19 Februari 2014

Cap Go Meh di Pontianak Tanpa Atraksi Tatung

Foto oleh Pay

Setiap perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke-15 imlek selalu diisi dengan banyak atraksi. Paling dinantikan adalah atraksi tatung. Tatung sendiri merupakan dukun yang kerasukan arwah leluhur atau roh setelah menjalani ritual. Ritual khusus yang dilakukan adalah untuk membuat seorang tatung kerasukan roh tersebut. Ketika seorang tatung sudah kerasukan roh, nantinya dia akan melakukan berbagai atraksi di luar kemampuan manusia sadar, seperti berdiri di atas sebilah pedang tajam, bahkan duduk santai di kursi yang penuh dengan senjata tajam. Bukan hanya sebilah bahkan sangat banyak. Belum lagi tatung-tatung tersebut akan melalukan pawai keliling kota sambil ada yang menusuk mulutnya dengan berbagai senjata tajam.


Dokumentasi pribadi.




Namun jangan harap pengunjung bisa melihat atraksi tatung di Pontianak. Sebab pemerintah Kota Pontianak, telah mengeluarkan larangan bagi atraksi tersebut dilakukan di Kota Pontianak. Alasannya karena atraksi tatung terlalu menonjolkan kekerasan. Apalagi yang akan menonton adalah masyarakat umum. Sejak Tahun Baru Imlek tahun 2011 atraksi tatung di Kota Pontianak sudah ditiadakan hingga tahun 2014 ini atraksi tersebut benar-benar tak ada lagi di Pontianak. Jadi perayaan Cap Go Meh yang bertepatan dengan tanggal 14 Februari 2014 di Pontianak diadakan tanpa adanya atraksi tatung.

Dokumentasi pribadi.


Tetapi masyarakat masih bisa menyaksikan atraksi yang lain seperti atraksi naga dan barongsai. Apalagi beberapa hari sebelum Cap Go Meh sampai hari puncak perayaan Cap Go Meh di sepanjang Jalan Diponegoro Pontianak masyarakat bisa berkumpul untuk menikmati berbagai sajian yang dijual di banyak stand dadakan yang memang khusus diadakan untuk merayakan Cap Go Meh. Apabila ingin menikmati atraksi tatung, kita bisa mampir ke Kota Singkawang yang memang tidak ada larangan dari pemerintah kota tersebut mengenai atraksi tatung.

Dokumentasi pribadi.

@honeylizious

Followers