31 Maret 2014

Jangan Main-Main ke Parit Tengkorak

Warga Pontianak pasti sudah tidak asing dengan tempat yang dinamai Parit Tengkorak. Saya mengenal tempat ini beberapa waktu lalu. Sudah cukup lama sih. Saya masih tinggal di sebuah rumah kontrakan di sebuah gang di Jl. Parit Haji Husin I. Gara-gara seorang anak SMA yang rumahnya berada di gang yang sama dengan gang rumah kontrakan kami meninggal dibunuh mantan pacarnya.

Mayat anak perempuan yang masih berusia belasan tahun ini ditemukan di Parit Tengkorak. Dibunuh dengan pisau. Ditusuk hingga tewas. Kasus pembunuhan mantan yang paling terkenal memang yang baru-baru ini kita dengar. Tentang Ade Sara yang usianya juga baru 19 tahun.

Kisah pembunuhan oleh pacar atau mantan pada sang perempuan seakan tak ada habisnya. Di Pontianak kasus pembunuhan terhadap remaja perempuan terjadi lagi. Nama korban Putri. Usianya baru 16 tahun. Lokasi penemuan mayat di Parit Tengkorak. Lagi-lagi di sini.

Tempatnya saja namanya sudah seram. Parit Tengkorak. Entah bagaimana menghentikan pembunuhan di muka bumi ini. Apa pun alasannya tentu tak dibenarkan membunuh orang lain.

Parit Tengkorak sebenarnya sebuah perkampungan yang sudah ramai. Saya sendiri bingung mengapa banyak anak muda yang memilih jalan malam atau pacaran ke sana. Apalagi mengingat sudah banyak terjadi pembunuhan di sini. Bukan satu dua.

Buat remaja yang sedang membaca ini sekarang saya hanya ingin mengatakan jangan ke Parit Tengkorak ya.

30 Maret 2014

Kepada Bapak Mertua

Dear Ayah Usman


Perkenalkan menantu bungsu Ayah yang paling cantik di dunia. Harap maklum Yah, Hani adalah satu-satunya menantu perempuan Ayah yang sekarang sudah 4 bulan lebih jadi bagian keluarga besar Ayah. Kita tak saling mengenal dan tak pernah Hani sentuh tangan Ayah untuk meminta restu sebagai 'anak perempuan bungsu'.


Hari ini peringatan kematian Ayah yang ke-10 tahun. Sudah lewat beberapa hari yang lalu dan kami mengadakan acaranya hari ini, Yah. Pertama kali Hani merasakan kita 'terhubung' walaupun kita tak akan pernah saling bertemu. Istri Ayah sedemikian baiknya dengan Hani. Mamak. Perempuan yang pernah Ayah cintai.

Ayah, banyak yang ingin Hani tanyakan dan seandainya saja Ayah masih ada di dunia ini. Sebanyak apa cerita yang akan Ayah bagikan pada Hani? Cerita masa kecil Putra. Semua mengatakan Ayah sangat galak. Apakah Ayah akan galak juga dengan Hani?

Hani bukan menantu teladan dan terus belajar untuk menjadi istri yang baik. Menyebalkan rasanya kita tak akan pernah dipertemukan. Hanya bisa tahu nama Ayah adalah Usman. Tak terpikirkan bahwa nama mertua Hani adalah Usman.

Ayah, yang tenang di sana. Anak laki-laki Ayah satu-satunya sekarang berada di dalam kehidupan Hani dan tentunya akan selalu baik-baik saja.


Hani
Menantu bungsu Ayah

29 Maret 2014

Mencari Lagu yang Tepat?

Menulis fiksi sebenarnya gampang. Satu hal yang paling sulit adalah menemukan lagu yang tepat atau menemukan deadline yang membuat kita harus segera menyelesaikannya. Atau menulis bagai air yang mengalir dari gunung ke bawah. Ngalir deras bagai air terjun. Sewaktu dulu saya memang hanya menulis fiksi. Beda dengan sekarang yang sudah banyak menulis postingan bukan fiksi buat blog. Namanya juga sudah beda visi dan misi ya. Apalagi blog ini adalah harta warisan yang akan saya tinggalkan buat keluarga saya nantinya. Sebagai kenang-kenanga.

Kalau dulu menulis masih menggunakan buku tulis dan pulpen yang kadang gampang sekali buat macet. Sekarang sih enak ya menulis pake PC. Tak perlu tipe-x apalagi corat-coret kertas. Tak akan ada lagi pulpen yang macet.

Setelah ngeblog sekian lama, akhirnya saya sadar bahwa lebih gampang menuliskan sesuatu yang memang terjadi di dalam kehidupan kita dibandingkan menuliskan imajinasi kita. Walaupun kadang ada emosi yang membuncah di dalam setiap fiksi yang menghidupkannya kemudian membuatnya selesai. Mengingat beberapa cerbung yang memang mudah sekali saya selesaikan. Ada juga yang mandek hingga sekarang. Egois memang, saya mendahulukan tulisan komersil atau bahan renungan buat diri sendiri dibandingkan melanjutkan fiksi yang bukan untuk diperlombakan.

Beda cerita saat saya sedang mengikuti sebuah lomba yang deadlinenya mepet. Biasanya ide mengalir dengan sangat deras sampai jemari saya kesulitan mengikuti kecepatan imajinasi tersebut. Kalau sudah begitu saya lebih suka mengambil kertas dan melanjutkan imajinasinya menggunakan pulpen. Sebab mengetik saya tak selancar menulis cakar ayam di kertas.


Bisa jadi juga kadang ada lagu yang membuat saya lancar menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Inilah yang harus saya pahami tentang diri saya untuk menulis fiksi menggunakan lagu yang benar. Lagu yang bisa menggali imajinasi tersebut lebih dalam lagi. Sehingga ceritanya menjadi utuh dan berakhir. Sayang kalau ceritanya hanya menggantung bukan?

Mengoprek Ubuntu

Keren amat istilahnya. Sudah macam mahir saja Honeylizious ini. Sebenarnya saya tidak begitu mahir mengoprek Ubuntu. Saya hanya bisa menggunakannya. Sesuai dengan kebutuhan saya, saya pake Chromium, LibreOffice, dan VLC. Tiga aplikasi tersebut yang paling sering saya gunakan untuk kerja menggunakan komputer. Memang sih saya hanya menulis di blog, bersosial media, hahahihi sejenak membaca postingan orang, lalu dengar lagu sambil nulis. Tak banyak yang saya lakukan di komputer.

Jadi saya tak benar-benar mengoprek Ubuntu sih. Walaupun ingin sekali bisa kayak orang lain yang jago menggunakan terminal. Keren aja gitu kelihatannya saat bisa menghapal kode buat terminal. Install apa pun tinggal gunakan terminal. Sedangkan saya paling sering menggunakan Ubuntu Software Center. Semacam 'playstore' buat Ubuntu. Banyak aplikasi yang tersedia di sana. Ada aplikasi yang berbayar dan gratis.

Kebetulan yang saya butuhkan aplikasi yang gratis. Jadi tak ada satu pun aplikasi berbayar yang saya gunakan di komputer ini. Kalau teman-teman Honeylizious ingin bertanya soal membeli aplikasi di Ubuntu Software Center yang berbayar, jujur saya belum punya pengalaman sama sekali.

Ubuntu 12.04 yang sekarang sih alhamdulillah nggak pernah ada crash gitu. Nggak pernah minta kirim report lagi. Sudah nyaman menggunakannya walaupun sebenarnya ada versi terbaru lagi dari Ubuntu. Ada yang sudah menggunakan Ubuntu 13.04. Kebetulan Ubuntu versi yang saya gunakan sekarang sudah cukup memenuhi kebutuhan kerja saya. Makanya saya tak berniat untuk upgrade Ubuntunya ke versi yang lain. Paling yang saya lakukan hanya update. Walaupun ini bukan versi Ubuntu terbaru, lumayan update-annya masih ada dan sering. Kadang 2-3 hari ada satu kali update.

Koneksi internet yang memang tak pernah lepas dari PC membuat updatenya gampang dijalankan sih. Sambil kerja, sambil update. Untungnya pake koneksi yang mumpuni jadi update Ubuntunya tak bermasalah.

Ada beberapa aplikasi yag sebelumnya tak saya gunakan sewaktu pertama kali menggunakan Ubuntu di notebook saya install di PC sekarang. Itung-itung mau belajar menggunakannya. Walaupun sebenarnya kalau sudah di depan PC yang saya lakukan adalah menyelesaikan deadline. Alhamdulillah job selalu ada. Dapur selalu ngepul. Ah postingannya ngelantur ke mana-mana.


Intinya I love Ubuntu.

28 Maret 2014

Dear Anakku di Masa Depan


Assalamualaikum kesayangan Umak
Ya anakku di masa depan yang sampai sekarang belum berputik di rahim Umak, kamu akan memanggil perempuan yang suatu hari berjuang mengeluarkanmu dari perutnya ini dengan panggilan Umak. Bukan Bunda, Mama, Mami, apalagi Ibu. Cukup Umak saja. Jika kamu menanyakan alasannya mengapa, Umak memang memanggil perempuan yang melahirkan diri Umak ini dengan panggilan Umak juga. Dia juga memanggil ibunya dengan panggilan serupa. Sederhananya ini warisan panggilan turun-temurun. Untuk menunjukkan darah kita dari mana.

Darah yang mengalir di tubuhmu nanti adalah darah putra/putri Sambas. Walaupun Abahnya Umak berasal dari Banjarmasin. Umak lahir dan membesar di tanah Sambas dan menggunakan bahasa Sambas sejak kecil. Kamu akan Umak lahirkan di Pontianak. Di rumah sakit terdekat. Dengan pendampingan dari Ayahmu tentunya.

Kamu tahu nggak anakku (di masa depan) sudah banyak yang menanyakan kehadiranmu. Mempertanyakan kamu sudah masuk perut Umak atau belum. Sampai surat ini Umak tulis pun kamu belum ada. Setetes darah pun belum. Tak ada di perut Umak. Umak sama Ayah sih santai aja. Soalnya masih mau pacaran dulu. Apalagi mengingat Umak menikah dengan Ayahmu tak lama setelah kenalan. Hanya beberapa minggu persiapannya. Sekarang saatnya buat mengenal lebih banyak tentang Ayahmu. Lebih dalam. Kalau kamu buru-buru ada, gimana mau pacaran? *eh

Bukan itu juga sih sebenarnya. Umak mau kuliah tahun ini. Mungkin itu sebabnya Tuhan belum mendatangkan kamu di dalam keluarga kecil kita nanti. Walaupun ada juga keinginan untuk mengandungmu dan melahirkanmu ke muka bumi. Lucu kali ya kalau perut Umak membesar. Kamu jangan takut Nak, saat waktunya tiba, kamu tak akan sendirian lagi. Kita akan dipertemukan.

Kamu akan memanggil perempuan ini Umak. Kita akan menjelajahi dunia ini bersama-sama. Sudah banyak cinta menantimu di sini. Jangan takut untuk mengenal dunia. Umak dan Ayah akan sabar menantimu. Cucu pertama untuk Umak dan Abah-nya Umak. Mereka pasti senang mendapatkan cucu sepertimu. Mau perempuan atau laki-laki nantinya tak masalah. Meskipun Umak kepengen anaknya cewek, supaya kita bisa bermain dandan-dandanan sama-sama. Kamu mau?

Ini surat pertama Umak buatmu setelah Umak menjadi istri Ayahmu. Kita memang belum bertemu. Namun Umak yakin kamu akan membaca surat-surat ini suatu hari nanti. Saat kamu benar-benar sudah ada di muka bumi ini,


Peluk cium

Umak

27 Maret 2014

Ubuntu Nih Rajin Update Yak!


Seperti mengeluh saja judulnya. Antara suka dan mengeluh. Hahahaha... sampai hari ini saya masih menggunakan Ubuntu di PC yang sekarang menemani hari kerja saya. Dari banyak distro linux memang Ubuntu adalah distro yang paling lama saya gunakan. Pada akhirnya tetap mengunakan Ubuntu jika memang memungkinkan. Dulu tak begitu menyadari betapa rajinnya Ubuntu ini update sebab menggunakan laptop yang tak terus-terusan terkoneksi dengan jaringan internet. Sekarang setiap komputer menyala internetnya juga otomatis menyala. Jadinya update akan berlangsung selama PC tersebut dinyalakan.

Ada saja bagian yang diupdate sama pengembangnya. Bukan berarti saya tidak senang degan updatenya. Saya suka dengan adanya update seperti ini. Artinya Ubuntu yang saya gunakan berkembang. Tidak terhenti pengembangannya. Tidak pernah ada crash lagi seperti yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu Ubuntu 12.04 baru diluncurkan. Masih dalam pengembangan.

Dengan banyaknya update dari Ubuntu, hampir setiap hari saya lihat ada sesuatu yang bisa diupdate, mau tidak mau kuota internet pun habis hanya untuk mengupdatenya. Untungnya saya menggunakan jaringan internet yang mumpuni di rumah. Jadi walaupun kuota sudah habis dan kecepatan diturunkan saya masih bisa melakukan aktivitas menulis blog, balas e-mail, dan bersosial media. Bahkan tak jarang saya mengunduh video tutorial dari Youtube menggunakan smartphone. Yup! Lebih mudah memang mengunduh video menggunakan Tubemate dari android yang saya gunakan.

Entah masih ada yang menggunakan Ubuntu 12.04 di luar sana atau sudah banyak yang mengupgradenya ke versi yang lebih tinggi. Saya sendiri sudah merasa nyaman menggunakannya. Tak terlintas untuk upgrade. Semoga saja sih versi ini akan terus diperhatikan oleh pengembangnya dan tetap ada update-annya. Sebab walaupun harus menghabiskan kuota internet, saya tetap suka menggunakannya untuk keseharian.

Kangen dengan Jolicloud dan Kubuntu tapi saya tak butuh banyak distro untuk satu komputer bukan? Selama masih nyaman digunakan dan tak sulit dioperasikan rasanya sudah cukup bagi saya.

Suami saya sendiri yang sebelumnya tidak pernah menggunakan Ubuntu juga merasa nyaman menggunakan. Belum pernah saya dengar dia mengeluh menggunakan PC ini gara-gara di dalamnya ada Ubuntu bukan jendela. Hehehe...


Teman-Teman dari ClearOS sih sebenarnya mengatakan jika ingin membuat server sendiri lebih baik menggunakan ClearOS. Namun karena saya sendiri tak memahami bagaimana cara kerjanya dan sepertinya tidak benar-benar membutuhkannya seperti teman-teman yang lain, saya bertahan menggunakan Ubuntu. Menyenangkan kok dengan distro yang ini. Sebab ini distro linux yang pertama kali saya gunakan saat masih menggunakan netbook Acer yang saya gunakan tahun 2010 lalu.

26 Maret 2014

Dear Aki



Assalamualaikum Ki
Sudah belasan tahun berlalu. Tapi setiap kali membayangkan wajah Aki yang tersenyum. Wajah Aki yang bersedih. Memejamkan mata dan berusaha menghirup aroma tubuh Aki yang abadi dalam imajinasi. Maasih ada. Aroma itu masih ada. Suara Aki yang tak pernah terekam dan tersimpan sebagai file di komputer masih merdu terdengar. Masih terngiang-ngiang di telinga. Membayangkan setiap kali naik motor air akan pulang untuk menemukanmu yang semakin ringkih. Kemudian waktu ternyata mendatangimu lebih dulu. Sebelum kamu pikun. Sebelum kamu tak mampu menggerakkan tubuhmu karena stroke.

Dia memanggilmu saat kamu masih sehat-sehat saja.

Tak setiap orang lahir dan dibesarkan di keluarga seperti ini. Menjadi anak untuk kakeknya sendiri. Sementara kedua orang tua sibuk mengais rezeki demi masa depan anaknya. Tapi keberadaanmulah yang membuat cucumu sekarang menjadi orang yang seperti ini.

Berapa kali berteriak pun, aku tak bisa lagi mengatakan pada Aki bahwa sekarang aku sudah berhasil mencapai cita-cita yang aku idam-idamkan sejak dulu. Menjadi penulis, Ki. Benar-benar penulis. Penulis yang tulisannya dibaca banyak orang. Tak hanya fiksi yang aku tulis, Ki. Semuanya sekarang sudah mulai aku tulis. Bahkan aku juga mempekerjakan beberapa orang sebagai asisten untuk membantuku menyelesaikan banyak deadline.

Aki tak perlu cemas dengan masa depanku. Aku hidup sangat baik dengan mengandalkan tulisanku. Aku bisa makan enak. Beli barang yang aku suka. Bahkan aku sudah memberikan uang bulanan untuk Uwan. Perempuan yang paling Aki cintai di dunia ini. Uang dari aku menulis Ki.

Semalam aku mengingat semua kenangan itu lagi, Ki. Ternyata aku bukanlah perempuan yang cukup kuat. Aku masih perempuan yang hampir 12 tahun lalu Aki tinggalkan. Masih perempuan yang itu. Perempuan yang akan menangis saat ditanya: “Bagaimana kalau Aki meninggal?”. Sewaktu menemukanmu kritis di rumah sakit, aku hanya bisa berharap kamu cepat sehat kembali dan menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali. Kemudian jawabanku tetap sama. Tak ada kata yang keluar kecuali air mata.

Semua air mati kucoba untuk kutahan. Tapi tak bisa. Aku akan terus menangis karena kepergianmu yang sedemikian cepat. Sebelum aku sempat memberikan apa yang selama ini kamu impikan. Sebuah sepeda motor. Butut pun tak apa, itu harapanmu sebelum meninggalkan dunia ini untuk selamanya. Padahal sekarang aku sudah punya Scoopy baru. Belum ada platnya malahan, Ki.

Ingin rasanya mengelilingi Jawai seperti dulu bersamamu. Dengan sepeda warna hijau kebangganmu. Sepasang kakiku akan diikat di tiang sepeda menggunakan sapu tanganmu. Namun kali ini aku yang ingin memboncengmu dengan sepeda motor baruku.

Aku sudah menikah, Ki. Aku akhirnya menetapkan hati untuk memilih laki-laki yang sepertimu. Dia sangat mirip denganmu. Sangat penyayang dan lembut hatinya. Nanti aku akan membawanya ke kekuburan Aki. Supaya Aki bisa melihatnya lebih dekat. Aku tahu surat ini tak akan pernah sampai ke pangkuan Aki. Aku juga tak bisa mendatangi tempat Aki sekarang.

Aki pasti sangat kesepian karena tak ada aku di sana kan? Aku hanya berharap kedua malaikat penjaga kubur itu selalu baik dengan Aki. Selalu berharap Allah akan memberikan penerangan untuk Aki di dalam sana. Menghangatkan tempat peristirahatan Aki sampai waktu kiamat tiba. Terima kasih untuk segalanya. Terima kasih untuk cinta yang Aki berikan dari aku kecil sampai aku SMA. Terima kasih untuk masa kecil dan remajaku yang penuh cinta. Terima kasih untuk tak pernah lelah menggendongku yang gendut dulu.


Terima kasih Aki.

Sultan Hamid II Sang Perancang Lambang Negara


Saya tidak tahu apakah fakta mengenai perancang lambang negara Indonesia kita yang tercinta ini masuk dalam pelajaran sejak sejak sekolah dasar atau tidak. Entah pelajaran sejarah masih seperti yang dulu atau sudah ada penambahan sejarah yang baru di dalam mata pelajaran sekolah. Saya sendiri baru tahu. Iseng sih sebenarnya membuka halaman facebook seorang teman di Pontianak yang memang banyak membagikan foto-foto Kota Pontianak di masa lampau hingga foto pemimpinnya.

Sultan Hamid II, satu di antara sultan yang pernah memimpin Kota Pontianak. Saya terkesima melihat foto beliau sejak muda hingga akhirnya menua. Tanpan sekali pikir saya. Tetapi bukan itu yang kemudian menjadi pokok pembahasan kali ini. Sebab saya baru tahu bahwa beliaulah orang yang merancang lambang negara Indonesia yang kemudian mengalami sedikit perubahan menjadi seperti yang sekarang.

Sebab selama saya sekolah dulu saya tak menemukan nama pahlawan nasional Indonesia itu yang bernama Sultan Hamid II dan menempati posisi pahlawan sebagai perancang lambang negara Indonesia. Apakah memang tak perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia siapa sebenarnya orang yang merancang lambang negara ini? Bagi saya sendiri rasanya ini cukup memalukan karena saya tinggal di Pontianak bertahun-tahun dan sama sekali tak tahu bahwa beliau, orang yang menjadi sultan di Pontianak ternyata adalah orang yang membuat rancangan lambang negara Indonesia.

Waktu itu ada dua rancangan yang dibuat sebagai lambang negara Indonesia. Rancangan Sultan Hamid II yang kemudian diterima untuk menjadi lambang negara kita yang sekarang dengan sedikit perubahan.


Saya menuliskan postingan ini untuk memberikan informasi pada teman-teman Honeylizious yang barangkali sama seperti saya. Sama-sama tak tahu siapa orang yang merancang lambang negara Indonesia. Saya sendiri bahkan tak menyangka orang yang merancangnya adalah seseorang yang berasal dari Kalimantan Barat. Sultan Hamid II.

Politik Uang, Nyepam Iklan, Sampah Politik, dan Calon Presiden Kita


Aduh kalo membahas masalah politik memang tak akan pernah ada habisnya ya. Sebab politik itu memang bagian dari kehidupan kita, mau tidak mau, suka tidak suka, kita memang hidup di dalamnya. Kita ada di dalamnya sebagai warga negara. Politik negara Indonesia berdasarkan demokrasi. Suara terbanyak yang menang. Namun liciknya dunia politik semakin membuat kita gerah.

Berbagai pelanggaran, lagi-lagi dan masih lagi dilakukan oleh calon pejabat negeri ini. Mulai dari merusak pohon dengan menempelkan banner sampai pada serangan politik uang. Sampai-sampai serangan fajar menjadi hal yang lumrah menjelang pemilu. Walaupun sebenarnya apa sih yang akan benar-benar kita dapatkan dengan cara-cara kotor seperti itu? Akan ke mana uang 'curian' yang akan kita bawa tersebut? Apakah tidak pernah terlintas di kepala mereka, saat di bahu mereka sudah diletakkan tanggung jawab untuk memimpin negeri ini, saat itulah iman mereka akan diuji. Apakah mereka akan taat dan memimpin dengan jujur atau sebaliknya akan buta dengan harta dan dunia?

Politik uang, belum lagi menduduki kursi panas pemerintahan tetapi berbagai tawaran sudah mereka tebar di mana-mana. Saya tak akan menyebutkan siapa saja orangnya. Selain menebar janji mereka juga mahir sekali membujuk rayu rakyat miskin untuk memilih mereka dengan imbalan sejumlah uang. Uang yang sebenarnya bisa habis dalam waktu sehari. Sekejap. Padahal suara yang kita berikan akan digunakan sampai 5 tahun ke depan.

Belum lagi membahas soal kampanye terbuka yang diadakan di berbagai daerah. Mengapa harus dangdutan? Mengapa harus goyang erotis? Walaupun ada beberapa partai yang tak melakukannya atau hanya satu partai?

Dapatkah kita bayangkan jika pemimpin kita selanjutnya adalah orang yang suka menebar sampah politik. Orang yang dengan gampang menggelontorkan uang politik. Belum lagi banyak sekali iklan di televisi yang sama sekali tidak enak untuk disaksikan. Kadang saya terpikir soal banyaknya uang yang digunakan oleh calon presiden negara kita ini untuk nampang di televisi, walaupun banyak juga di antara mereka yang punya televisi sendiri, jadi hemat biaya iklan.

Tahun 2014 ini berharap iklannya lebih masuk akal dan tidak hanya menebar janji. Daripada membuat iklan yang mubazir mengapa tidak menggunakan uang tersebut untuk membangun bagian Indonesia yang tidak diperhatikan pemerintah? Seperti jalan negara di Kalimantan Barat. Jalan di wilayah hulu yang hancur lebur.

Rumah sakit jiwa juga semuanya sudah siap sedia jika ada caleg yang sakit jiwa karena tidak terpilih sebagai wakil rakyat. Ironis sekali. Entah kapan akan melihat jumlah partai yang bersaing untuk menduduki kursi presiden berjumlah kurang dari lima. Sehingga kita tidak kebingungan menentukan siapa presiden kita selanjutnya. Kadang saya bertanya dalam hati saya sendiri, apakah mereka benar-benar sanggup mempertanggungjawabkan kepemimpinan mereka dunia akhirat?

Oke, memang keren sih jadi presiden. Orang nomor satu di negara ini. Tapi saat kita pejamkan mata sejenak. Kita hirup napas dalam-dalam. Kita akan sadar bahwa kita tak bisa hidup tanpa oksigen, air, dan tanah. Uang, jabatan, dan orang di sekeliling kita hanyalah pelengkap kehidupan. Lalu satu persatu dari kita akan dipanggil oleh-Nya. Ditanyakan tentang apa yang sudah kita perbuat di dunia dan mendapatkan balasannya.

Walaupun sedemikian carut-marutnya politik di negara kita ini, saya tak pernah kehilangan harapan bahwa akan ada presiden yang tepat untuk negara kita ini. Bukan orang yang baik segala-galanya. Sebab manusia tak lepas dari lalai dan dosa. Melainkan satu orang yang mau melakukan perubahan dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Jauh sekali jika kita berharap akan mendapatkan presiden yang bertaqwa seperti Ahmadinejad yang dinobatkan sebagai presiden termiskin di dunia. Besar harapan saya bahwa nanti Indonesia akan dipimpin oleh seseorang yang mencintai akhiratnya lebih besar dibandingkan dunia. Sehingga tak terlintas di dalam kepalanya untuk menzalimi rakyat di negara yang dipimpinnya.

Sehingga saya yang sempat terpikir untuk tidak memberikan hak pilih saya untuk pemilu yang akan dilangsungkan 9 April 2014 nanti menjadi sangat bersemangat untuk memilih. Sebab saya tahu, saya tidak ingin orang yang terburuk yang akan menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Saya tidak akan mengatakan bahwa yang akan saya pilih nanti adalah orang yang terbaik. Namun saya hanya bisa berharap bahwa orang yang saya pilih ini tidak begitu buruk di antara calon pemimpin yang paling buruk.


Sudah siapkah kita?

25 Maret 2014

Bingke Berendam




This is my favourite cake ever. I am not sure how to explain the texture and the taste. But if you know about klappertaart, bingke textture almost like that. Moist, soft, and fragrant. In Pontianak you can find this cake. Bingke is so common cake in my town. Not so hard to find it. With a lot of choice. But Bingke Berendam is the original one. Modern people make bingke in another varian. Not only Berendam or original. If you like cheese or potato you can buy Bingke Keju (Cheese Bingke) or Bingke Kentang (Potato Bingke).

Bingke's Brass always like this one.


You can slice one bingke to six pieces, so you can share it to another person you love. But for me, one brass only for myself. Bingke Berendam is too good to be eaten by another person. I will save six pieces for myself only. Hahahaha...

originally, bingke always sweet. But some producer make slaty bingke. Very suitable for diabetics. But this cake too much calorie. Not so healthy. Just becareful if you don't want to get sick or fat. You can make your own healthy bingke if you know the recipe. I will share the recipe in another post for you. Because I need to understand the recipe and write it in English. Actually it's so easy to make your own bingke. My difficulty is only in English.

I hope this post will make you love to come to Pontianak, West Borneo, Indonesia. I still have a lot of food I can share in this blog. If you follow this blog from the beginning and you can understand Indonesian, I am sure you read a lot of food posts. Not only about the food but some of them is traditional recipe from my town. I am not a good chef but I can cook some of traditional food here.


You can join me in my cooking adventure trough this blog. Just ask anything you want, mention me on twitter @honeylizious. I will love to listen to your question about my food and travel blog. 

Belanja di Lazada.co.id Pake KlikPay BCA Aja!


Baiklah tulisan kali ini akan menggunakan bahasa Indonesia saja sebab saya rasa akan jauh lebih bermanfaat jika dituliskan dalam bahasa Indonesia. Kemarin seorang teman meminta saya membantunya untuk berbelanja di Lazada.co.id. Dia ingin membeli sebuah smartphone vendor lokal yang sedang diskon gede. Kayak diskon pakaian aja saat saya cek diskonnya. Diskon 50% boooo'. Padahal biasanya produk elektronik yang didiskon 50% di halaman facebook yang mengaku menjual produk elektronik murah itu tipu-tipu. Namun karena sudah tahu reputasi Lazada.co.id yang memang bukan toko online abal-abal, saya tidak khawatir saat teman saya ingin membeli smartphone di sini.

Merek smartphonenya sih memang tidak begitu terkenal. Namun untuk android yang sudah berada di Jelly Bean dan hanya dihargai 750ribu dengan layar 5inchi pula. Saya rasa itu sudah sangat mumpuni. Pas baca spesifikasinya pun saya yakin untuk ibunya yang ingin menggunakan android untuk pertama kalinya, smartphone ini akan cukup memuaskan buat beliau.

Jadi teman saya, yang sebenarnya teman suami saya ini bertanya bagaimana caranya berbelanja di Lazada.co.id pada suami saya. Terutama yang dia bingung adalah cara pembayarannya. Dia tertarik buat beli tapi tak memahami cara pembayarannya. Suami saya sendiri ternyata keliru mengenai 'klikbca' dan 'klikpay'. Dia pikir 'klikpay' itu ya 'klikbca'. Sebab pas dia liat menggunakan akun di BCA.

Sorenya dia pun ke rumah untuk meminta bantu untuk order dan pembayaran. Sebenarnya ada sih transfer antar rekening dari rekening kita ke rekening Lazada. Namun karena sudah terlanjur memilih KlikPay dan ternyata saya belum punya akunnya, mau tak mau membuat akun dulu di KlikPay BCA.

Membuatnya sangat mudah walaupun membutuhkan tiga kali kode yang harus kita masukkan. Ada kode dari email yang kita daftarkan. Kemudian dari nomor ponsel yang kita masukkan untuk pendaftaran KlikPay BCA. Terakhir adalah kode dari token. Jadi KlikPay BCA ini dapat kita miliki kita jika sudah memiliki KlikBCA alias internet banking atau punya kartu kredit. Sepintas seperti Paypal. Walaupun paypal tidak bisa memotong uang direkening kita secara otomatis jika menggunakan debet BCA bukan kartu kredit BCA.

Untuk pendaftaran bisa cek langkah di bawah ini. Sebelum berbelanja sebaiknya pastikan sudah memiliki akun di KlikPay BCA sehingga pada proses pembayaran akan jauh lebih mudah dibandingkan belanja dulu baru daftar. Kasusnya kemarin, gagal menggunakan voucher diskon 50.000 dari Lazada padahal lumayan juga diskonnya dari harga 750.000. Itung-itung buat menghemat ongkir ke Pontianak.






http://www.klikbca.com/KlikPay/klikpay.html
https://klikpay.klikbca.com/login.do?action=registerDirectRequest


24 Maret 2014

Penuhi Kebutuhan Air Mineral


Kulit putih alami dapat tercipta jika kita selalu memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya. Dalam satu hari, idealnya tubuh memerlukan 8 hingga 10 gelas air minum untuk menjaga kulit kita tetap “basah” dan terhindar dari kekeringan kulit. Dengan cukupnya pasokan air dalam tubuh kita maka suhu tubuh pun dapat lebih terjaga sehingga kulit kering tidak akan menjadi mimpi buruk. Dengan meminum cukup air putih juga membantu pembentukan sel-sel tubuh yang baru termasuk sel kulit.

Selain untuk kesehatan kulit, meminum air putih juga memiliki manfaat lainnya seperti mampu mengurangi berat tubuh. Ada anggapan yang mengatakan jika meminum banyak air akan membuat kita gemuk, padahal air justru membantu kita mengeluarkan makanan dari perut ketika kita makan berlebih. Minum air putih yang cukup juga akan membersihkan tubuh. 

Minumlah air pada saat keadaan perut kosong adalah hal yang perlu dilakukan ketika kita mengawali hari. Ini akan membantu proses pelarutan racun pada usus kita. Dengan melakukan itu perut kamu siap untuk diisi nutrisi sepanjang hari. Air putih juga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Manfaat lainnya adalah mengobati sakit kepala dan infeksi. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi air putih ketika kita mengalami demam. Meminum air putih juga mampu mengontrol jumlah kalori tubuh, pembakaran otot tubuh, dan juga baik untuk ginjal.


Dengan konsumsi air putih yang pas, maka selain kulit putih alami yang kita dapatkan. Beberapa organ dalam tubuh juga menjadi semakin sehat. Selamat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

Buah Apel Mencegah Uban


Semua orang belum banyak yang mengetahui khasiat dan manfaat buah apel yang satu ini termasuk saya sendiri. Memang sedikit aneh juga tetapi ada beberapa yang sudah mempraktekannya dan ternyata hasilnya benar saja. Buah apel ternyata bisa menghilangkan uban yang tumbuh pada orang yang usianya masih muda. Sering terdengar oleh kita semua jika saat ini cukup banyak kalangan muda yang sudah mempunyai uban di rambutnya.

Hal tersebut menurut sebagian orang ada yang mengatakan penyakit turunan ada juga yang berpendapat jika diakibatkan dari gejala stres. Entah benar atau tidak beberapa pendapat tersebut namun kali ini ada resep bagi anda yang mengalami masalah seperti ini. Resepnya terdiri dari buah apel, kelapa yang sudah berjamur dan beberapa helai daun putri malu. Ketiga bahan tersebut dihancurkan dengan air dengan air lalu ambil air perasannya.

Air hasil dari perasaannya dioleskan ke bagian kulit kepala secara rata sambil digosok-gosok perlahan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit agar air perasanya menyerap ke dalam akar rambut. Lakukan 3 kali dalam seminggu sampai uban benar-benar hilang dari rambut anda. Ada yang perlu di garis bawahi jika cara ini hanya untuk orang yang masih berusia dewasa yang memang belum sewajarnya memiliki uban. Berbeda dengan yang sudah berumur memang sudah kodratnya dan tidak perlu dihilangkan.


Dari hal ini dapat kita ambil pelajaran jika ternyata buah-buahan kaya akan manfaatnya selain untuk kesehatan tubuh. Ada juga beberapa yang bisa digunakan dalam merawat bagian tubuh dari luar termasuk manfaat buah apel ini. Mengingat kebanyakan dari kita yang hanya mengenalnya sebagai buah yang kaya akan vitamin dan baik dikonsumsi setiap hari. Selain ini pastinya masih banyak khasiat dari buah ini yang tentunya dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Kebiasaan Balita Perusak Gigi


Beberapa anak balita memiliki kebiasaan yang buruk. Kebiasaan buruk berikut ini bisa membuat gigi anak rusak. Apa saja kebiasaan tersebut?

Minum susu memang menyehatkan dan merupakan sumber nutrisi yang baik untuk anak anda. tapi, minum susu sebelum tidur bisa membuat gigi anak rusak. Tiduran sambil mengisap susu dari botol memang nyaman dan membuat anak anda mengantuk lalu tertidur. Hal inilah yang membuat anak yang terlelap sehabis minum susu enggan menyikat gigi. Selama anak terlelap, kuman dan bekas asam susu yang menempel di sela-sela gigi berkembang biak.

Bukan hal yang salah dan tidak aneh jika anak-anak menyukai konsumsi makanan manis, seperti permen, cake, dan cokelat. Sayangnya makanan yang manis dan lengket tersebut akan tertinggal lama di gigi lalu membentuk asam yang bisa melapukkan gigi dan merusak gigi.


Banyak anak balita yang memiliki kebiasaan mengemut makanan. Membiarkan anak untuk mengemut makanan, terutama nasi atau sumber karbohidrat lainnya berada di dalam mulut, padahal sudah selesai dikunyah. Sumber karbohidrat memiliki kandungan gula, ini sama saja dengan anak memakannya dan makanan manis lalu mengemut kita memberi makan bakteri dalam mulut. Bakteri itu akan berkembang. Tidak hanya itu, kebiasaan mengemut akan menyebabkan rahang anak tidak berkembang secara optimal. Gerakan rahang yang tidak optimal juga bisa menghambat kemampuan bicara.

Penghargaan Pegawai Bulan Ini


"Bos, deterjen laundry kita habis," lapor saya di ujung telepon. Manajer operasional di laundry ini adalah juga pemilik usaha, sekaligus manajer keuangan yang sekaligus juga bagian promosi, marketing, dan public relation. Dia bilang pada saya untuk mengambilnya di gudang. Gudang itu sendiri terletak beberapa meter masuk ke dalam gang dibelakang tempat laundry ini.

Saya sendiri sebenarnya bukan bagian procurement yang harus menyediakan kebutuhan operasional. Awalnya saya adalah bagian customer service, tapi seringkali saya mengerjakan pekerjaan operasional mencuci juga. Semuanya memang serba merangkap disini. Tapi namanya juga usaha yang baru dibuka, awalnya memang seperti itu. Saya paham betul situasi memulai sebuah bisnis tidaklah mudah.

Dosen saya bahkan mengatakan dalam setahun pertama sebuah bisnis baru yang berjalan hanya 50%nya yang dapat bertahan di tahun kedua. Bisnis laundry tempat saya bekerja ini sudah hampir setahun berjalan, dan saya harap dia dapat menjadi bagian dari 50% yang bertahan. Masalahnya bekerja sampingan di tempat ini lumayan dapat membantu biaya saya menyelesaikan kuliah.


Sambil berjalan ke gudang saya heran kemana perginya semua orang. Saya sampai geleng-geleng kepala, karena masa saya harus mengerjakan semuanya sendiri dari mulai melayani kostumer hingga mencuci baju? bahkan sampai harus mengambil deterjen laundry sendiri. Namun ketika gudang itu terbuka saya terkejut luar biasa, bos saya ada di sana, pegawai lainnya juga berkumpul disana. Mereka semua bersorak mengucapkan selamat ulang tahun pada saya. Sayapun terharu. Terlebih dari itu semua bos saya memberikan saya penghargaan sebagai pegawai bulan ini.

23 Maret 2014

Money Politic?


I've been tired watching television. Almost all of channel about politic. I know 9th April, a few days more, Indonesian people will be select a new president. Who will be the next president? Another man? Or another woman? Actually a few month ago I was thinking that I will not vote for anybody. In my country they named the unvoter 'golput' or golongan putih. Golongan putih or you can translate it in English as White Group, is someone who not select anybody for election. So they don't use their vote.

Last election I don't use my vote because I am working in Pontianak and I should go to my village for voting. My village not so near from Pontianak. So I just skip the election. This year, I will vote for someone. Because I am married and I can vote in Pontianak. I have my Pontianak ID card. So I am Pontianak resident now.

Talk about politic, not a big secret anymore that everybody who is president-wannabe want to do everything to get the highest vote. Even though they have to shell out a lot of money. I still remenber, in Indonesia, they have 'serangan fajar'. Serangan fajar means giving money in the morning of election day. They give the money to make us, the voter, vote for them. Dirty politic because of this person.


Why we have to vote for them? Because their giving us some money in the morning? So they can take more money from our country in the future? I want to vote for someone I really believe that he/she will do his/her best to make Indonesia better than today. Be the good president. You can't take money when you are dead. So we don't need that much money for ourself. We need air, land, and water for live in this world. Money just a bonus for us. 

Why Should I Pay You More?


Some people please explain to my why they choose me to answer this question. 'How much client should pay us to write for their blog or website?'. Do I look like the right person to answer that question? Because in my humble opinion, you know the answer. Writing is your job, so how much you want for doing your job? Maybe you can try another question to me. Like 'how much you take for one post in your blog or out your blog?'. I am pretty sure I know the answer.

And you can decide how much fee you want from that client. If you want they pay you more than other writer, you have to show them at least 5 reasons. Because they want to know, how good you are. You should good enough for taking more money than other from that client. They maybe ask you to write in you blog, so you can give them 5 reason why you and your blog that expensive. Or they will ask you to write in their website or blog, you can give 5 reason for yourself.

You must think you are better or the best writer for that payment. Because if you are not pretty sure about yourself, you can not make another person believe that you are that good. But writing is not only about the money. I love writing so much. From elementary school, so I always writing everyday. This is my hobby. And some person see my ability to write. They want to pay me for writing about them. You know, like products or services. They want to get new costumers but they need me and my blog. So I write for their advertise. I take the money and save it for my future.


Sometime I take like $15-$100 for one post. It depends on the deal. Client will offer their price, you can take it or leave it. And you can make you own offer. Make sure it worth it.

Travel Umroh Plus di Cheria Travel Saja!




Selama ini belum terpikir soal umroh apalagi berangkat haji. Barangkali karena tidak tahu caranya buat umroh dan tak ada yang menawarkan buat berangkat umroh bareng gitu sih. Namun di dunia online seperti sekarang ini tentunya mau travel umroh bukan sesuatu yang sulit. 


Tinggal kita sendiri yang mesti pandai-pandai mencari penyedia jasa buat membawa kita travel umroh. Sudah banyak sekali orang yang menyediakan jasa travel umroh. Seperti Cheria Travel yang punya banyak sekali paket buat travel umroh. Bukan hanya travel umroh biasa, travel umroh plus juga ada. Jadi nggak hanya berangkat haji yang ada plusnya. Travel umroh juga ada dong plusnya. Hehehe...



Cheria Travel ini adalah biro perjalanan dan penyelenggara haji ONH plus dan umroh serta tour wisata muslim. Selain kita bisa cek harga yang sudah mereka tuliskan dengan jelas di website mereka untuk haji atau umroh kita juga bisa booking tiket pesawat melalui website Cheria Travel. Jadi walaupun kita tidak berniat untuk menggunakan jasa mereka di bidang umroh dan haji kita masih tetap bisa memesan tiket pesawat melalui mereka dengan mencantumkan e-mail.


Banyak sih ya penyedia paket travel umroh. Sebab banyak yang berminat untuk melakukannya. Kalau ada uang siapa sih ya yang nggak mau. Saya juga mau. Untuk menghubungi pihak Cheria Travel juga sangat mudah. Alamat mereka lengkap. Jadi jangan khawatir soal kebenaran usaha mereka.

Paket travel umroh reguler tentu saja ada. Nah buat teman-teman yang sekalian ingin jalan-jalan ke berbagai negara yang lain juga bisa lo. Soalnya di Cheria Travel lagi ada Paket Umroh Promo 2014 menyediakan 5 pilihan lainnya untuk tahun 2014 ini.

Itinerary Paket Umroh Plus Dubai 2014



Hari ke-1 (JAKARTA-JEDDAH VIA DUBAI )
Berkumpul di hotel transit bandara (4 jam sbl keberangkatan), pembukaan, dan doa safar. Take off menuju Jeddah via Dubai. Melanjutkan perjalanan menuju Jeddah, Landing di Jeddah pk. 03.40 waktu Jeddah, proses imigrasi, dan dilanjutkan dengan sholat shubuh di Jeddah.


Hari ke-2 (JEDDAH-MADINAH)
Sarapan pagi di Jeddah, beristirahat sejenak di Jeddah untuk mengembalikan kebugaran. Melanjutkan perjalanan dari Jeddah menuju Madinah , Sampai di Madinah, check in hotel, dan beristirahat. Sholat ashar berjamaah di Masjid Nabawi, dilanjutkan dengan ziarah seputar masjid Nabawi mengunjungi raudhah dan pemakaman baqi bagi jamaah pria. Sholat maghrib, dilanjutkan dengan sholat Isya berjamah di Masjid Nabawi (I’tikaf dari maghrib-Isya). Makan malam, dilanjutkan dengan acara bebas dan beristirahat, setelah makan malam bagi jamaah wanita dilanjutkan dengan ziarah ke raudhah di dampingingi oleh muthawwifah.


Hari ke-3 (MADINAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran Dan Memperbanyak ibadah. Sarapan pagi, setelah sarapan Agenda pagi hari adalah ziarah Kota madinah, mengunjungi masjid quba, masjid qiblatain, khandaq, jabal uhud Dan perkebunan kurma. Sholat dzuhur, makan siang, dan dilanjutkan dengan acara bebas Agenda dilanjutkan pada sore hari dengan ziarah seputar masjid nabawi dan kunjungan ke raudhah (bagi wanita kunjungan ke raudhah akan dilaksanakan pada malam hari).


Hari ke-4 (MADINAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran dan Memperbanyak ibadah. Sarapan pagi, acara bebas. Sholat dzuhur, makan siang, dan dilanjutkan dengan acara bebas sampai malam hari (persiapan menuju Makkah, bagi yang akan berbelanja dipersilakan)


Hari Ke-5 (MADINAH-MAKKAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran Dan Memperbanyak ibadah. Sarapan pagi, setelah sarapan jamaah dipersilakan untuk melakukan persiapan menuju Makkah (pk. 13.00 bagasi/koper sudah ada di depan pintu kamar). Sholat dzuhur, makan siang, dan dilanjutkan persiapan menuju Makkah (jamaah sudah menggunakan pakaian Ihram)


Check out hotel untuk melaksanakan umrah
Sesampainya di Kota makkah check in hotel, makan malam, istirahat sejenak, dan di lanjutkan dengan prosesi ibadah umrah (thawaf, sai dan tahallul)


Hari ke-6 (MAKKAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. Setelah sarapan pagi, Agenda hari ini adalah acara bebas untuk mengembalikan kebugaran dan memperbanyak ibdah di Masjidil Haram. Sholat Dzuhur, makan siang, acara bebas sampai malam.


Hari ke-7: (MAKKAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. setelah sarapan pagi, agenda pagi ini adalah ziarah Kota makkah, menuju jabal tsur, gua hira, jamarat, mina dan arafah, bagi jamaah yang ingin melaksanakan umrah lagi dipersilakan untuk membawa kain ihramnya dan mengambil miqat di Ji’ronah. Sholat Dzuhur, makan siang, acara bebas sampai malam.


Hari Ke-8 : (MAKKAH)
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. Setelah sarapan pagi, Agenda hari ini adalah acara bebas untuk mengembalikan kebugaran dan persiapan kepulangan. Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram dan persiapan kepulangan, (pk. 13.30 koper sudah berada di depan kamar hotel). Sholat Dzuhur dilanjutkan dengan thawaf wada dan makan siang. Check out hotel menuju Jeddah, city tour jeddah, corniche dan dilanjutkan dengan sholat ashar dan makan malam di Jeddah. check in hotel transit di Jeddah untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Check out hotel transit untuk menuju bandara International King Abdul Azis Jeddah.


Hari Ke-9 (DUBAI)
Take off dari Jeddah menuju Dubai, landing di Dubai pk. 09:30. Penjemputan dari Bandara International Dubai, city tour Dubai (Sh. Zayed Rd., Palm Jumeirah, Atlantis, Burj Al Arab, Jumeirah Mosque, Burj Khalifa) with Lunch (Chinese Fine Dining). Check In hotel, istirahat untuk mengembalikan kebugaran. Dinner (International Buffet).


Hari Ke-10 (DUBAI)
Qiyamullail, tilawah Al quran, memperbanyak ibadah. Sholat shubuh Sarapan pagi, persiapan city tour Dubai Traditional Dubai City Tour (Bastakiya, Dubai Museum, Dubai Creek, Gold Souk, Spice Souk) sholat zuhur di jama’ dengan sholat ashar istirahat.
Lunch (Indonesia Fine Dining)
Premium Desert Safari
Barbecue Dinner at Camp
Hotel Drop Off, istirahat untuk mengembalikan kebugaran.


Hari Ke-11 (DUBAI – JAKARTA)
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah
Sholat shubuh, dan persiapan kepulangan, bagasi sudah siap setelah sholat shubuh.
Breakfast at Hotel & Check Out
Airport Drop Off
Departure from Dubai Airport

Berikut ini adalah itinerary dari paket umroh plus Turki 2014 tersebut, diantaranya adalah:

Hari ke-1: JAKARTA - JEDDAH – MADINAH
Berkumpul di Bandara Soekarno - Hatta Hotel Transit terminal 2 D, persiapan berangkat menuju Jeddah melalui Singapore. Landing di Jeddah, pemeriksaan imigrasi dan menuju Madinah dengan Bus AC (menempuh perjalanan kurang lebih 6-7 jam), Check In Hotel, dan Istirahat
HARI KE-2: MADINAH
Qiyamullail, Tilawah Al Quran, Sholat Dhuha.
Pukul 07.00 setelah sarapan pagi, persiapan ziarah Masjid Nabawi, mengunjungi Pemakaman Baqi, Raudhah, dan Makam Rosulullah, Abu Bakar dan Umar.Beristirahat, dan memperbanyak Ibadah.
HARI KE-3: MADINAH
Qiyamullail, Tilawah Al Quran.
Pukul 07.00 setelah sarapan pagi, Ziarah kota Madinah dengan mengunjungi Mesjid Quba, Qiblatain, Jabal Uhud, Khandaq dan Pasar Kurma. Kembali ke Hotel untuk Sholat Zuhur
Hari ke-4: MEDINAH – MEKKAH
Pukul 13.00 Check Out Hotel Madinah menuju Mekkah dengan Bus AC (sudah berpakaian ikhrom dari hotel dan Miqot Umroh di Masjid Bier Ali). Sampai di Mekkah Chek In Hotel, Makan Malam, Istirahat sejenak, menunaikan Umroh.
Hari ke-5: MEKKAH
Acara bebas / memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram (I’tikaf, Taddarus, Tahajud, dll)
Hari ke-6: MEKKAH
Pukul 07.00 Ziarah kota Mekkah, dengan mengunjungi Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahmah, Mina dan Muzdalifah.
Hari ke-7: MEKKAH
Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram,
(Tadarrus al Quran, Qiyamullail dan Study Islam)
Hari ke-8: MEKKAH - JEDDAH
Setelah Sholat Shubuh dan Thawaf Wada, kembali ke Hotel, Check Out Hotel dan menuju Jeddah untuk Transit.
Hari ke-9: JEDDAH - ISTANBUL
City Tour Jeddah, mengunjungi Laut Merah, Masjid Terapung, Cornice, beristirahat dan transfer Airport menuju Istanbul.
Sampai Istanbul, Makan siang, Half day Tours mengunjungi Beylerbeyi Palace, Ayyub Al-Anshari, Suleymaniye Moque, kemudian menuju Hotel untuk Check In dan Istirahat.
Hari ke : 10. ISTANBUL
Sarapan Pagi, mengunjungi Hippodrome, Ayasofia dan Grand Bazaar.Makan Siang, mengunjungi Galata Bridge dan selat Bhosphorus, kembali ke Hotel untuk Istirahat dan makan malam.
Hari ke : 11. ISTANBUL
Acara bebas dan persiapan kepulangan / transfer Airport.
Hari Ke : 12. JAKARTA
InsyaAllah tiba di Jakarta dengan membawa umrah Maqbullah


Itenerary Perjalanan Paket Umrah Plus Tour Eropa 2014


Hari 01: Jakarta - Dubai – Madinah
Seluruh jamaah berkumpul di Terminal II Bandara Soekarno-Hatta, 4 jam sebelum keberangkatan menuju Dubai dengan menggunakan pesawat Emirate Airlines.
Hari ke-2 : Madinah
Jamaah akan diantar berziarah ke Makam Rasulullah beserta kedua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar Bin Khatab, di Makam Baqi. Setelah itu jamaah dapat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di sekitar Madinah, seperti Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud dan berbelanja buah tangan di Pasar Kurma yang merupakan salah satu pasar kurma yang paling ramai. Kemudian Jamaah shalat berjamaah di Masjid Nabawi.
Hari ke-3: Madinah
Acara bebas, jamaah bisa mengisinya dengan memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi atau mungkin bisa menikmati dengan berjalan-jalan di sekitar kota Madinah.
Hari ke-4: Madinah – Makkah
Setelah shalat dzuhur, jamaah bersiap-siap untuk berihram (mandi dan bersuci). Kemudian, jamaah akan diantar berangkat menuju Makkah via ‘Aly (miqat) untuk memulai Ihram. Setibanya di Makkah, check-in hotel dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk thawaf, sa’i, dan tahallul.
Hari ke-5: Madinah - Makkah
Acara bebas, jamaah bisa mengisinya dengan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram atau mungkin jamaah bisa menikmati berjalan-jalan di sekitar kota Makkah.
Hari ke-6 : Makkah
Jamaah akan diantar untuk berziarah ke tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Makkah, seperti Jabal Tsur, Jabal Rahmah/Padang Arafah, Mudzalifah, Mina, Jabal Nur, dan Ja’ranah. Bagi yang ingin melaksanakan ibadah umrah ke-2, bisa bermiqat di Masjidil Ja’ranah lalu kembali melewati Pekuburan al-Ma’la dan Masjid Jin.
Hari ke-7 : Makkah
Acara bebas, jamaah dapat mengisinya dengan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, atau mungkin jamaah bisa menikmati berjalan-jalan di sekitar kota Makkah.
Hari ke-8 : Makkah - Jeddah – Frankfurt
Setelah shalat dzuhur kemudian thawaf wada’ dan bersiap meninggalkan Makkah menuju Jeddah untuk City Tour Jeddah, hingga tiba saatnya transfer ke Airport King Abdul Aziz Jeddah untuk melanjutkan perjalanan Paket Umrah Plus Tour Eropa 2014 ke Frankfurt.
Hari ke-9 : Frankfurt Arrival
Tiba di Frankfurt, jamaah dapat melakukan photo stop di Frankfurt Cathedral dan Romerberg, alun-alun kota dengan pemandangan rumah khas Jerman yang sangat unik dan indah. Jerman, khususnya kota Frankfurt merupakan kota yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Sosis, jamaah akan menikmatinya sebagai menu lezat santap siang. Setelah itu, jamaah akan diantar ke hotel untuk check-in dan beristirahat (makan siang dan makan malam).
Hari ke-10 : Frankfurt – Cologne
Perjalanan dilanjutkan ke kota Koln yang merupakan kota yang terkenal sebagai kota asal parfum Eu De Cologne 4711. Di sini jamaah akan diajak berjalan-jalan ke pusat kota, kemudian jamaah dapat photo stop di depan sebuah gereja (Cathedral Koln) yang menjadi landmark kota, dikarenakan gereja ini merupakan satu-satunya bangunan di kota Koln yang tidak hancur pada masa Perang Dunia ke-2. Kemudian, nikmatilah waktu bebas jamaah untuk shopping di sekitar Cathedral Koln yang banyak menyajikan makanan dan pernak-pernik unik khas kota Koln dan Jerman. Setelah itu, jamaah diantar ke hotel untuk check-in dan beristirahat (sarapan, makan siang, dan makan malam).
Hari ke-11: Cologne - Amsterdam – Volendam
Dari Jerman, kemudian jamaah menuju negara kincir angin Belanda. Berwisata ke kota kecil yang dahulu merupakan desa nelayan yaitu Volendam, dimana jamaah dapat berfoto menggunakan pakaian tradisional Belanda. Dari Volendam menuju kota terbesar Amsterdam. Belanda terkenal sebagai tempat pengasahan berlian No. 1 di dunia, belumlah lengkap wisata ke Belanda tanpa mengunjungi Workshop Pengasahan Berlian ternama. Jamaah juga akan melewati Old Town Amsterdam (Damrak), dimana terdapat Royal Palace, National Monument dan Central Station. Setelah itu, jamaah akan diantar ke hotel untuk cek-in dan beristirahat.
Hari ke-12: Amsterdam - Brussels – Paris
Jamaah akan meninggalkan negeri kincir angin, Belanda dan melanjutkan perjalanan menuju kota Brussels, Belgia. Setibanya di Brussels jamaah akan diajak berfoto di Monumen Atomium yang memiliki tinggi 103 meter dan dibangun dalam rangka World Exhibition 1958. Setelah itu, jamaah akan diajak “Walking Tour” ke kota tua untuk mengunjungi Grand Palace, dan lambang kota Brussels Patung Manneken Pis serta berbelanja dan perjalanan dilanjutkan ke kota Paris.
Hari ke-13: Paris
Pagi hari setelah sarapan pagi jamaah akan diajak untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata paling favorit untuk dikunjungi, Menara Eiffel. Jamaah akan diajak masuk ke Menara Eiffel hingga tingkat ke-2, dimana jamaah dapat menikmati keindahan kota Paris yang sangat termahsyur dari atas. Kemudian, jamaah akan diajak melewati dan menikmati berbagai tempat-tempat yang sangat indah di Paris, seperti Museum Louvre, Arc De Triomphe, Champs Elysees, Place De La Concorde, Terowongan Pont De Alma, Des Invalides, Sungai Seine dan Gedung Opera dengan arsitekturnya yang unik. Setelah itu, pada sore hari jamaah dapat menikmati berbelanja sepuasnya di sekitar kota Paris atau membeli buah tangan untuk dibawa ke tanah air.
Hari ke-14: Paris – Jakarta
Setelah sarapan pagi di hotel kemudian acara bebas, bisa jamaah isi dengan kembali berjalan-jalan menikmati indahnya kota Paris, berfoto di tempat-tempat indah, berbelanja souvenir atau mungkin jamaah bisa mengunjungi tempat-tempat yang belum sempat anda kunjungi di Paris. Sampai tiba saatnya jamaah akan diantar ke Airport Paris untuk kembali pulang ke tanah air.



Itinerary Paket Umroh Plus Maroko 2014

Hari ke-1: Jakarta - Jeddah
Jama'ah berkumpul di Bandara Soekarno – Hatta, diterminal II keberangkatan International.
Diharapkan jama'ah sudah mandi sunah dan sholat sunat safar 2 (dua) Rakaat sebelum berangkat ke Bandara.
15.35 Take off menuju Jeddah dengan pesawat SV815 21.30 Tiba di Bandara Madinah dengan selamat. dilanjutkan perjalanan dengan bus AC menuju Kota Madinah, Chek In Hotel dan istirahat.
Hari ke-2: Madinah
Ziarah kemakam rasulullah SAW dan kedua sahabatnya, dan kepemakaman umum Baqi.
Memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi, seperti : melakukan Sholat Fardu berjama'ah, sholat sunah Wudlu, Dhuha, Sholat Hajat, Sholat Taubat, Sholat Tahajud, Dzikir, Sholawat, Membaca Al-Quran. Dan berdoa ditempat-tempat mustajab, bila memungkinkan berdoa di Roudhoh
Hari ke-3: Madinah
07.00 Check Out Hotel dari Madinah
Jama'ah mengikuti ziarah-ziarah kota Madinah : Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Bukit Uhud, Perkebunan Kurma, & Percetakan Al Quran. Perjalanan dilanjutkan menuju kota Makkah
Mengambil Miqot di Bir Ali, dan melaksanakan sholat sunah ihrom 2 Raka'at di Masjid Bir Ali.
Tiba di Makkah langsung Check in Hotel, setelah Istirahat sejenak kemudian bersiap-siap melakukan ibadah umroh yang ke 1 (thawaf, Sa'i & Tahalul) di Masjidil Haram.
Hari ke-4: Mekkah
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, seperti : melakukan Sholat Fardu berjama'ah, sholat sunah Wudlu, Thawaf Sunnah, Dhuha, Sholat Hajat, Sholat Taubat, Sholat Tahajud, Dzikir, Sholawat, Membaca Al-Quran. Dan berdoa ditempat-tempat mustajab seperti di Hijir Ismail (Ta l a n g E m a s ) , M u l t a z a m d a n b i l a memungkinkan mencium hajar aswad.
Hari ke-5 : Mekkah
Ziarah kota Makkah seperti : Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Padang Arafah, Muzdhalifah, Mina, Jabal Nur (GuaHira) dan di ji'ronah untuk mengambil miqot sebelum melaksanakan umroh yang ke-2
Hari ke-6 : Mekkah
Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram, seperti : melakukan Sholat Fardu berjama'ah, sholat sunah Wudlu, Thawaf Sunnah, Dhuha, Sholat Hajat, Sholat Taubat, Sholat Tahajud, Dzikir, Sholawat, Membaca Al-Quran. Dan berdoa ditempat-tempat mustajab seperti di Hijir Ismail ( Ta l a n g E m a s ) , M u l t a z a m d a n b i l a memungkinkan mencium hajar aswad.
Hari ke-7 : Makaah - Jeddah - Casablanca
Melaksanakan tawaf wada setelah sholat subuh
07.00 Chek out hotel, dilanjutkan perjalanan menuju Bandara
12.25 Take off meuju casablanca dengan pesawat SV 373
16.30 Tiba di bandara Casablanca - Maroko Chek in hotel Barcelo Casablanca.
17.30 Mengunjungi Masjid Hassan II yang merupakan masjid terbesar maroko dan nomor 5 terbesar di dunia.
Chek in Hotel Barcelo Cassablanca.
images
Hari ke-8: Casablanca - Rabat
Sarapan pagi di hotel dan chek out, melanjutkan perjalanan menuju rabat.
Tiba di Rabat kita akan mengunjungi Oudaya Kasbah, Hassan Tower, Mohamed V mausoluem, dan Chellah Necropolis.
Makan siang di Restourant Local
Chek in hotel Helnan Chellah
Hari ke-9: Rabat - Tangier
Sarapan pagi di hotel dan chek out, melanjutkan perjalanan menuju Tangier
Tiba di Rabat kita akan mengunjungi The Medina, Place da France dan Grand socco
Makan siang di Restourant Local
Chek in hotel Almohades
Hari ke-10: Tangier-Algeciras-Granada
Sarapan pagi di hotel dan chek out, melanjutkan perjalanan menuju Algeciras dengan menggunakan kapan ferry dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam
Setiba di Algeciras melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Granada.
Makan siang di Restourant Local
Tiba di Granada, Makan malam di Restauran Chinese dan chek in Hotel Alixares
Hari ke-11 : Granada-Cordoba
Sarapan pagi di hotel dan chek out.
Mengunjungi Alhambra Palace & Generalife
Makan siang di Restourant Local
Melanjukan perjalanan menuju Cordoba
Setibanya di cordoba langsung chek in hotel Parador Coroba
Hari ke-12: Cordoba-Madrid 
Sarapan pagi di hotel dan chek out.
City tour cordoba : Mengunjungi Masjid & Chatedral
Makan siang di Restourant Local
Melanjutkan perjalanan menuju Madrid
Tiba di Madrid, Makan malam di Restauran
Chinese dan chek in Hotel Alcala Norte
Hari ke-13: : Madrid
Sarapan pagi di hotel
Mengunjungi Royal Palace, Pazza Mayor
Makan siang di Restourant Local
Berbelanja di Grand Via
Makan malam di Restauran Chinese dan kembali ke Hotel Alcala Norte

Hari ke-14: Madrid - Riyadh - Jakarta
Sarapan pagi di hotel dan Chek out
Dengan bus kita akan di antar ke bandara Madrid
(Barajas) untuk kembali ke Jakarta dengen transit di Riyadh.
10.50 Take menuju Riyadh dengan pesawat SV
226, transit sejenak dan langsung d lanjutkan perjalanan menuju Jakarta
Hari ke-15: Jakarta
13.35 Insya Allah tiba di Jakarta dengan selamat.

Itinerary Paket Umroh Plus Aqsa 2014

Hari Ke-1: Jakarta-Amman
Berkumpul di hotel transit bandara (4 jam sbl keberangkatan), pembukaan, dan doa safar.
Take off menuju Amman-Jordania
Hari Ke-2 : Amman
Tiba di Amman International Airport di pagi hari dan bertemu dengan perwakilan kami disana untuk dijemput dan diantar untuk sarapan. kemudian menuju ke Allenby Bridge. Anda akan makan siang di Jericho setelah itu mengunjungi objek wisata yang memiliki jejak Nabi Mussa di Mount of Olives, masjid Raba’ah EL Adaweiya dan Sulyman EL Farsi. kemudian menuju ke masjid al aqso dan Dome of the Rock untuk shalat. dan jika waktu memungkinkan anda akan mengunjungi masjid omar, masjid pertama di jerussalem. akhirnya anda akan cek in hotel dan beristirahat di jerussalem. 
Hari Ke-3: Yerussalem
setelah makan pagi di hotel, anda akan menuju ke hebron untuk mengunjungi masjid Ibrahim EL Khalil, kemudian ke Bethlehem untuk mengunjungu tempat kelahiran dari Syiedna Issa. anda akan makan siang lalu melanjutkan perjalanan ke gunung Olives, Old City dan tembok ratapan. selesainya anda akan makan malam dan bermalam di hotel jerussalem.
Hari Ke-4 : Yerussalem-Amman
selesainya makan pagi, anda akan diantar ke Allenby Bridge untuk menyebrang kembali ke jordan dan mengunjungi laut mari, lalu makan siang dan menuju ke Neby Syueib - Ahl Al Khaf, masjid King Abdullah, melihat pemandangan Amman. akhirnya anda kan makan malam di restoran dan diantar ke Amman Airport untuk menuju Makkah Al Mukaromah.
Hari Ke-5 : Amman-Madinah
Landing di Madinah, proses imigrasi, penjemputan dan handling bagasi, keluar Bandara dilanjutkan dengan perjalanan menuju Kota Madinah (kurang lebih 45 menit). Sampai di Kota Madinah, check in hotel, beristirahat untuk mengembalikan kebugaran. Setelah sarapan pagi, Agenda pagi hari adalah beristirahat untuk mengembalikan kebugaran. Sholat dzuhur, makan siang, dan dilanjutkan dengan acara bebas Setelah sholat ashar agenda dilanjutkan dengan ziarah seputar masjid Nabawi, ke pemakaman baqi, dan raudhah. Bagi jamaah wanita memasuki raudhah akan di bimbing oleh muthawwifah dan akan dilaksanakan bada sholat Isya (setelah makan malam)
Hari Ke-7: Madinah
Qiyamullail, tilawah Al quran Dan Memperbanyak ibadah. Setelah sarapan pagi, Agenda pagi hari adalah ziarah Kota madinah, mengunjungi masjid quba, masjid qiblatain, khandaq, jabal uhud Dan perkebunan kurma. Sholat dzuhur, makan siang, dan dilanjutkan dengan acara bebas Agenda dilanjutkan pada sore hari dengan pemantapan manasik umrah
Hari Ke-8: Madinah - Makkah
Qiyamullail, tilawah Al quran dan Memperbanyak ibadah. Sholat dzuhur, makan siang, persiapan prosesi umrah. Check out hotel untuk melaksanakan umrah Sesampainya di Kota makkah check in hotel, makan malam, istirahat sejenak, dan di lanjutkan dengan prosesi ibadah umrah (thawaf, sai dan tahallul)
Hari ke-9: Makkah
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. Setelah sarapan pagi, Agenda hari ini adalah acara bebas untuk mengembalikan kebugaran dan memperbanyak ibdah di Masjidil Haram Sholat Dzuhur, makan siang, acara bebas sampai malam
Hari Ke-10: Makkah
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. setelah sarapan pagi, agenda pagi ini adalah ziarah Kota makkah, menuju jabal tsur, gua hira, jamarat, mina dan arafah, bagi jamaah yang ingin melaksanakan umrah lagi dipersilakan untuk membawa kain ihramnya dan mengambil miqat di Ji’ronah. Sholat Dzuhur, makan siang, acara bebas sampai malam
Hari Ke-11 : Makkah
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, Memperbanyak thawaf sunnah. Setelah sarapan pagi, Agenda hari ini adalah acara bebas untuk memperbanyak ibdah di Masjidil Haram, bagi yang ingin berbelanja sebagai persiapan kepulangan dipersilakan. Sholat Dzuhur, makan siang, acara bebas sampai malam.
Hari Ke-12 : Makkah-Jeddah-Amman
Qiyamullail, tilawah Al quran, Memperbanyak ibadah di masjidil haram, dilanjutkan dengan thawaf wada. (Koper / bagasi sudah berada di depan pintu kamar hotel pada pk. 06.00). Sarapan pagi, persiapan keberangkatan menuju Jakarta via Amman Check out hotel menuju Jeddah, city tour jeddah, corniche dan dilanjutkan dengan Makan siang di Jeddah Memasuki bandara International King Abdul Azis Jeddah untuk kembali ke Tanah Air Take off dari Jeddah menuju Amman, landing di Amman pk. 17.50
Hari Ke-13: Amman-Jakarta
Melanjutkan perjalanan dari Amman menuju Jakarta dengan membawa umrah Maqbullah.



Harga juga sudah ditulis dengan jelas di website mereka. Kalau masih ada yang kurang jelas bisa menghubungi mereka lagi. Bahkan kita bisa berkonsultasi dengan pihak Cheria Travel untuk tahu paket apa yang cocok untuk kita. Siapa tahu teman-teman masih bingung mengenai paket umroh plusnya. Sebab buat calon peserta umroh yang belum berpengalaman pasti butuh banyak saran untuk memilih paket yang sesuai. Berharap sih ke depannya di Cheria Travel sudah ada keranjang belanja untuk memudahkan pengecekan total harga dan juga transfer ke pihak Cheria Travel. 



Masih bingung mau pilih penyedia travel umroh yang mana? Coba mampir ke Cheria Travel saja. 

 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design