjadi di titik equator. Titik Kulminasi artinya titik poros Bumi dengan matahari yang sejajar. Ketika posisi poros Bumi dan matahari sejajar bayangan benda yang berada di titik equator akan menghilang beberapa saat.

Selain bayangan benda akan menghilang, fenomena ini juga membuat telur bisa berdiri. Jadi kita bisa meletakkan telur dengan posisi tegak sempurna. Caranya letakkan pelan-pelan di sekitar titik equator dan telur akan tegak tanpa bantuan apa pun.

Apabila teman-teman datang ke Pontianak pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September akan bisa menyaksikan secara langsung fenomena alam ini. Karena setiap tahun fenomena ini akan terjadi dua kali di Pontianak. Tepatnya di kawasan wisata Tugu Khatulistiwa. Selain bisa menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi ini dan tak semua tempat bisa dijadikan lokasi untuk menikmati titik kulminasi, kita juga akan disuguhi beragam atraksi saat Kulminasi terjadi. Sebab fenomena ini sebentar saja. Saat posisi matahari sudah tidak sejajar lagi, Kulminasi pun selesai.

Ada acara tari-tarian, nyanyi-nyanyian, banyak warga yang mengenakan pakaian adat masing-masing etnisnya saat memberikan suguhan atraksi.

Tahun ini, khususnya Maret ini ada yang menarik lagi. Ada lomba membuat telur berada di posisi berdiri tegak. Puncak Kulminasi sendiri akan berlangsung pada tanggal 22 Maret 2014. Jangan sampai teman-teman kelewatan ya menyaksikan perlombaan dan atraksi yang ada di sana. Bawa perlengkapan untuk terhindar dari panas matahari seperti payung dan topi karena saat berada di titik equator teman-teman akan disambut oleh kilauan matahari yang selain terang juga panas sekali.


Buat yang suka belanja di lokasi acara juga akan banyak orang yang membuka stand pameran. Meskipun pada hari biasa sendiri sudah ada beberapa tempat yang selalu buka untuk pengunjung yang datang ke Tugu Khatulistiwa. Beragam oleh-oleh tersedia di sana. Yuk datang ke Pontianak. Mumpung tiket dari Jakarta ke Pontianak masih murah. Terakhir saya cek masih kisaran 400.000-500.000an. Sekitar $50. Terjangkau bukan?

Tidak ada komentar:

@honeylizious

Followers