13 Februari 2014

Selebgram oh Selebgram









Selebgram sudah lama sekali saya dengar istilahnya. Kalau dilihat secara sederhana 'selebgram' itu adalah orang yang menjadi 'seleb' di instagram. Entah itu orang yang memang sudah menjadi seleb sejak awal lalu memiliki instagram atau orang yang menjadi seleb gara-gara instagram itu sendiri. 



Jadi bisa juga sebenarnya orang yang tidak benar-benar seleb di awalnya kemudian dengan banyak berbagi foto di instagram menjadi seleb itu sendiri. Tentunya penanda seleb tidaknya sangat sederhana. Banyak follower dan banyak yang ngasih like juga.

Itu sebabnya banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pengikut sebanyak mungkin di instagram dan tidak berniat untuk memberikan 'follow back'. Semakin tak seimbang jumlah orang yang difollownya dengan yang memfollow dirinya, yang mengikuti banyak dan yang diikuti jauh lebih sedikit, bahkan bisa dihitung dengan jari. 


 

Berarti Ibu Ani Yudhoyono yang sudah memblokir akun instagram saya (@honeylizious) itu selebgram dong? Sebenarnya tanpa instagram pun Ibu Ani Yudhoyono yang cantik itu sudah terkenal. Semakin terkenal di dunia maya dengan adanya sosial media instagram. Sayangnya hanya 'keindahan' yang ada di sana. Bukan kenyataan hidup di Indonesia.

Eh kok malah mengomentari akun Ibu Negara ya? Kalau masalah itu barangkali bisa baca tulisan yang ada di sini. Klik saja cerita Ibu Ani Yudhoyono yang memblokir akun instagram saya.

Balik lagi ke selebgram. Biasanya selebgram ini adalah orang-orang yang diburu oleh berbagai onlineshop. Banyak toko online yang bukanya di instagram akan mencari selebgram yang mau menerima barang mereka dan mempromosikannya secara gratis. Tentu saja selebgram juga mendapatkan imbalan barang dagangan sang onlineshop secara gratis pula. Walaupun tak menutup kemungkinan banyak selebgram yang juga bisa mendapatkan bayaran dan barang gratisan. Balik lagi ke sepakatan bersama di awal.

Promosi ini biasanya lebih dikenal dengan 'endorse'. Ngomong-ngomong soal endorse sih sebenarnya pernah juga saya mendapatkan barang gratisan bahkan uang dari sebuah toko online yang sekarang menjadi sponsor tetap blog ini. Bisa lihat banner yang terpajang. Muahahaha...




Tapi waktu itu saya didapuk untuk menjadi bagian dari promosi mereka karena blog ini bukan karena instagram saya terkenal. Jadi saya belum menjadi selebgram walaupun banyak yang bilang follower instagram saya banyak. Entahlah. Tapi yang pasti selebgram followernya lebih banyak dibandingkan yang saya miliki.


Untuk di Indonesia sendiri selebgram kebanyakan hijabers. Muslimah yang berjilbab trendy atau syari banyak yang memang menjadi selebgram. Jangan tanya bagaimana ceritanya mereka menjadi selebgram karena saya belum pernah melakukan investigasi secara khusus. Selebgram di Indonesia kebanyakan sih mempromosikan fashion dan mostly women. Ada yang sudah jadi selebgram? Bagi dong tipsnya! Hahahaha...

@honeylizious

Followers