26 Desember 2013

Kalau Tak Ada Ide


Honeylizious.com – Biasanya kalau sudah butuh banyak ide dan rasanya bingung mau menulis apa lagi. Kadang kebanyakan mikir soal pendapat orang mengenai tulisan kita juga membuat kita bingung ide mana yang paling sesuai untuk kita tuliskan. Ide mana yang bisa membuat orang mendapatkan manfaat, padahal orang pertama yang harus kita berikan manfaat adalah diri kita sendiri.

Namun kalau memang butuh tulisan yang banyak. Katakanlah puluhan biji, yang bisa saya lakukan adalah membuat tulisan fiksi yang tak akan basi sepanjang masa, tanggal berapa pun saya menyimpannya atau memundurkannya tak ada masalah. Berbeda dengan tulisan mengenai tema yang sedang uptodate. Beda tanggal beda ceritanya. Apalagi kalau menulis soal pergantian tahun yang akan basi ditulis lewat dari awal Januari.

Begitu juga persiapannya akan jauh lebih basi jika muncul pada tanggal sudah tak merayakan pergantian tahun lagi. Belum lagi dihiruk-pikuknya pro dan kontra perayaan tahun baru. Saya tidak merayakan tapi juga tidak mengecam orang yang merayakan. Selama yang dilakukan itu baik, mengapa tak membiarkan saja. Misalnya merayakan dengan berdagang terompet yang bisa membuat pundi-pundi rezeki keluarga mereka menggendut. Atau ada yang berdagang makanan dan minuman untuk orang-orang yang datang menyaksikan kembang api.

Walaupun saya sangat tidak setuju dengan penggunaan kembang api dan petasan. Selain berbahaya juga sangat mubazir, berapa banyak uang yang dibuang begitu saja. Sementara banyak orang lain yang jangankan buat merayakan pergantian tahun, memikirkan makan saja tak berani sebab takut besok tak bisa makan nasi.


Kehabisan ide memang selalu bisa menjadi ide yang ditumpahkan dalam bentuk tulisan. Apalagi kalau benar-benar kehabisan, saya malah bisa membuat cerbung yang panjang.

@honeylizious

Followers