28 Desember 2013

Ngomongin Soal Hasilkan Uang dari Blog (1)


Honeylizious.com – Siapa sih yang tak ingin hasil kerja kerasnya menghasilkan tulisan di blog dihargai? Apalagi dalam bentuk rupiah. Setiap orang punya caranya masing-masing untuk menghasilkan uang dengan tulisannya. Kalau melihat belasan tahun ke belakang. Sudah lebih dari 19 tahun sebenarnya saya berlatih menulis.

Saya akan tetap menyebutnya proses berlatih. Sebab menulis itu adalah kegiatan berlatiha tanpa henti. Mau dikatakan mahir, senior, tingkat lanjut, berbakat, apa sajalah namanya, proses menulis tetap sebuah proses pembelajaran yang panjang dan tak akan ada habisnya. Sampai tua nanti saya rasa saya tetap akan berlatih menulis. Selama saya masih bisa mengetikkan jemari ke papan ketik.

Tak terbayangkan puluhan tahun lagi saya sudah berubah jadi nenek-nenek. Kulit keriput. Beruban. Gigi copot. Dan saya masih melakukan kegiatan yang sama. Menulis. Saya yang berusia 8 tahun, waktu itu, yang masih terkagum-kagum dengan dongeng yang dimuat di majalah Sahabat Pena, hanya ingin menulis. Tak ada yang lain yang terpikirkan di dalam kepala saya. Tak terbayangkan bahwa dengan menulis saya akhirnya punya sumber rezeki yang alhamdulillah bisa menghidupi saya sampai sekarang.

Padahal saya yang berusia 8 tahun waktu itu tak mengerti soal honor menulis di majalah. Kagum sekali dengan orang-orang yang bisa memuat tulisannya ke dalam majalah. Terbit. Kemudian tulisannya melang-lang buana. Saya pikir menulis dongeng akan sangat keren. Jadi latihan saya yang pertama dulu adalah menulis dongeng. Dongeng tentang putri yang baik hati dan pangeran yang tampan. Selalu begitu.


Saya juga menulis sesuka hati. Mau dibilang tulisannya jelek. Bagus. Saya tetap tak berhenti menulis. Bosan. Lelah. Tetap saya usahakan sempat menulis satu dua postingan di blog ini. Kalau dulu, satu dua halaman di kertas bekas yang saya kumpulkan dan jadikan 'kitab' tulisan-tulisan saya.

@honeylizious

Followers