27 Januari 2014

Mau Blog Gratis?


Sebenarnya waktu itu saya sudah menuliskan caranya di grup yang memang banyak anggotanya ingin membuat blog secara gratis. Seperti kita tahu penyedia blog gratis memang banyak dan dua di antaranya adalah blogger.com dan wordpress.com. Terserah mau pilih yang mana, saya sendiri pernah menggunakan keduanya dan merasa lebih nyaman menggunakan blogger.com. Kalau yang gratis akan ada embel-embel blogspot.cpm di belakangnya. Berbeda dengan domain berbayar yang urlnya akan jauh lebih pendek tanpa blogspot.

Karena banyak yang ingin memiliki blog gratis tapi mengaku kesulitan untuk membuatnya sendiri. Padahal membuatnya tak butuh waktu lebih dari 5 menit. Jika memang memiliki jaringan internet yang mumpuni. Baiklah karena saya pikir tak ada salahnya membantu orang lain, silakan buat teman-teman yang ingin dibuatkan blog yang numpang ke blogger dan akan ada blogspot.com di belakangnya bisa langsung menghubungi saya. Tak ada bayaran yang saya kenakan untuk membuat blog gratisan ini.

Hanya membuatkan ya. Untuk tata letak dan yang lainnya bisa dipelajari pelan-pelan sendiri di rumah dengan membaca beragam tutorial. Saya dulu memang tak membaca tutorial waktu pertama kali membuat blog. Sebab tak menyangka bahwa akan banyak sekali orang yang akan menerangkan tentang cara membuat blog sampai tetek-bengek editing html buat mengubah template. Dari yang sederhana tutorialnya sampai yang paling rumit. Semuanya bisa dipelajari. Pelan-pelan mempelajarinya supaya lebih enak. Jangan tergesa-gesa.


Saya masih membuat target menulis walaupun di blog tak ada target menulis secara khusus. Beberapa kali akan berusaha menulis dalam 'broken English' semoga nantinya saya benar-benar bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. InsyaAllah yang benar juga. Tidak hanya menulis tapi juga percakapan dalam bahasa Inggris secara aktif. Masih rencana buat melanjutkan kuliah ke ABA dan menjadikan impian kecil dulu sebuah kenyataan.

@honeylizious

Followers