19 Desember 2013

Kecap Manis Favorit?


Honeylizious.com – Kecap manis kayaknya sudah bukan barang yang sulit ditemukan. Hampir setiap rumah punya kecap manis di dapurnya. Apalagi kalau yang suka memasak menggunakan kecap. Di rumah kami juga ada kecap manis. Kecap manis yang biasa dibeli memang kecap manis Bango. Namun beberapa waktu lalu saya juga ingin mencoba kecap manis ABC Black Gold. Ingin tahu perbedaan keduanya.

Sebab saya bukan koki yang handal. Tentunya dibutuhkan kecap manis yang benar-benar enak untuk menyediakan makanan yang enak pula di rumah. Walaupun Bango sudah cukup memuaskan untuk masakan apa pun yang saya masak, tapi setiap kali melihat iklan kecap manis ABC Black Gold yang ada di televisi saya selalu tergoda untuk membelinya.

Itulah fungsinya iklan. Memotivasi kita untuk membeli produk tersebut. Setidaknya mencicipinya dengan membeli satu kali. Kalau enak akan dibeli lagi. Kalau tidak enak ya tak akan dibeli. Nah nantinya kalau memang di antara dua kecap tersebut saya bisa memutuskan mana kecap yang saya lebih suka, akan saya tuliskan di sini.


Kalau teman-teman yang lain lebih suka kecap manis yang mana?

Belum Tiga Minggu Fair Usage-nya Habis


Honeylizious.com – Ternyata belum tiga minggu 6GB yang saya sediakan untuk paket internet Wigo WiMAX 4G sudah habis. Padahal pengennya masih menggunakan kecepatan up to 1Mbps untuk ngeblog dan semacamnya. Untungnya sih kecepatan Wigo WiMAX 4G ini masih 128Kbps meskipun kuota normalnya sudah habis. Jadi buat blogger yang lebih sering buka sosial media dan hanya ngeblog tidak terlalu terasa kecepatannya diturunkan.

Bulan depan akan dicek kembali penggunaannya. Apakah akan tetap tak bertahan sampai minggu ke-empat? Kalau memang tak sampai 4 minggu 6GB-nya habis terus harus ada pertimbangan untuk membeli paketan 8GB yang bayaranya 6 bulan sekali dengan harga perbulannya Rp220.000. Lumayan kan nambah 2GB.


Memang kecepatan 128Kbps sudah mencukupi untuk ngeblog. Namun kadang ada kalanya butuh kecepatan yang bagus untuk mengunduh sesuatu dengan cepat.

Mendadak Kangen Jawai


Honeylizious.com – Dari banyak tempat di dunia ini memang Jawai adalah satu-satunya tempat yang tak bisa saya datangi dengan alasan yang tak bisa saya ceritakan lebih panjang lebar di postingan kali ini. Biarlah alasan tersebut berada di postingan lama atau hati teman-teman yang pernah saya curhati beberapa tahun yang lampau.

Karena alasan tersebut sekarang tak ada lagi di sana. Sedang pergi ke negara tetangga akhirnya saya bisa datang dengan bebas lagi ke sana. Bersama keluarga suami, selengkap mungkin. Mumpung musim liburan. Dibandingkan liburan keluar provinsi yang dapat dipastikan butuh dana lebih buat tiket pesawat mendingan naik bus terus kita menuju Jawai Selatan.

Sebab ongkos busnya tidak kenal liburan atau hari kerja. Sama saja harganya selama harga BBM tidak mengalami kenaikan yang baru. Mendadak sudah tak sabar ingin segera tiba di sana. Main ke pantai bersama suami tercinta. Memperlihatkan kampung kelahiran dan juga tempat yang sering saya singgahi dulu. Bercerita panjang lebar untuknya.


Membuat dia mengenal diri saya yang masih kecil dulu. Yap! Jawai adalah tempat yang saya singgahi sejak lahir hingga tamat SMP. Lalu akhirnya saya berpindah-pindah tempat tinggal setelah itu. Sendirian.

Banyak Sedekah Banyak Rezeki


Honeylizious.com – Beberapa job yang datang akhirnya saya sebar ke beberapa teman yang lain. Memang nilainya tak seberapa. Bahkan terhitung kecil. Tapi kalau dilakukan berulang-ulang dan banyak jumlahnya pasti sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit bukan? Nah sekarang memang ada beberapa job yang akhirnya diserahkan pada teman-teman yang lain karena banyak juga yang belum punya penghasilan dari menulis.

Anggap saja sedekah secara tidak langsung. Sebab Umak selalu bilang banyak sedekah banyak rejekinya. Sedekah itu sebenarnya seperti kita habis panen kemudian sebagian rejeki yang kita dapatkan kita sebar lagi sebagai benih tanaman yang baru. Entah itu sebagian atau semuanya. Tuhan akan membalas semua yang kita lakukan dengan balasan baik yang berlipat ganda.

Kita melakukan dosa saja Tuhan masih memberikan oksigen, tanah, air, untuk kita. Apalagi jika kita menghabiskan harta di jalan yang Dia ridhai. Masih keberatan untuk sedekah?


Dari sedekah itulah saya kadang mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangka. Sedemikian banyak jumlahnya. Bahkan kadang sedekah itu dilakukan karena malu sama Allah. Kalau tidak sedekah kok kayaknya tidak mensyukuri nikmat yang dia berikan pada saya. Sedekah yuk!

Love Your Life


Honeylizious.com – Semua orang di dunia ini ingin bahagia. Tapi mengapa ada orang yang bisa merasakannya dan ada yang tak bisa? Padahal kadang kita melihat orang yang kehidupannya biasa saja. Tidak benar-benar berkelebihan bahkan tak jarang hidupnya penuh dengan kekurangan namun bisa hidup dengan tenang dan tersenyum ceria? Lalu ada orang yang hidupnya bergelimang harta tetapi masih saja merasa kekurangan dan tak tenang hidupnya?

Barangkali ada di antara kita yang kurang mencintai kehidupan kita sendiri. Berusaha melihat ke dalam kehidupan orang lain dan mengatakan bahwa mereka jauh lebih beruntung dibandingkan kehidupan kita. Lalu kita lupa bahwa sebenarnya ada orang yang hidupnya jauh tak beruntung dari kita. Bagaimana dengan hal itu? Apakah kita dengan mudah melupakannya?

Ada orang yang bisa mencintai kekurangan di dalam kehidupannya dan mensyukuri semua rezeki yang diberikan Tuhan. Tak ada kehidupan yang tak ada masalah di dalamnya. Sebab Tuhan menciptakan semua hal selalu ada lawannya. Ada bahagia dan ada duka. Tapi kita punya hak untuk menjalani kehidupan ini. Apakah dengan berbahagia atau terus berduka?

Saya juga pernah berada di posisi yang sama dengan banyak orang yang berdua dengan kehidupannya sendiri. Kemudian pengalaman yang saya lalui setiap hari hingga usia saya yang sekarang, saya baru sadar satu hal. Bahwa saya hanya bisa mencintai hidup saya dan menjalaninya terus hingga maut menjemput saya.


Pernahkah kamu kesal karena dirimu tak punya sepatu baru sama seperti temanmu yang lain? Tanpa menyadari bahwa ada orang yang bisa bersyukur dengan kehidupannya padahal dia sendiri tak punya kaki.

MLM yang Menakutkan


Honeylizious.com – Bisnis yang bermodal kecil dan mendatangkan keuntungan besar memang menjadi bahan yang mudah untuk 'dijual' pada banyak orang. Apalagi kalau orang ini sebelumnya belum pernah terjerembab pada 'money game'. Bagaimana orang menawarkan bisnis dengan mengatakan 'kita tak perlu jualan produk', 'bisa dapat untung besar dalam waktu singkat', dan masih banyak iming-iming lain yang membuat orang dengan mudahnya tergiur untuk mendapatkan keuntungan dari bergabung di bisnis tersebut.

Padahal yang namanya bisnis pasti ada perputaran barang atau jasa. Bisnis apa yang tak melibatkan barang atau jasa? Apa yang kita jual sebenarnya? Masa' hanya mencari downline sebanyak-banyaknya terus kita bisa kaya-raya. Untuk yang bergabung lebih dulu mungkin saja bisa untung besar. Apalagi sistemnya itu jaringan piramid yang membuat yang berada di bagian paling atas yang paling untung.

Lebih menakutkan lagi bisnis dengan sistem yang sama akan muncul lagi dengan nama yang diganti. Kalau dicermati kita akan sadar bahwa sebenarnya itu bisnis yang sama. Ganti nama. Ganti brosur tapi ujung-ujungnya membuat orang yang ingin cepat kaya terjebak di dalam sistemnya. Lebih parahnya lagi, kita yang bergabung terjebak, malah dibuat supaya bisa menjebak orang lain lagi.


Menakutkan bukan?

Blognya Kok Kayak Diary?


Honeylizious.com – Pertanyaan itu sebenarnya bukan komentar orang yang mampir ke blog saya. Sebab selama ini tak pernah ada seorang pun yang menyatakan demikian. Tetapi saya sendiri percaya bahwa ini memang diary saya. Diary yang saya buka untuk umum secara online. Persiapan untuk kenangan anak cucu saya nantinya. Suatu hari mereka akan mengenal saya dari sisi saya yang sekarang. Bukan yang masa depan. Saya yang berada di masa lalu juga pasti menjadi sebuah misteri bagi mereka jika saya tak meninggalkan catatan perjalanan kehidupan saya di blog ini.

Nah beberapa waktu yang lalu ada yang menanyakan pada saya bagaimana tanggapan saya jika ada yang mengomentari blog saya sebagai diary? Saya pikir dia yang bertanya ini memiliki sebuah blog. Lalu ada yang berkomentar 'blognya kok kayak diary?'. Lah saya rasa itu pertanyaan yang tak perlu ditanggapi. Setiap orang punya tujuan untuk ngeblog. Kalau dia lebih suka memperlakukan blognya sebagai diary ya tak perlu ditanyakan. Memangnya ada yang salah dengan hal tersebut. Selain blog ini dan blog teman saya tersebut serupa diary sebenarnya masih banyak lagi blog di luar sana yang memang dibuat seperti diary.

Toh yang bikin dia. Yang nulis dia. Yang meluangkan waktu untuk mengisinya juga dia. Saya rasa saya akan bilang pada orang yang mengomentari blognya tersebut seperti ini.

Suka-suka dialah mau bikin blognya jadi diary.”


Masalah buat loe? *benerin sanggul Soimah.

Menjadi Pemateri di Kelas Menulis?


Honeylizious.com – Sebenarnya ini cukup menakutkan buat saya. Saya bukan orang yang cukup percaya diri untuk berbicara di muka umum. Apalagi kalau jumlahnya banyak orang. Itu sebabnya saya lebih senang menjadi penyiar radio dibandingkan tampil di depan layar kaca. Mendebarkan dan rasanya memang saya tak cukup kuat menahan beban itu.

Nah beberapa waktu yang lalu saya sebenarnya ingin mengikuti FLP Kalbar. Forum Lingkar Pena sedang mengumpulkan orang-orang yang ingin menjadi penulis dan akan digembleng menjadi seorang penulis. Siapa pun yang ingin mendaftar akan mereka terima. Jadinya waktu itu saat melihat posternya di dinding teman, ada pertimbangan untuk mendaftar. Siapa tahu dapat ilmu baru. Begitu pikir saya.

Namanya belajar bisa di mana saja, kapan saja, bersama siapa aja. Prinsip sejak dulu begitu.

Eh setelah berkomentar pendek di bawah poster yang terpajang di dinding facebook teman malah diminta untuk hadir sebagai pemateri. Nah lo... tadinya kan mau gabung sebagai peserta? Mengapa diminta menjadi narasumber pula? Cerita apa yang harus saya bagikan? Lagi pula saya cukup demam panggung jika berada di depan banyak orang.


Atas bujukan dan rayuan teman saya tersebut, akhirnya saya putuskan untuk menerima tawarannya. Siapa tahu jadi pengalaman berharga untuk berbicara di depan umum. Walaupun tidak cukup percaya diri. Semoga saja pesertanya tidak membuat saya demam panggung. :)

Masker Wortel Untuk Kulit Putih Cantik



Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat dikenal oleh semua orang. Manfaat wortel sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan bangsa Yunani dan Romawi telah mencoba tips memutihkan kulit dengan menggunakan bahan ini serta menuliskan dalam buku-buku sejarah mereka yang telah ditulis sejak sekitar 300 tahun sebelum masehi. Karena mengandung vitamin A yang banyak membuat wortel dapat menjadi obat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Menurut ahli kecantikan menggunakan masker wortel dan mengkonsumsi jus wortel secara teratur ternyata sangat memberikan pengaruh positif bagi tubuh dan kulit. Khusus untuk kulit dapat menjadi bahan pemutih kulit alami, mencegah timbulnya flek hitam dikulit, mencerahkan warna kulit, dan secara alami membuat kulit lebih bersih dan putih merona.

Dan untuk menambah pengetahuan teman-teman mengenai tips memutihkan kulit dengan cara membuat masker wortel yang dapat membuat kulit kita menjadi lebih cantik, caranya adalah:

  • Ambillah 3 – 4 buah wortel yang segar, bersihkan dengan air
  • Setelah dicuci bersih, parut atau blender wortel agar halus
  • Setelah halus peras airnya, kemudian oles air perasan wortel ke bagian kulit wajah
  • Atau bisa juga menempelkan secara langsung wortel yang telah halus tanpa memerasnya
  • Tempelkan ke wajah sampai kering atau sekitar 15-20 menit agar sari-sari dari wortel dapat diserap dengan optimal oleh pori-pori kulit wajah.
  • Dan terakhir bersihkan wajah dengan air dingin (bukan air es)


Menggunakan wortel sebagai bahan alami pemutih wajah bisa menjadi salah satu jalan alternatif yang bisa dipilih karena selain manfaatnya yang besar juga harganya yang relatif lebih terjangkau bagi masyarakat umum.

Jangan Dengerin Apa Kata Orang


Honeylizious.com – Belasan tahun yang lalu, saat pertama kali memutuskan untuk berlatih menulis setiap hari ternyata saya sudha melakukan apa yang seharusnya banyak orang lain lakukan. Yaitu tak mendengarkan kata orang mengenai apa yang sedang kita jalankan. Selama itu tidak melanggar hukum agama atau hukum negara teruskan saja.

Sebelum sekarang saya benar-benar lancar mengurai ide dalam bentuk tulisan. Orang yang saya maksud sebenarnya adalah orang yang paling saya sayangi di dunia ini. Aki. Beliau yang selalu menjadi teladan dan panduan saya untuk melangkahkan kaki tapi komentarnya pula yang saya cuekin. Setiap kali dia mengatakan hal yang buruk tentang kegiatan yang saya lakukan, akan menjadi apa saya nantinya jika sudah besar, atau tulisan saya tak bermanfaat. Masih banyak lagi komentarnya.

Saya tak peduli ternyata.

Memang itu yang harus kita lakukan saat kita sudah yakin dengan apa pun yang akan kita jalani. Kita yang akan menjalaninya. Bukan orang lain. Tentukan sendiri langkah kita berikutnya supaya kita tidak menyesal dikemudian hari karena terlalu banyak mendengarkan pendapat orang dan hidup dalam versi menyenangkan di mata orang lain. Bukan versi yang kita inginkan.

Kita hanya hidup sekali. Beruntungnya hanya Aki yang keberatan dengan kegiatan menulis saya sejak kecil dulu. Uwan saya lihat tak begitu menentang. Apalagi orang tua saya. Abah dan Umak lebih pada membiarkan saja saya ingin melakukan apa. Toh menulis membuat saya lebih tenang di rumah. Tak ada hal aneh yang saya lakukan kecuali memegang pena dan menuliskan cerita di dalam buku.

Terlihat seperti anak cupu yang setiap hari belajar padahal saya sedang bermain dengan imajinasi dan menemukan dunia baru yang tak ada di dunia saya yang sebenarnya.


Jangan dengerin apa kata orang kalau itu bisa membuatmu patah semangat. Teruskan saja apa yang ingin kamu kerjakan. Termasuk dalam hal tulis-menulis.

Kunci Kebahagiaan


Honeylizious.com – Melalui tulisan ini saya tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa saya adalah orang yang paling bahagia di dunia ini. Sebab setiap orang sudah diberikan 'versi kebahagiaannya' masing-masing oleh Tuhan. Bukan pula mengatakan saya tak punya masalah sama sekali di dalam kehidupan saya sebab setiap orang punya masalah hidupnya masing-masing. Bohong kalau orang hidup tanpa masalah. Semua orang ada masalah tapi ada yang memilih menyelesaikannya, ada pula yang berbalik menghindari masalah tersebut.

Setelah melalui berbagai fase kehidupan dan kegalauan akhirnya saya mengerti satu hal untuk bahagia. Itu yang sedang saya coba terus lakukan setiap hari. Kuncinya hanya ada dua. Untuk bahagia kita hanya bisa melakukan dua hal. Kalau bisa bersyukur atas semua yang terjadi, baik atau buruk tentu itu jauh lebih baik namun tak ada salahnya untuk tidak bersyukur terhadap musibah atau masalah yang berat. Sebab kita masih punya kunci kedua yaitu bersabar.

Jika memang kita sudah punya dua kunci kebahagiaan ini, insyaAllah, kita akan lebih mudah menghadapi hidup di dunia ini. Toh hidup di dunia ini hanya sebentar. Sementara saja. Mengapa kita harus banyak merisaukan hal-hal di dalamnya kalau kita bisa bersyukur dan bersabar menghadapinya.

Saat dapat musibah, kalau memang bisa bersyukur, sebab saya yakin di balik musibah tersebut akan ada hikmah yang bisa kita petik. Kalau memang tak bisa lebih bersyukur tak ada salahnya untuk memilih bersabar. Dua hal yang sangat berbeda tapi keduanya bisa membuat kehidupan kita jauh lebih tenang.


Kita pernah galau karena tak punya aksesoris baru untuk dikenakan di jemari kita? Pernahkah kita melihat orang yang sama sekali tak punya jari tangan bahkan tangannya juga tak ada? Bagaimana rasanya menjadi orang tersebut?

Mie Goreng Soto


Honeylizious.com – Selama ini sudah terbiasa makan mie goreng kuah. Jadi mie instant yang dikasih kuah. Padahal mie goreng seharusnya tanpa kuah ya. Ternyata tidak hanya saya yang melakukan hal tersebut. Banyak orang Indonesia di luar sana yang melakukan hal yang sama. Jadi mie gorengnya ada kuahnya. Disebutlah mie goreng kuah.

Namun yang tak biasa adalah mie soto goreng. Jadi mengubah mie kuah menjadi mie goreng. Dari blog yang saya baca sih katanya mie soto yang dijadikan mie goreng yang paling sedep. Sedikit asin sih karena saya menggunakan semua bumbunya untuk satu porsi. Tapi memang ternyata enak lo mie soto gorengnya. Walaupun sebenarnya saya penyuka mie goreng kuah.

Pelajaran yang dapat kita ambil tentu saja adalah tidak ada salahnya untuk mengubah resep di balik kemasan dengan versi kita sendiri. Sebab dengan demikian kita bisa menemukan resep yang sesuai dengan lidah kita. Jangan karena resepnya mengatakan mie instant tersebut harus dijadikan mie kuah lantas kita tak boleh mengubahnya menjadi mie goreng.


Membuat percobaan sendiri akan sangat menyenangkan saat memasak. Apalagi jika kita sudah punya 'calon korban' untuk mencicipi masakan tersebut. Sudah siap berkreasi di dapur?
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design