1 Desember 2013

Bubor Catok


Quote From FB

Lalu Lintas Macet di Ngabang

Rasakanlah

Gerakan Rp1.000 Untuk Jalan Kabupaten Sanggau

Buah Ajaib!

Meninggalkan Suami Satu Malam


Honeylizious.com – Sejak pertemuan pertama kami, hingga sekarang kami memang selalu bertemu setiap hari. Entah untuk makan siang bersama atau makan malam. Apalagi saat dekat persiapan pernikahan. Kami menyelesaikan persiapannya juga di sela-sela kesibukan kami berdua. Waktu itu juga saya terkena musibah. Jatuh dari motor sehingga saya lebih memilih untuk menjadi penumpang saja dibandingkan harus membawa motor sendiri.

Hari ini saya berangkat ke Jakarta bersama Bang Pay yang juga masuk 3 besar Tulis Nusantara 2013. Beda kategori sih. Untungnya tidak ikut kategori yang sama sebab Bang Pay ini memang tulisannya bagus. Bisa-bisa kalah telak kalau satu kategori dengannya. Karena memang suami tidak bisa ikut disebabkan mepetnya waktu keberangkatan, berangkat hari Minggu saya tahunya hari Jumat. Suami tak punya persiapan apalagi dia sudah menghabiskan cutinya selama dua minggu kemarin untuk pernikahan.


Jadi kali ini kami akan berpisah satu malam setelah selama ini selalu bertemu setiap malam. 

Oleh-Oleh Pontianak Goes To Jakarta


Honeylizious.com – Sudah menjadi kebiasaan sekarang setiap pergi keluar Kalimantan Barat, bahkan di Kalimantan Barat sendiri pun, membawa dagangan. Tapi bukan buat dijual melainkan untuk dibagikan pada teman-teman yang bukan orang Kalimantan Barat. Saya membawa sekotak kecil makanan khas Kalimantan Barat yang saya jual di Pontianak. Ada amplang, kerupuk aloevera, stik parut keladi, dan dodol aloevera ples jelly aloevera.


Sudah dapat jalan-jalan gratis dan menang lomba tentu tak boleh pelit. Makanya nanti sebagai salam perkenalan dengan teman-teman baru yang merupakan pemenang Tulis Nusantara 2013 saya membawa oleh-oleh Pontianak. Buat teman-teman blogger yang memang ada di Jakarta dan kebetulan memang hadir di Awarding Night Tulis Nusantara 2013 sempatkan mencari saya ya, sebab saya lumayan banyak membawa oleh-olehnya. Siapa tahu sempat kebagian.

Sampai Ketemu di Jakarta (3)


Honeylizious.com – Jumat pagi memang saya masih menunggu, berharap memang akan ditelpon panitia walaupun harapan itu mengecil. Tak ditelpon ya? Kalah dong. Demikian pikir saya. Ya sudahlah. Mungkin sudah jalannya saya tak akan memenangkan ini. Saya berusaha menghibur diri. Sebelum pukul 9 smartphone berdering. Nomor Jakarta! Nomor kantor!

Buru-buru saya mengangkatnya. Terdengar suara dari seberang sana yang mengucapkan selamat karena saya masuk lima besar. Saya diminta untuk hadir ke Awarding Night. Ini semakin membuat saya berharap saya menjadi satu di antara tiga juaranya. Sudah sejauh ini Tuhan. Hingga akhirnya malamnya terpampanglah nama saya sebagai peserta yang lolos 3 besar. Sibuk menelpon orang terdekat yang saya tahu pasti mendoakan saya setiap saya ikut lomba. Sebab saya akan mengabari mereka.


Malam ini saya akan berkumpul dengan 11 orang yang beruntung lainnya karena karyanya menang juga di Tulis Nusantara 2013. Buat yang akan menghadiri acara Awarding Night malam ini, sampai ketemu di Jakarta ya!

Sampai Ketemu di Jakarta! (2)


Honeylizious.com – Saat tulisan ini diterbitkan saya dalam perjalanan menuju Jakarta. Saya akan hadir di Awarding Night Tulis Nusantara 2013. Beberapa hari yang lalu saya masih merayakan senangnya bisa masuk 50 nominasi pemenang. Tak berharap akan melanjutkan perjalanan hingga 10 besar. Sebab 10 besar akan membuat saya berharap untuk menang. Itulah fitrahnya manusia, terutama saya sendiri, sudah dapat betis mintanya paha. Sudah dapat hati mintanya jantung pula.

Lalu, saya benar-benar dikejutkan saat membaca nama saya di bagian 10 besar fiksi cerpen Tulis Nusantara. Ya Allah, harapan apa ini? Bolehkah aku berharap aku akan masuk 3 besar lagi? Bolehkah? Bolehkah? Boleh ya? Kalau boleh sih. Demikian dialog saya yang terjadi beberapa waktu lalu dengan Tuhan. Saya yakin dia tahu yang terbaik tapi saya menginginkan ini Tuhan. Kata panitia mereka akan menghubungi pemenang sebelum berangkat ke Jakarta. Jadi harapan saya untuk tahu saya menang atau tidak tentunya dengan menunggu telpon dari panitia. Hari Kamis saya menunggu.

Berharap dengan cemas walaupun ketidakpercayaan diri terhadap cerpen itu semakin memudar. Rasanya tidak mungkin si 'Anak Dare Tue' yang saya tulis terburu-buru itu menang. Sedikit revisi pula di bagian akhir. Tanggal 15 November menulisnya dan langsung mengirimkannya pada hari yang sama. Mentah. Saya menyebut karya itu memang mentah. Sebab terlalu terburu-buru memasaknya.


Kamis, sampai tengah malam tak ada yang menghubungi saya. Harapan saya kandas. Saya kecewa.

Sampai Ketemu di Jakarta (1)


Honeylizious.com – Bagai mimpi, bisa mengalahkan ribuan kontestan di Tulis Nusantara 2013. Sebab rasanya tulisan saya yang saya kirimkan masih mentah. Masih belum sempurna. Masih banyak rasanya kekurangan di dalam tulisan saya tersebut. Bahkan saat mengirimkannya saya tak membaca ulang naskahnya. Takut menemukan kesalahan lalu kecewa mengapa tak menulis lebih baik? Mengapa hanya bisa menulis cerita sepanjang 5 halaman dengan bagian akhir seperti itu.

Jadi saat mendekati tanggal pengumuman pemenang sebenarnya saya tak berharap akan masuk nominasi, bahkan 50 nominasi pemenang fiksi Tulis Nusantara rasanya mustahil bisa saya tembus. Sejak awal pun saya tak ingin mengikuti lomba ini pada kategori cerpen. Sebab cerpen itu pendek. Pikir saya, saingan akan sangat banyak. Karena banyak orang bisa menulis cerita yang pendek. Saya berusaha menyelesaikan novel yang memang ingin saya ikutkan dalam lomba Tulis Nusantara 2013. Tetapi liburan di Sintang setelah pernikahan memang menghabiskan banyak waktu. Bukan berarti saya menyesal harus ke Sintang. Perjalanan ke sana tak akan bisa digantikan dengan apa pun. Saya senang dan kalau harus merelakan tidak ikut Tulis Nusantara 2013 pun tak apa. Saya masih bisa ikut tahun depan bukan?


Namun Tuhan punya janji yang lain buat saya. Saya yang hanya mampu menyelesaikan 30% dari novel untuk Tulis Nusantara, sore 15 November 2013, hari terakhir pengiriman naskah harus merelakan untuk tidak melanjutkan novel tersebut dan banting setir ke cerpen. Setidaknya tetap bisa ikut mau kalah atau menang. Saya pikir seperti itu sih. Tak lebih. Jangan sampai melewatkan kesempatan dan kemungkinan untuk menang.

Desember Be Nice To Me!


Honeylizious.com – Tahu-tahu udah Desember aja nih ya teman-teman. Itu tandanya sekarang setiap hari teman-teman akan menemukan 12 postingan dalam sehari. Terdengar semakin banyak. Tapi inilah bagian akhir dari semua tantangan yang saya buat sendiri. Tak ada kata mundur. Tak ada kata menyesal. Sebab dengan banyak latihan menulis setiap hari mengajari saya banyak hal. Terutama cepat dalam menangkap ide, mengolah ide, dan berusaha secepat mungkin mengetiknya. Ada gunanya ternyata latihan yang saya lakukan tersebut saat ada lomba yang deadlinenya tinggal dalam hitungan jam.

Desember, akhir tahun, itu artinya sebentar lagi tahun akan berganti. Selama ini bagi saya tahun baru ya sama saja dengan hari-hari lainnya. Sebab hanya pergantian tanggal saja bukan? Dari 31 Desember 2013 menjadi 1 Januari 2014. Namun sekarang memang beda, sudah ada seseorang di samping saya yang akan menjadi teman perjalanan kehidupan ini. Mengajari saya banyak hal. Membuat saya lebih menghargai hari-hari yang akan kami jelang selanjutnya.

Desember ini juga adalah bulan pertama saya menggunakan paket 3 bulan internet Wigo Wimax 4G yang kuota normalnya 6GB dengan kecepatan up to 1Mbps. Walaupun sebenarnya kecepatan diturunkan pun saya masih bisa merasakan jaringannya lebih cepat dari jaringan internet yang saya gunakan biasanya. 4GB ternyata satu bulan itu masih kurang buat saya yang memang sering online. Apalagi mengingat saya setiap hari ngeblog. Sekarang ingin ngetes ceritanya, apakah saya akan bisa menggunakan 6GB tersebut untuk 1 bulan.

Desember, musim liburan. Tapi sama saja sebenarnya buat saya yang bisa libur kapan pun saya mau. Awal bulan begini sih tiket pesawat masih belum mahal. Tunggu nanti sudah mendekati natal dan tahun baru. Buat yang ingin menghabiskan liburannya bulan Desember ini, selamat berlibur ya!
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design