30 Januari 2014

Lagu Jalan Rusak dari Wilayah Timur Kalimantan Barat






Masih dari kawasan Pontianak, Kalimantan Barat. Dari Bumi Khatulistiwa ini saya ingin mengabarkan bahwa jalan lintas negara di wilayah timur kami yang menghubungkan Indonesia dengan Malaysia masih hancur lebur. Sementara jalan di Jakarta berlubang sedikit langsung diperbaiki. Saya tak mengerti siapa yang harus kami hubungi untuk perbaikan jalan ini. Sebab masyarakat sudah demo di depan Kantor Gubernur dan tak ada perubahan. Barangkali beliau tahu masyarakat juga butuh makan dan istirahat. Tak mungkin 24 jam setiap hari akan muncul di depan Kantor Gubernur Kalimantan Barat untuk mendemo hasil kinerja beliau.





Disampaikan ke twitter presiden pun tak ada tanggapan. Malah yang ada orang-orang yang mengatakan bahwa saya salah telah mengabarkan hal tersebut kepada beliau dan juga pada istrinya. Pertama saya ingin mengatakan saya bukan ingin mengeluh. Tapi menunjukkan pada orang yang sekarang berada di tampuk pemerintahan tertinggi mengenai jalan lintas negara yang ada di Kalimantan Barat seperti itu keadaannya. Pak SBY tentunya punya kuasa untuk memerintahkan pada orang yang mengemban tugas untuk memajukan Kalimantan Barat agar memperbaiki jalan tersebut.

Kalau jalan itu baru rusak kemarin, wajar saja hari ini belum ada perbaikannya. Ini sudah tahunan. Bahkan sejak saya masih kecil jalan itu sudah rusak. Bagaimana ceritanya sampai sekarang saya sudah menjadi ibu rumah tangga jalan itu malah semakin rusak? Jalan tersebut sebelumnya tidak berbentuk tanah kuning lumpur seperti itu. Pernah ada batu dan aspal di sana. Pernah mulus jalan itu dulunya. Saat truk pembawa hasil tambang dan perkebunan tidak melewatinya dengan bebas seperti sekarang ini. Hasil bumi kami dikeruk dan yang tersisa buat kami hanya tanah berlumpur.

Nyawa adalah taruhan bagi setiap orang yang datang ke sana. Saya rasa jika se-Indonesia mengumpulkan dana Rp1.000 saja, dana yang terkumpul sudah lebih dari cukup untuk memperbaiki jalan tersebut. Membangun jalan yang lebih layak dan tidak membahayakan banyak orang. Barangkali karena jalan ini tidak merugikan negara jika dalam keadaan rusak. Berbeda dengan jalan yang lain yang ada di luar Kalimantan. Negara tidak rugi, tetapi pertimbangkan kerugian masyarakat yang tinggal di sini.

Dari sini kami kirimkan lagu untuk para pemimpin negeri ini yang membutakan matanya sendiri atas masalah yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Masalah yang sudah mengakar sejak dulu. Ini jalan lintas negara. Banyak kendaraan yang menggunakan jalan ini. Banyak masyarakat yang tinggal di sini. Kalimantan Barat juga Indonesia. Buatlah kami merasa bahwa kami memang berhak mendapatkan jalan yang lebih baik dari ini.

Jika teman-teman ingin menyumbang proyeknya ada tautan ini. Silakan klik di sini.

@honeylizious

Followers