29 Desember 2013

Menyelesaikan Draft


Setiap kali masukin tulisan baru di blog saya suka mandangin jumlah draft yang semakin bertambah. Mendekati angka 100 sekarang. Itu pun karena banyak di antaranya yang sudah saya selesaikan menjadi tulisan dan dipublikasikan. Makanya sekarang yang harus saya lakukan adalah menulis lebih banyak sesuai dengan draft yang sudah saya sediakan di dashboard. Apalagi banyak di antara draft tersebut hanyalah tulisan yang baru ada judulnya. Daripada saya kemudian lupa dengan isi tulisan tersebut memang saya lebih baik menyelesaikannya saat saya mulai ingat apa yang harus saya masukkan di sana.

Mulai sekarang saya akan menyelesaikan paling tidak satu draft setiap kali memutuskan akan membuat tulisan baru. Supaya tak ada lagi draft yang terbengkalai di sana. Termasuk draft cerbung yang belum saya selesaikan. Kalau berkaitan dengan cerbung biasanya sudah mulai kepikiran soal 'eh bagus nggak sih' atau 'kok gini ya?' bisa jadi juga begini 'iiih apa deh ini yang saya tulis'.

Setiap hari adalah tantangan. Walaupun sekarang tantangannya lebih ringan dari sebelumnya. Targetnya menulis novel belum dilaksanakan. Masih menyusun kesehatan di tubuh yang gampang sekali sakit ini dan masih belum bisa mengurangi jadwal siaran lagi hingga jadi satu minggu satu kali saja supaya bisa lebih fokus menulis novelnya. Nanti kita pertimbangkan lagi soal itu. Kalaupun tidak berarti akan ada hari saya lebih banyak kegiatannya di luar dan di rumah dalam satu hari. Semoga tidak sakit.


Saya yakin banyak blogger di luar sana yang juga memiliki masalah yang sama dengan saya. Punya draft yang tak kunjung diselesaikan dan segera dipublikasikan. Yuk beres-beres isi dashboard.

@honeylizious

Followers