14 Januari 2014

Mempersiapkan Pernikahan (2)


Sekarang kita ke bagian ke-2. Buat yang memang membutuhkan bagian 1 silakan baca dulu baik-baik persiapan pernikahan yang sudah saya tuliskan. Di bagian kedua ini saya ingin menyarankan buat teman-teman yang akan mempersiapkan pernikahan untuk menyegerakan imunisasi tetanus untuk calon pengantin perempuan. Ini memang khusus untuk sang perempuan. Pihak laki-laki tidka perlu. Suntik ini bisa dilakukan di puskesmas mana saja. Sudah tersedia kok dan apabila memang menikahnya di kabupaten yang berbeda dengan domisili mempelai wanita, mau tak mau harus mempersiapkan surat keterangan dari puskesmas setempat.

Waktu itu memang ibu saya yang ribet banget mengurus semua suratnya karena tak memungkinkan bagi saya untuk bolak-balik kampung saya di Jawai terus kembali lagi ke Pontianak. Duh kalau memikirkan itu rasanya tak tega dengan ibu saya. Untungnya dia sudah punya sepeda motor dan bisa ke mana-mana menggunakan sepeda motornya dan semua tempat yang harus dia datangi tidak begitu jauh jaraknya. Masih memungkinkan untuk ditempuh walaupun jalannya banyak yang berlubang.

Waktu saya membawa surat keterangan dari Puskesmas Jawai Selatan, saya dilayani kok di Puskesmas yang kami datangi di Pontianak. Karena bukan warga Pontianak saya diminta membayar, kalau tak salah waktu itu hanya Rp10.000. Murah kok kalau memang pada akhirnya bayar. Jika memang warga Pontianak tak perlu bayar imunisasinya di Puskesmas. Diberikan secara gratis.

Imunisasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin supaya nantinya saat duduk bersanding di pelaminan mempelai wanitanya tak ada keluhan mengenai bekas suntikan di lengan atasnya dekat bahu.

Kemudian yang juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari adalah makanan untuk resepsi. Saya beruntung. Punya mertua yang pintar masak. Punya 5 anak perempuan lagi mertuanya. Jadinya urusan makanan sudah mereka semua yang urus. Apalagi saya orangnya tak mau banyak cingcong. Paling penting makanan yang disediakan enak. Apa pun itu. Tak perlu pilah-pilih menu. Di resepsi pernikahan kami ada empat jenis makanan yang tersedia. Bakso, nasi lengkap, sop kikil, dan bubor paddas. Bubor Paddas disediakan sebab saya memang berasal dari kabupaten yang terkenal dengan bubor paddasnya. Kabupaten Sambas.


Kalau ingin lebih praktis memang gunakan jasa tukang masak. Ibu mertua saya kebetulan memang seorang tukang masak jadi kalau memang belum mendapatkan tukang masak yang tepat silakan hubungi saya untuk menggunakan jasa mertua saya yang masakannya sudah tak diragukan lagi. Sangat enak dan paling penting lagi teman-teman tak akan menemukan yang namanya daging keras di dalam pernikahan.

@honeylizious

Followers