23 Januari 2014

Cara Memasukkan Postingan di Blog


Sebenarnya antara percaya dan tak percaya saya membuat postingan ini. Tapi percaya atau tidak, masih banyak ternyata blogger pemula yang sama sekali tak tahu cara memasukkan postingan di blog miliknya. Sama lucunya mengingat diri saya beberapa tahun lalu yang ngambek ngeblog karena tak tahu caranya memasukkan gambar ke dalam postingan di blog pertama saya. Padahal yang seharusnya saya lakukan adalah menemukan tutorial blog menggunakan mesin pencari. Tinggal ketik kata kunci yang kita butuhkan di Mbak Google. Maka keluarlah tutorial yang sesuai. Memang dulu saya tak pernah terpikir sama sekali untuk bertanya pada mesin pencari.

Saya hanya bingung dan bingung. Sebab selama saya ngeblog pertama kali tak ada satu blogger pun yang saya kenal. Tak ada satu orang pun yang bisa mengajari saya. Akhirnya blog itu pun saya tinggalkan. Tanpa pernah tahu caranya menghapus akun blog tersebut. Hahahaha...

Baiklah pembukaan yang cukup panjang untuk sebuah tutorial yang sebenarnya cukup singkat. Sengaja sih biar postingannya panjang. Sesuai dengan target menulis yang diinginkan. Tak hanya mengisi postingan di blog ini dengan gambar lalu beberapa patah kata saja.

Kalau teman-teman menggunakan blogspot alias blogger milik Google maka inilah postingan yang sangat sesuai buat teman-teman baca. Jika bukan blogspot melainkan wordpress maka saya ragu postingan ini akan menjawab pertanyaan teman-teman mengenai 'bagaimana caranya memasukkan tulisan di blog?'.



Pertama yang harus dilakukan tentu saja masuk ke dashboard teman-teman. Lalu temukan bagian kiri atas yang bertuliskan 'new entry' atau bisa juga klik gambar 'pensil'. Keduanya sama-sama akan membuat teman-teman membuka halaman yang berisikan formulir untuk memasukkan tulisan. Tinggal masukkan judul dan tulisan. Lalu tekan publikasikan. Apabila ingin memberi tulisan tersebut label bisa pilih di bagian kanan atas. Di bawah 'setelan entri'. Demikian. Mudah bukan?

@honeylizious

Followers