31 Desember 2013

Menengok Setahun Ke Belakang

Sebelum bersuka cita karena diberikan usia yang panjang dan bertemu dengan tahun selanjutnya mendingan kita menengok ke belakang. Memang sebentar lagi tahun 2013 hanya tinggal kenangan. Namun bukan berarti tak ada pembelajaran di dalamnya. Barangkali banyak kesalahan yang telah kita lakukan selama setahun dan jangan sampai tahun berikutnya kita ulang kembali. Melihat pula barang yang telah kita beli dan tak terpakai selama setahun. Itu tandanya tahun berikutnya tak boleh lagi menumpuk belanjaan. Ada juga banyak barang tak terpakai yang sebaiknya disedekahkan. Masih banyak lain yang bisa kita tengok ke belakang. Kita jadikan pembelajaran. Semoga tahun berikutnya kita bisa menjadi individu yang lebih baik lagi. Amien.

Cop In Tokyo

Akhirnya punya pilihan komik baru walaupun bukan baru terbit melainkan bahan sewaan baru yang bisa saya nikmati. Judulnya 'Cop In Tokyo'. Hanya sewa dua buku takutnya nggak cocok. Eh saat membacanya langsung suka. Ceritanya rasanya memiliki warna dengan Great Teacher Onizuka. Walaupun Great Teacher Onizuka saya tidak membaca komiknya melainkan menonton film yang dibuat berdasarkan komik tersebut. Tapi tokoh di dalam komik Cop In Tokyo serupa dengan Onizuka di dalam Great Teacher Onizuka. Bedanya hanya satu guru dan satunya polisi. Nanti kalau sudah banyak yang saya baca saya cerita deh isinya.

Mie Ayam Mamang Slamet

Mie ayam ini bisa ditemukan di depan Telkom Tebas. Selain mie ayam ada juga bakso. Rasanya enak dan yang menarik dari mie ayam ini adalah mentimun yang dijadikan acar dan dipotong-potong dan ditaroh di atas mie ayam. Sambil menunggu bus yang menjemput untuk pulang ke Pontianak kami menikmati bakso dan mie ayam di sini. Tempatnya enak dan penjualnya ramah.

Sate Jalan Sumatera

Baru pernah singgah ke warung sate di Jalan M. Sohor atau Jalan Sumatera. Selama ini hanya lewat saja. Padahal jaraknya tak seberapa jauh dari tempat tinggal sebelumnya. Ternyata satenya enak sekali. Tidak kecewa singgah ke sini dan makan siang bersama suami.

Lontong Kuah Kacang dan Ayam Goreng Mertua

Sebenarnya setiap malam tahun baru tak ada yang istimewa. Mengingat saya memang sudah bertahun-tahun hidup sendirian di Pontianak. Apalagi saya bukanlah seperti orang kebanyakan yang rela mendatangi tempat wisata hanya untuk merayakan tahun baru. Apalagi ini hanya tahun baru masehi. Malam tahun baru kali ini pun saya lebih memilih mencuri waktu untuk mengisi postingan di blog. Bahkan saya membawa serta komik yang bisa dibaca.

Malam tahun baru kali ini dirayakan di rumah mertua yang sudah memasak makanan istimewa. Lontong kuah kacang dan ayam goreng. Rasanya ini adalah menu penutup tahun terenak yang pernah saya makan.

PDAM Pontianak oh PDAM Pontianak

Sejak jaman kuliah dulu membayar tagihan air adalah tugas bersama. Paling sering memperhatikan jumlah pemakaian memang saya sehingga dari kebiasaan tersebut saya bisa menarik rata-rata pemakaian satu orang setiap bulannya sekitar 3.000liter air. Seboros-borosnya pemakaian 4.000-5.000liter alias 4-5kubik. Pemakaian 5kubik sudah termasuk sangat boros.

Nah semenjak tinggal di rumah suami lebih dari dua bulan lalu pemakaian air kami memang normalnya 10kubik/bulan. Anehnya sudah dua bulan ini kami harus membayar pemakaian hingga 28kubik/bulannya. Padahal kadang-kadang saja ada famili yang datang.

Suami curiga dan memeriksa angka yang ada di meteran dan menemukan angka yang tak sesuai dengan yang tertera di kuitansi pembayaran. Ternyata selisih 8kubik. Jadi kami harus membayar 8kubik lebih banyak dari pemakaian seharusnya. Saat PDAM Pontianak didatangi ternyata alasan mereka karena mereka belum punya tukang catat meteran yang baru.

Tidak ada penggantian karena kesalahan mereka. Memang 8kubik itu tak seberapa nilai uangnya. Namun apakah begini wajah PDAM Pontianak? Seberapa banyak orang di luar sana yang mengalami hal yang sama bertahun-tahun dan tak menyadarinya karena tak mengecek meteran seperti suami saya?

Diare oh Diare

Hari ini sejak pagi tadi bahkan sebenarnya sejak kemarin hanya berbaring di ranjang. Sesekali bangun dan menuju WC untuk buang air. Sudah sejak Sabtu sebenarnya diare ini saya derita. Tapi Sabtu dan Minggu hanya buang air 2-3x sehari yang saya anggap masih normal. Saya anggap ini proses pembersihan usus dari sisa makanan yang terlambat dikeluarkan.

Hingga akhirnya Senin kemarin saya benar-benar tak berdaya. Bahkan tak mampu menyelesaikan siaran yang seharusnya saya isi selama 4jam. Saya sudah terlalu lelah dan kehabisan tenaga. Turun naik tangga buat mengejar ke WC dan buang air sampai rasanya tak ada lagi yang bisa saya keluarkan.

Inilah yang saya paling tak inginkan. Siapa pun tak ingin sakit. Apalagi sakit diare. Tambah lagi saya masuk angin hingga saya pun muntah-muntah. Berharapnya sih muntah-muntahnya karena ngidam. Tapi sepertinya bukan. Ini memang masuk angin biasa.

Semuanya berawal dari Jumat kemarin. Saya siaran sebenarnya hari Minggu, Senin, dan Selasa. Sehingga saya bisa memanfaatkan Rabu - Jumat untuk menyiapkan makanan di rumah. Namun karena ada teman yang ingin ganti jadwal, saya yang memang sejak Kamis sudah kelelahan dengan banyak aktivitas di rumah mau tak mau semakin kelelahan.

Karena lelah dan tak ada makanan di rumah yang siap dimasak seperti biasanya saya jadi masak mie instant. Memang saya kadang suka mules kalau makan mie tanpa nasi. Tapi tak berlangsung lama dan hanya satu hari itu saja. Pertahanan tubuh tak lagi cukup untuk berada di posisi sehat hingga akhirnya diare tak kunjung berhenti.

Dari kemarin saya minum madu dan rasanya memang jauh lebih baik. Sekarang diarenya sudah berhenti walaupun tubuh masih lemah dan hanya bisa ngeblog dari ponsel.

Pengen Inner Ninja Antem Pet


Honeylizious.com – Googling dengan kata kunci 'inner topi', sebenarnya dari banyak inner kerudung yang pernah saya pake saya paling suka yang ada 'topi'nya. Kesannya lebih rapih. Meskipun kebanyakan hijabers sekarang menggunakan inner bandana atau yang antem biasa yang nempel ke wajah saya masih suka sekali dengan inner yang ada topinya begini. Ternyata sudah lama sekali saya tak menggunakan inner seperti ini. Semenjak mengoleksi jilbab pashmina malah inner yang ada topinya menghilang entah kemana. Apalagi pindahan rumah beberapa kali.

Kebanyakan inner yang saya miliki yang model bandana itu. Jadi pengen bagian depannya tidak nempel di kening agak susah. Selalunya menempel dan memang saya merasa sendiri wajah yang membulat seperti milik saya jauh lebih cocok menggunakan dalaman kerudung yang ada topinya. Ternyata pas dicari menggunakan Google ternyata ada namanya, inner pet atau ada yang lain juga yang antem pet.


Harganya juga ternyata murah dengan bahan tidak tmbus pandang jadi mudah dikenakan. Rencananya mau beli banyak. Sekalian buat dikasih ke ibu saya di kampung. Lumayan bisa mengajari ibu sendiri menggunakan jilbab pashmina dan lebih rapi. Juga wajahnya yang bulat akan sangat cocok dengan dalaman seperti ini. Sudah mengirimkan pesan singkat untuk memesan ini melalui sebuah iklan yang saya temukan di internet tapi belum juga ada balasan. Kemungkinan sih liburan akhir tahun ya? Kita tunggu saja dan nantikan foto saya mengenakan jilbab dengan inner antem pet ini.

Bukankah Pontianak Punya Meriam Karbit?


Honeylizious.com – Bagaimana kalau mulai tahun ini kita merayakan tahun baru dengan dentuman meriam karbit saja? Selain melestarikan kebudayaan yang kita miliki tentunya ini tidak seperti petasan dan kembang api. Kekayaan budaya negeri kita jangan sampai kita lupakan. Walaupun saya tahu hingga hari ini meriam karbit masih menjadi andalan saat bulan puasa dan lebaran.

Meriam-meriam raksasa yang berada di pinggir sungai dan meledak bersahut-sahutan. Membuat suasana lebih terasa mau lebarannya. Walaupun sebenarnya saya lebih suka berada di rumah dan jauh dari letusan meriam karbit ini. Suaranya terlalu nyaring dan menakutkan bagi saya. Tak tahan untuk berada terlalu dekat apalagi terlalu lama.

Tapi dibandingkan menggunakan kembang api dan petasan yang tentunya harganya mahal. Bukannya lebih seru menggunakan meriam karbit? Apalagi dengan menyediakan meriam karbit komersil yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin ikut mencoba membakarnya bisa membuat pemilik meriam karbit mendapatkan penghasilan tambahan.


Ini hanya saran sih. Tak tahu apakah nanti akan ada yang membacanya di blog ini. Hehehe...

Tahun Baru Tanpa Petasan dan Kembang Api


Honeylizious.com – Saya yakin larangan penggunaan kembang api dan petasan sudah ada sejak lama. Sudah banyak pula musibah yang terjadi gara-gara dua benda ini. Tapi yang aneh adalah orang yang melanggar itu tak jarang juga pejabat pemerintah. Seperti di Pontianak beberapa waktu lalu. Saya tidak protes soal perayaan hari besar. Saya hanya protes perayaan hari besar yang menggunakan petasan dan kembang api. Apa pun perayaannya.

Mengapa harus menggunakan kembang api dan petasan? Selain mubazir uangnya. Bukankah itu juga berbahaya? Bagaimana kalau ada tempat yang terbakar gara-gara petasan dan kembang api tersebut? Apalagi dibakarnya di dekat jalan raya. Itu juga tak kalah berbahaya. Pernah terbayangkan jika kembang apinya meledak mengenai orang-orang yang sedang berkendara?

Bagaimana kalau mulai tahun ini kita merayakan tahun baru tanpa kembang api dan petasan? Saya sendiri sebenarnya tak merasa ada yang berbeda dengan hari-hari lainnya. Sama saja hari pergantian tahun di dalam hidup saya. Saya juga tak merayakannya. Sebab selama ini saya lebih suka sendiri dan menulis di kamar jika memang ada waktu luang. Kalau memang pada akhirnya berada di tempat umum dan ikut menyaksikan perayaan tahun baru ya memang sudah risiko keluar di malam tahun baru bukan?


Apalagi tahun ini sudah punya keluarga besar di Pontianak yang membuat acara syukuran sederhana di rumah mertua. Ada lontong dan lauk-pauk di sana. Kalau makan-makan sih saya tak keberatan. Berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar itu tentu sangat menyenangkan. Apa pun momennya. Saya sendiri tidak akan membeli kembang api dan petasan karena saya pikir buat apa bakar-bakar uang bukan?

Game Anak Berbahaya


Honeylizious.com – Selama ini saya memang tidak jago main playstation sehingga tak benar-benar pernah memperhatikan dengan baik apa saja yang menjadi permainan di playstation tersebut. Apalagi di rumah memang tidak ada PS, baik PS1 atau PS2 apalagi PS3. Setelah menikah ternyata di rumah suami ada PS. Tapi sebelum adik bungsu saya liburan ke sini suami tak pernah menggunakannya. Dia sendiri memang cukup sibuk dan tak punya waktu untuk bermain PS. Apalagi saya sendiri tidak terlalu tertarik untuk main PS. Jadinya PS di rumah dianggurin.

Sampai akhirnya Fahd datang ke Pontianak untuk liburan dan satu-satunya permainan yang bisa dimainkannya di rumah ya hanya PS itu. Saya tidak menemani sewaktu mereka membeli gamenya di toko. Lalu ketika sudah berada di rumah Fahd mulai memainkan game yang sudah dibeli. Satu di antaranya adalah Mortal Combat.

Untuk pertama kalinya saya menyadari betapa berbahayanya game ini. Kesadisannya yang tak henti-henti membuat saya bergidik ngeri. Beberapa kali saya harus dibuat terkejut dengan cara membunuh di dalam game tersebut. Tentu saja pada akhirnya saya harus melarang Fahd memainkan game yang berbahaya tersebut dan memintanya menggantinya dengan game yang lebih masuk akal untuk anak-anak. Seperti balap sepeda atau balap mobil saja.

Game anak yang saya pikir adalah hal yang menghibur anak-anak ternyata jauh sekali dari hal tersebut. Saat melihat isinya yang hanya mengejar musuh lalu membunuhnya dengan sadis. Padahal rasanya dulu saat melihat PS di rumah teman waktu kecil, mereka mainnya Mario Bros. Memang sudah lama sekali itu. Namun saya masih berharap adik saya memainkan game yang seperti itu.


Bukan game anak yang berbahaya.

Banyak Ide Dalam Waktu Singkat


Honeylizious.com – Untuk mendapatkan banyak ide untuk tulisan di blog dalam waktu singkat sebenarnya bisa mudah bisa juga susah. Bergantung pada diri kita sendiri. Tetapi keterdesakan biasanya bisa membuat seseorang mendapatkan banyak ide dalam waktu singkat. Apalagi kalau misalnya dirinya memang membutuhkan banyak ide tersebut. Contohnya seperti membuat tantangan untuk diri sendiri.

Bisa saja kita membuat tantangan menulis di blog sendiri dalam jumlah yang banyak sehingga kita harus mendapatkan banyak ide untuk blog kita. Sebab kalau kita membuat jadwal atau tantangan setidaknya kita punya target, punya tujuan. Kalaupun pada akhirnya target kita tidak tercapai seutuhnya. Kalau sudah bisa tercapaui setengahnya bukankah itu sudah cukup baik?

Mengumpulkan banyak ide dalam waktu singkat hanya masalah di dalam kepala kita sendiri. Jika kita mau menggunakan kepala kita untuk menemukan ide tersebut. Saya yakin ide sebanyak apa pun bisa kita dapatkan. Banyak sekali hal-hal yang bisa kita tuliskan. Barangkali menurut sebagian orang sangat sederhana. Tetapi tak ada salahnya menuliskan hal-hal yang sederhana.


Katakanlah akan adayang mengatakan tulisan tersebut terkesan seperti curhat colongan. Tetapi apa memang ada yang salah dengan yang namanya curhat? Selama tidak melanggar hukum negara dan hukum agama. Saya rasa kita berhak menuliskan ide apa pun yang kita pikirkan.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design