24 Maret 2014

Kebiasaan Balita Perusak Gigi


Beberapa anak balita memiliki kebiasaan yang buruk. Kebiasaan buruk berikut ini bisa membuat gigi anak rusak. Apa saja kebiasaan tersebut?

Minum susu memang menyehatkan dan merupakan sumber nutrisi yang baik untuk anak anda. tapi, minum susu sebelum tidur bisa membuat gigi anak rusak. Tiduran sambil mengisap susu dari botol memang nyaman dan membuat anak anda mengantuk lalu tertidur. Hal inilah yang membuat anak yang terlelap sehabis minum susu enggan menyikat gigi. Selama anak terlelap, kuman dan bekas asam susu yang menempel di sela-sela gigi berkembang biak.

Bukan hal yang salah dan tidak aneh jika anak-anak menyukai konsumsi makanan manis, seperti permen, cake, dan cokelat. Sayangnya makanan yang manis dan lengket tersebut akan tertinggal lama di gigi lalu membentuk asam yang bisa melapukkan gigi dan merusak gigi.


Banyak anak balita yang memiliki kebiasaan mengemut makanan. Membiarkan anak untuk mengemut makanan, terutama nasi atau sumber karbohidrat lainnya berada di dalam mulut, padahal sudah selesai dikunyah. Sumber karbohidrat memiliki kandungan gula, ini sama saja dengan anak memakannya dan makanan manis lalu mengemut kita memberi makan bakteri dalam mulut. Bakteri itu akan berkembang. Tidak hanya itu, kebiasaan mengemut akan menyebabkan rahang anak tidak berkembang secara optimal. Gerakan rahang yang tidak optimal juga bisa menghambat kemampuan bicara.

@honeylizious

Followers