29 Desember 2013

Sawi dan Tomat Tumis Teriyaki


Menyediakan berbagai saus yang bisa digunakan sebagai bumbu di rumah sangat berguna untuk ibu rumah tangga pemula seperti saya. Sebab dengan menyediakan entah saus tiram atau saus yang lain saya memudahkan urusan masak-memasak. Jadi tak ada masakan yang sama setiap kali menyediakannya buat suami dengan bahan yang sama dengan yang kemarin. Apalagi jika ibu rumah tangganya seperti saya yang suka membeli sayuran untuk edisi satu minggu.

Paling sering saya menyediakan brokoli, kembang kol, buncis, tomat, dan kentang. Semuanya bisa disimpan sampai seminggu sehingga saya tak perlu repot bolak-balik pasar untuk membeli sayuran. Apalagi tukang sayur lewat saat saya belum siap untuk berlari keluar dari pintu dan memintanya berhenti.

Keajaiban saus yang saya sediakan tersebut satu di antaranya adalah saus teriyaki. Jadi saat ada sawi dan tomat, saya jadikan sayur tumis lalu ditambahkan satu sachet saus teriyaki. Memberikan rasa yang berbeda untuk sayuran ini. Bukan ditumis biasa yang membuat suami bosan. Ya pastinya suami tak ingin menemukan sayuran itu-itu saja modelnya di meja makan bukan. Beruntungnya suami saya tak pernah protes mengenai hal tersebut. Sehingga menyediakan sayuran yang sama dengan kemarin tetap dimakan sampai habis.


Saus praktis membuat masakan yang saya masak berbeda sekali dengan yang sebelumnya saya sediakan. Walaupun kadang sayurnya itu lagi itu lagi. Hari ini misalnya saya memasak capcay dengan saus tomat, besoknya capcay dengan saus tiram, besoknya lagi capcay dengan saus teriyaki. Begitu terus sampai semua sayurannya khatam kami makan. Hehehehe....

@honeylizious

Followers