17 Februari 2014

Back To Ubuntu


Sudah lama sekali saya tak menulis tentang Linux ya, khususnya tentang Ubuntu. Setahun lalu saya sebenarnya sudah kembali menggunakan Ubuntu lagi untuk bekerja dengan PC. Sebab memang lebih enak menggunakan Ubuntu dan tak perlu membeli OS distro ini. Jadi cukup unduh saja OS-nya dan tinggal install. Memiliki netbook Lenovo dulunya pun banyak mengajari saya tentang Linux berserta banyak turunannya. Barangkali itu akan sangat menyebalkan dulunya. Tapi sekarang karena saya sudah menemukan alat yang tepat untuk menggunakan Linux jadinya kenangan menyebalkan itu menjadi pembelajaran yang sangat berarti.

Intinya sih PC lama lebih mudah menyesuaikan diri dengan Linux. Netbook Lenovo yang kecil itu memang sedikit menyulitkan untuk menggunakan Ubuntu. Resolusinya kurang sempurna dan membuat kita melihat Ubuntu tidak cantik di layarnya.

Jolicloud sebenarnya tetap menjadi distro yang penuh dengan kenangan. Tetapi karena pas mengganti netbook ke PC kemudian tak menemukan CD installer Jolicloud akhirnya menggunakan Ubuntu saja lagi. Walaupun pernah juga menggunakan Kubuntu dan puas juga. Cuma karena sejak awal mengenal Linux yang saya gunakan adalah Ubuntu, jadinya Ubuntu punya tempat spesial di dalam kehidupan saya. Inilah Linux yang pertama kali saya install di perangkat milik saya beberapa tahun yang lalu.

Semenjak menggunakan Ubuntu bertahun-tahun, saya semakin terbiasa dengan aplikasi di dalamnya. Apalagi Ubuntu sendiri punya 'playstore'-nya. Jadi untuk menginstall apa pun tidak sulit. Jangan tanyakan bagaimana kode untuk menginstall aplikasi melalui terminal sebab saya sendiri menggunakan 'Ubuntu Software Center' untuk mendapatkan aplikasi yang saya butuhkan.

Berpindah dari Windows ke Linux sebenarnya tak ada kesulitan yang berarti sebab yang saya butuhkan dimiliki keduanya. Saya hanya butuh PC buat ngeblog. Jadi saya butuh Chromium, Open Office atau LibreOffice, sebagai hiburan saya menggunakan VLC untuk memutar lalu favorit.


Bagaimana denganmu? Sudah pake Linux?

@honeylizious

Followers