30 Desember 2013

Sayur Sop Jamur Hitam


Saya selalu suka dengan jamur. Dulu Uwan (nenek) sering meminta saya mengambil jamur yang tumbuh di kayu-kayu lembab di samping rumah. Warnanya putih susu dan saya selalu membayangkan rasa jamur yang Uwan masak dengan potongan cabai itu. Rasanya sedap sekali. Sayang suami bukan pecinta jamur sehingga dia tak terlalu tertarik untuk meminta saya memasak sayuran jamur di rumah. Tapi tetap saja saya tergoda untuk membeli jamur. Kali ini yang saya beli jamur hitam yang kering.

Jamur kering seperti ini bisa disimpan di rumah lebih lama dibandingkan jamur yang masih basah dan harus segera dimasak. Di dalam kulkas saya menemukan beberapa sayuran lain yang bisa dijadikan teman jamur hitam ini. Saya memasaknya menjadi sop. Sop jamur hitam dengan kentang dan brokoli. Kentang saya potong dadu dan brokoli saya potong sesuai selera saya saja. Jamur dan kentang saya rebus lebih lama sebelum memasukkan brokoli. Supaya kentang dan jamurnya benar-benar masak. Brokolinya juga tetap garing.

Untuk bumbunya saya menyiapkan potongan bawang merah, bawang putih yang saya tumis hingga kecoklatan. Sambil merebus saya memasukkan seujung sendok lada putih. Setelah diberi bumbu jamur yang mengandung garam, saya memasukkan bawang goreng beserta sedikit minyaknya. Diaduk merata lalu diangkat setelah mendidih. Tak ada kaldu ayam yang saya gunakan untuk sayuran sop ini. Tapi ternyata tetap enak dan semua tamu yang datang ke rumah menyukainya. Ini masakan yang sangat sederhana dan saya yakin banyak ibu rumah tangga pemula seperti saya yang bisa menyediakannya. Ini bahkan lebih mudah dari membuat telur sambal yang saya hadirkan sebelumnya. Ini bahkan lebih mudah dari membuat telur sambal yang saya hadirkan sebelumnya.

Selamat mencoba.


@honeylizious

Followers