30 Desember 2013

Ngapain Ngeblog?

Judul tulisan ini sebenarnya kalimat seorang teman. Kalimat pertanyaan lengkapnya adalah 'ngapain ngeblog nggak menghasilkan uang juga'. Waktu itu saya geram mendengarnya. Sebab saya sejak awal ngeblog bukan karena ingin dapat uang seperti kebanyakan blogger yang disebut mastah atau master oleh blogger lainnya. Saya ngeblog karena saya suka menulis.

Sesederhana itu. Saya suka. Habis perkara. Ini bukan soal uang. Bukankah setiap orang punya hobi di dunia ini. Untuk hobi kita biasanya rela menghabiskan uang, waktu, dan tenaga. Tak peduli hobi itu memberikan keuntungan atau tidak buat kita. Kita menyukainya. Makanya kita lakukan dan berkorban demi hobi tersebut.
Saya bertanya-tanya di dalam hati waktu itu. Apakah semuanya memang harus dinilai dengan uang? Kalau semuanya harus dinilai dengan uang dapat dipastikan tulisan di blog ini tak akan sampai pada angka ribuan. Sebab 90% postingan di sini tidak ada nilai uangnya. Hanya catatan kehidupan yang ingin saya tinggalkan kepada anak-cucu saya nantinya.

Ngapain ngeblog kalau nggak ada uangnya?

Saya suka menulis. Selain itu saya ingin punya kenangan. Suatu hari anak-cucu saya akan mengenang saya lewat semua tulisan yang saya tinggalkan. Saya akan terus hidup melalui tulisan-tulisan di sini. Dibandingkan menuliskannya dengan pena dan kertas menulis secara digital tentu saja akan lebih aman. Tak akan menghilang dengan mudahnya.

Walaupun ternyata sumber uang memang berasal dari sini. Dari tempat yang saya pikir hanya akan saya isi dengan kenangan untuk masa depan. Sekarang saya tak hanya akan menjawab saya ngeblog karena ingin mencatat sejarah saya, namun ngeblog juga ada kok uangnya kalau mau kerja keras di dalamnya.

Jangan harap satu dua hari setelah membuat blog dengan satu dua tulisan lalu menghasilkan uang. Kalau tak dapat uang dari satu dua tulisan itu kemudian membuat kesimpulan dalam bentuk pertanyaan pada orang yang terus setia dengan blognya.

"Ngapain ngeblog nggak juga menghasilkan uang?"

Saya ngeblog dan berhasil dapat uang di dalamnya walaupun tujuan saya bukan itu sebenarnya.

@honeylizious

Followers