30 Desember 2013

Telur Sambal


Saya sebenarnya tak pernah belajar memasak secara khusus dan ibu saya tak pernah mengajari saya secara khusus pula. Saya waktu kecil dulu sering membantu Uwan (nenek) saya memasak di rumah. Entah itu bagian menumbuk-numbuk atau memotong-motong sayuran. Dari banyak latihan memasak tersebut saya bisa menarik kesimpulan untuk cara membuat masakan yang seperti sekarang saya buat. Satu di antaranya telur sambal ini.

Telur sambal ini dibuat dengan cara yang sangat mudah. Apalagi jika teman-teman di rumah sudah punya cabai kering yang dihaluskan dan dibumbui. Ini cabai kering yang saya gunakan memang sudah dihaluskan dengan ditumbuk manual sebelumnya. Kemudian ditumis dan diberi terasi di dalamnya. Sehingga bisa digunakan untuk memasak makanan apa pun yang ingin dibumbui dengan sambal tersebut.

Paling sering sih saya gunakan untuk membuat nasi goreng kampung khas Uwan saya. Sambal ini memang resep turun-temurun keluarga dan banyak keluarga di Jawai yang punya resep serupa. Mereka menyebutnya 'sambal bajak'. Ada pula di beberapa tempat yang menyebutnya 'sambal bejek'.

Untuk membuat telur sambal saya hanya menumis potongan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay, setelah harum saya tambahkan sambal bajak yang sudah disiapkan sebelumnya. Ditambah segelas air. Kemudian telur diceplok satu-persatu ke dalam sambal yang sudah mendidih tersebut. Kasih sedikit garam dan gula sesuai selera. Jadi deh. Mudah bukan?


Saya sebenarnya tak pinter masak, ini hanya masakan sederhana yang bisa saya temukan di rumah Uwan saat kecil dulu. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers