15 Maret 2014

Come to Pontianak and Eat!


Kalau teman-teman bingung mau menghabiskan waktu liburan di mana. Apalagi jika liburannya tidak panjang. Tak ada salah traveling ke Pontianak lalu menjelajahi surga kuliner yang ada di sini. Tak banyak memang yang bisa dipamerkan di Pontianak selain wisata kuliner dan warung kopinya. Sebab Tugu Khatulistiwa terletak di Siantan. Lumayan jauh dari Pontianak. Namun tentu saja teman-teman tetap harus menyempatkan singgah di Tugu Khatulistiwa. Apalagi jika pas ke sini bulan Maret atau September. Ada peristiwa alam yang cukup unik di sini.

Kulminasi.

Saat Kulminasi terjadi akan ada 'keajaiban'. Bayangan beda yang berada dekat dengan titik equator akan menghilang. Karena pada saat itu posisi matahari akan sejajar dengan poros bumi. Tepat di atas kepala kita. Biasanya di sana akan banyak sekali acara. Saat akan terjadi Kulminasi juga akan disiapkan kaca pembesar di atas mercon. Lalu sinar matahari yang sudah pas posisi Kulminasinya akan membuat mercon tersebut terbakar. Mercon akan meledak dan membuat suasana menjadi ramai. Soal panas jangan ditanya. Saat terjadi Kulminasi cahaya matahari sangat terang menyilaukan.

Telur yang diletakkan di dekat titik poros bumi pun dengan mudah berada di posisi tegak. Tanpa bantuan alat apa pun. Hanya diletakkan posisinya tegak sempurna.

Itu kalau teman-teman mampir saat fenomena Kulminasi. Kalau hanya ingin mampir ke Pontianak pada hari biasa teman-teman bisa mencicipi beragam makanan di Pontianak. Mulai dari makanan pinggir jalan hingga restoran yang mewah. Banyak sekali yang menyediakan pilihan makanan di sini. Dari makanan Melayu sampai Tionghoa ada semua. Cukup perhatikan tulisan yang disediakan di tempat makan tersebut. Sebab khusus untuk pedagang yang menjual makanan yang tidak halal tetap akan menampilkan apa makanan yang dia jual. Tak usah khawatir kecewa saat masuk ke tempat makanan yang diberi label halal.


Bulan Maret begini tiket sedang murah-murahnya. Untuk ke Pontianak dari Jakarta banyak penerbangan yang menyediakan harga tiket yang lumayan murah. Sekitar 400-500ribu untuk satu penumpang. Cukup terjangkau bukan? Jangan tanya tiket kereta api sebab di Kalimantan Barat tidak ada kereta. Pilihan kendaraan yang bisa ditumpangi dari luar Kalimantan Barat hanya pesawat dan kapal. Sedangkan bus antar Kalimantan belum tersedia.

@honeylizious

Followers