10 Januari 2014

Resep Kuliner: Bola-Bola Mie, Wortel dan Daging Ayam




Sudah lama sekali ya rasanya tak menghadirkan resep makanan di sini. Seharusnya lebih sering lagi membuat resep makanan percobaan yang saya hasilkan di dapur. Apalagi sekarang sudah ada satu orang yang akan menjadi tukang icip-icipnya. Baiklah kali ini ingin berbagi resep masakan sederhana yang sangat mudah dibuat di rumah. Saya yakin hampir setiap orang pernah membuat makanan yang satu ini. Hanya bentuknya yang sedikit berbeda.

Saya menyebutnya bola-bola mie ayam. Sebenarnya lebih tepat disebut sebagai bola-bola mie, wortel, dan daging ayam. Sebab menggunakan bahan-bahan tersebut.

Berikut bahan-bahannya:
2 butir telur
sebungkus mie instant apa saja
1 buah wortel
1 potong daging ayam seukuran tiga jari, kalau suka bisa tambahkan lebih banyak

Cara membuatnya:
Rebus mie setelah diremukkan. Kemudian tiriskan. Setelah itu potong wortel sesuai selera. Cincang daging ayam. Saya lebih suka menggunakan daging ayam yang sudah direbus sebelumnya supaya tidak perlu khawatir daging ayamnya masih mentah saat diangkat dari penggorengan. Kocok dua butir telur dengan bumbu mie instant. Setelah tercampur masukkan mie instant yang tadi ditiriskan + wortel + daging ayam cincang. Aduk rata.


Siapkan penggorengan yang berbentuk cetakan bulat. Masukkan minyak goreng. Saat minyak masih dingin taburkan tepung roti kalau suka. Tepung roti gunanya untuk membuat luar bola-bola mie menjadi lebih garing. Lalu masukkan adonan bola-bola mie sambil diputar-putar hingga menjadi bola. Mirip dengan takoyaki sih jadinya. Tapi saya lebih suka yang ini. Ada daging ayam dan wortelnya. Apalagi bagian luarnya crispy.


Bola-bola mie dapat disajikan dengan saos sambal. Satu resep ini untuk satu piring bola-bola berjumlah 15 biji. Selamat mencoba.

@honeylizious

Followers