19 Februari 2014

2 Langkah Menghadapi Komentar Buruk


Di dalam kehidupan ini kita tentunya tak akan pernah bisa lepas dari komentar orang. Untungnya saya orangnya bukanlah orang yang aktivitas sosialnya tinggi. Saya jarang dekat dengan orang. Orang yang benar-benar dekat dengan saya di dunia ini dapat dihitung dengan jari. Sebab saya lebih suka dekat denga sedikit orang tapi bisa memberikan perhatian sebanyak mungkin pada mereka. Semenjak menikah dapat dikatakan 90% saya bersama suami. Sisanya kalau tak sendirian ya berdua dengan PC. Hehehe...

Bicara soal komentar orang memang ada yang baik ada yang buruk. Sebenarnya mau baik atau buruk tak perlu terlalu kita dengarkan. Terutama yang buruk. Sebab itu bisa membuat kita down atau sebal. Jadi mudah saja menghadapinya.

  1. Abaikan
    Mengabaikan komentar orang di dunia nyata kita tinggal jauhi saja orang-orangnya. Lalu buat di dunia maya sih tinggal tutup semua aksesnya menuju dirimu. Unfriend di facebook (kalo kurang puas bisa diblokir), unfollow atau blokir twitternya, di blog bisa menggunakan kotak komen yang dimoderasi walaupun masih berisiko dia akan meninggalkan komen yang masuk ke dashboard dan kita masih bisa membacanya. Makanya untuk blog saya menggunakan kotak komen Livefyre yang bisa membuat kita memblokir orang untuk tidak bisa berkomentar selamanya di kotak komen tersebut. Sebab kita hanya akan mengabaikannya jika kita tak membaca atau mendengarkannya bukan?
  2. Hidup itu indah
    Lihat ke dalam kehidupanmu. Lihat orang yang menyayangimu di dunia ini. Hidup ini indah bersama mereka. Nikmati. Kamu memang tak bisa membuat orang berhenti mengomentari apa yang kamu lakukan di dunia ini. Tapi satu hal yang pasti kamu bisa menikmati kehidupanmu dengan cara yang kamu suka. Capek lo hidup harus memikirkan 'bagaimana komentar orang nantinya'. Hidup itu bukan facebook yang menyediakan kotak komentar untuk setiap hal yang kamu posting di sana. Hidup itu indah. Ingat itu selalu. Terlalu memikirkan pendapat orang itu melelahkan. Percayalah....


Seandainya teman-teman punya pendapat sendiri mengenai 'cara menghadapi komentar buruk' orang lain mengenai kita bisa tinggalkan komentar di sini.

@honeylizious

Followers