28 November 2013

Yuk Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas: Jangan Offside di Jalan Raya


Ternyata Masuk 10 Besar


Honeylizious.com – Antara percaya dan tidak sebenarnya. Setelah mendapati nama saya tadi pagi di 50 nominasi pemenang Tulis Nusantara kategori fiksi ternyata masuk lagi menjadi 10 finalis Tulis Nusantara kategori fiksi untuk cerpen. Padahal masuk 50 besar saja rasanya sudah sangat menyenangkan. Cerpen yang ditulis dengan tekacar ganyah (buru-buru, red). Jam-jam menuju penutupan ternyata bisa masuk juga.

Terharu sih. Mungkin karena banyak orang yang mendoakan sekarang. Umak dan Mamak. Doa dua orang ibu sekaligus memang manjur sekali. Saingan semakin berat sekarang. Sebab finalis yang masuk pasti punya karya yang bagus-bagus. Saya masih harus banyak berlatih untuk mematangkan tulisan saya sendiri. Walaupun di sisi lain rasanya senang bisa membawa nama Pontianak di Tulis Nusantara.

Awalnya perwakilan dari Pontianak yang masuk 50 besar ada dua orang. Saya dan Mardian. Mardian ini memang suka menulis. Dulunya kami satu kampus dan dia junior saya di program studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Sekarang hanya bisa berdoa semoga Tuhan memberikan yang terbaik bagi karya saya tersebut. Apa pun hasilnya. Mau menang atau kalah pasti itu yang terbaik untuk saya dan tulisan saya.


Masih banyak lomba lain yang bisa dimenangkan kalau memang yang ini hanya masuk 10 besar. Buat yang tidak masuk nominasi jangan berkecil hati. Juri juga manusia. :)

Menajamkan Gunting


Honeylizious.com – Karena akan menjahit sendiri beberapa pakaian yang saya inginkan. Tentu saja dress, sebab akan segera memensiunkan celana-celana jeans yang biasanya saya kenakan. Beberapa di antaranya sudah tak muat lagi, ada pula yang memang kendor. Beli ngepas kekecilan lama-lama, beli yang agak besar malah menjadi kendor kelamaan dikenakan. Akhirnya memilih untuk mengenakan dress saja. Tinggal pakai legging di bagian dalamnya untuk melindungi kaki.

Kalau dress memang akan lebih aman, dibuat selonggar mungkin sehingga akan tetap bisa dikenakan meskipun tubuh menjadi lebih besar atau lebih kecil. Karena itulah mencari-cari informasi mengenai cara menajamkan gunting. Di rumah sih diajarkan cara menajamkan gunting dengan menggunakan botol. Jadi guntingnya di gunting-guntingkan ke botol kaca atau gelas. Tetapi sepertinya itu kurang manjur untuk gunting yang saya gunakan untuk menggunting kain bahan nantinya.

Ternyata ada cara yang lain untuk menajamkan gunting selain dari menggunakan amplas untuk mengasahnya, bisa juga menggunakan alkohol. Jadi kapas dibasahi dengan alkohol lalu digunakan untuk membersihkan gunting yang akan kita tajamkan tersebut. digosok-gosokkan ke guntingnya. Saya tidak tahu mengapa bisa demikian. Tapi sepertinya menarik untuk ibu-ibu di rumah yang guntingnya sering menjadi tumpul akibat digunakan oleh anak-anak untuk bermain dan menggunting kertas.

Saya sering bertanya-tanya waktu kecil, mengapa gunting kain tidak boleh diguntingkan ke kertas. Aki selalu marah kalau saya melakukan itu. Dia akan mengingatkan saya berkali-kali untuk tidak menggunakan guntingnya untuk bermain. Apalagi sampai menggunting kertas. Memang sih gunting miliki Aki selalu tajam padahal tidak diasah. Apakah memang ada hubungannya dengan tidak diguntingkan ke kertas?


Entahlah...

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (19) Ini Dia Mobil Penghancur Jalan


Honeylizious.com – Jalanan di wilayah timur Kalimantan Barat memang awalnya mulus. Sudah menjadi jalan aspal. Tetapi menjadi rusak karena banyak kendaraan berat yang lewat. Di dalam postingan ini terdapat gambar kendaraan berat yang membuat jalanan yang awalnya mulus menjadi rusak. Lalu yang rusak menjadi lebih rusak lagi. Tentunya bukan hanya karena kendaraan berat yang melewati jalanan wilayah timur Kalimantan Barat setiap hari. Sebab kalau memang jalannya dibangun sesuai dengan tonase atau berat kendaraan tentunya kerusakan tidak akan terjadi.

Jalan dibangun tak sesuai tentu saja akan rusak dengan mudahnya. Sebab kendaraan berat yang lewat banyak sekali jumlahnya. Puluhan ton yang diangkut setiap harinya. Kalau sudah rusak terus dibiarkan ini akan menjadi lebih rusak lagi dibandingkan sebelumnya. Jadi sebelum jalanan ini semakin rusak dan hancur, takutnya sih seperti jalanan di wilayah timur Kalimantan Tengah yang tak bisa lagi dilewati karena ada lubang-lubang dengan kedalaman 2 meter di jalan raya tersebut.


Sampai kapan pemerintah akan membiarkan jalanan tersebut semakin rusak?

Pasien Melahirkan di Toilet?


Honeylizious.com – Ada lagi berita yang sangat miris. Membayangkan rasanya melahirkan saja sudah tak sanggup apalagi sampai melahirkan di toilet. Tentu saja ini berkaitan dengan dokter yang sibuk demo dan meninggalkan kewajibannya untuk melayani pasiennya. Perempuan itu. Sudah susah payah mengandung janin di dalam rahimnya. Setiap hari dia hanya bisa mengusap perutnya sebagai tanda kasih sayang pada sang bayi yang berada di dalam sana.

Setiap hari dia pasti mendoakan bayinya agar baik-baik saja. Tapi dia tentu tak menyangka anak yang dikandungnya harus lahir di dalam toilet karena saat akan melahirkan dia tak menemukan satu dokter pun yang bisa membantu proses lahirannya. Karena tak bisa membedakan mana yang pembukaan dan mana yang mau buang hajat, lahiran pun terjadi di dalam toilet. Sebab ketika bayi akan keluar sang ibu menganggap dirinya akan buang hajat.


Teman saya yang melahirkan beberapa bulan yang lalu juga mengatakan hal yang sama. Bahwa saat akan melahirkan itu rasanya pengen buang air besar. Tugas dokter kan melayani pasien. Dibandingkan harus demo mendingan ke lembaga yang bisa menyelesaikan kasus yang mereka demokan tersebut.

Menemukan Desain di Pinterest


Honeylizious.com– Banyak sekali desain yang lucu-lucu dan sepertinya mudah untuk dibuat dari melihat gambar yang diunggah di akun pinterest beberapa orang yang tak sengaja saya temukan. Mulai dari desain dress atau atasan yang memang sedang saya cari. Sekarang sih memang gampang sekali untuk belajar sesuatu. Informasi apa pun dengan gampang bisa kita temukan melalui mesin pencari.

Bahkan Youtube seakan-akan menjadi 'televisi' yang paling bersahabat dengan kita. Banyak orang dengan murah hatinya merekam video yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang di dunia ini. Kita tinggal menontonnya dengan menghubungkan internet ke komputer atau laptop kita. Sekarang bahkan dengan gampangnya bisa kita tonton melalui smartphone.


Desain-desain di pinterest banyak sekali yang unik-unik dan bisa dijadikan contoh untuk kita yang memang berencana untuk belajar membuat atasan dengan mudah. Saya juga sudah punya contoh atasan yang ingin saya contek di rumah. Kebetulan beberapa waktu yang lalu menemukan tutorialnya di Youtube dan ternyata saya punya pakaian yang seperti itu. Memodifikasinya sedikit supaya bisa dikenakan untuk menutup aurat. Sebab pakaian yang saya contohkan ukurannya kurang panjang roknya. Nantikan ya dress buatan saya.

Belajar Merajut Yuk!


Honeylizious.com – Menyulam sih sudah dipelajari sejak kecil dulu. Beda dengan merajut. Saya belum pernah saya sekali merajut dengan dua jarum lurus yang biasanya saya lihat di dalam manga yang saya baca. Di komik Jepang kadang kita dengan mudahnya menemukan cewek-cewek Jepang di komik yang merajut syal atau pakaian buat cowoknya sebagai hadiah.

Sudah lama sekali sejak terakhir kalinya saya menyulam. Paling yang dulu saya buat ikat rambut, hiasan dinding, taplak meja, taplak kursi, penutup televisi, dan beberapa aksesoris lainnya. Saat melihat sepatu rajut ini saya jadi teringat kembali keinginan masa kecil saya untuk belajar merajut dulu. Apalagi sekarang di internet sudah mudah sekali menemukan tutorial untuk merajut apa saja yang kita butuhkan. Kita cukup tahu kata kunci yang bisa digunakan untuk mencari tutorial yang sesuai.


Sepatu rajut tentunya bisa dikenakan saat tidur supaya tidak kedinginan. Kapan-kapan belanja alat merajut dan benangnya ah. Tapi tentu saja harus kelar menjahit dulu baru menyelesaikan itu semua. Apalagi tantangan ngeblog ini lumayan menguras tenaga dan pikiran. Waktu juga sih. Hehehe...

Melukis di Atas Dress!


Honeylizious.com – Wih sambil menunggu mesin jahit mini portable yang saya beli beberapa hari yang lalu. Saya senang sekali membuka akun pinterest orang-orang luar negeri yang membagikan banyak sekali kerajinan. Apalagi kalo kerajinannya itu dress anak-anak. Sebenarnya bisa juga sih buat dress orang dewasa. Sekarang sih kebanyakan orang langsung membeli bahan yang sudah ada motifnya. Kalau polos pun akan dibiarkan polos begitu saja.

Nah kalau memang suka menggambar atau melukis sekalian pintar menjahit oke banget nih menjadikan pakaian yang dijahit sebagai media untuk melukis. Seperti beberapa waktu lalu liat hiasan dinding dan bantal yang gambarnya dibuat dari kain. Kayaknya akan sangat lucu diterapkan pada dress anak-anak seperti ini.


Sedang menimbang-nimbang untuk belajar membuat dress yang lucu-lucu. Semoga segera mendapatkan momongan. Apalagi kalau dapatnya itu anak cewek. Seneng banget pastinya bisa dijadikan objek untuk mengenakan pakaian yang kita buat sendiri. Apalagi kalau banyak bahan yang bisa dijadikan alat untuk melukis gambar yang kita inginkan. Seperti gambar laut dan perahu. Lucu ya?

Menanam Bunga dengan Ban Bekas


Honeylizious.com - Halaman beberapa bagian sudah ditumbuhi rumput dan sudah ada dua pohon di depan rumah. Halaman belakang sudah tertutup semen. Memang sih rencananya rumah yang kami tempati sekarang akan dibangun lebih luas lagi dari sebelumnya. Mau buat kos-kosan ceritanya. Tapi saya ingin sekali, tetap kepengen menanam bunga-bunga di tempat-tempat yang tak ada pemandangannya selain tembok.

Eh menemukan gambar ini di pinterest. Menarik sekali gambarnya. Terlihat dengan jelas ban bekas yang digunakan sebagai wadah untuk menanam bunga. Kebetulan di belakang rumah juga ada dua ban mobil bekas yang besar sekali. Lebih besar dari gambar ban yang ada di dalam postingan ini. Sepertinya akan cocok sekali digunakan untuk menanam bunga.


Dibandingkan harus repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli pot bunga, mendingan gunakan wadah yang sudah ada kan? Hehehehehe...

Masuk 50 Nominasi Fiksi Tulis Nusantara


Honeylizious.com – Masih ingat dong beberapa minggu yang lalu saya disibukkan dengan acara persiapan pernikahan dan juga kejar target menulis novel buat ikutan lomba Tulis Nusantara. Memang dasar belum rezekinya buat menyelesaikan satu novel dalam waktu 3 hari sih. Apalagi sepulang liburan dari Sintang yang menghabiskan waktu dan tenaga yang tak sedikit. Maklum selain jauh memang medan yang harus kami tempuh hancur lebur. Rasanya sudah tak bisa berkata apa-apa lagi mengenai bagaimana keadaan selama berada di dalam bus tersebut.

Karena waktu yang tinggal menghitung jam dan menulis novelnya tak kunjung selesai. Maklum spasi satu. 100 halaman pula. Dua hari mengerjakannya hanya selesai 30 halaman. Di sela-sela harus memasak dan membereskan rumah. Karena semakin mepet dan daripada nggak ikutan memang sebaiknya banting setir menulis cerpen saja yang hanya membutuhkan 5 halaman.

Jadilah saya menulis cerpen sore itu. Tak sampai satu jam kelar. Eh malamnya sebelum saya kirim malah saya potong setengah dan saya ubah bagian konflik hingga akhir. Mentah sekali sebenarnya. Rasanya tak cukup percaya diri untuk mengikutkannya. Tapi kesempatan baik yang sama belum tentu datang dua kali. Biarlah cerpen tersebut yang menentukan nasibnya sendiri di tangan juri nanti.
Pagi ini saat bangun tidur, masih sedikit sakit perut karena datang bulan, bangun karena ditarik-tarik sama suami yang sudah bangun sejak tadi. Rupanya dia membuka facebooknya sambil main game pagi itu. Dia menunjukkan gambar yang saya masukkan dalam postingan ini. Ada nama saya ternyata di 50 nominasi pemenang fiksi berbentuk cerpen. Cerpen yang saya sangat tidak percaya diri untuk mengirimkannya. Sudah masuk 50 besar pun rasanya sudah senang. Bisa membawa nama Pontianak ke dunia tulis-menulis nasional.


Menang alhamdulillah, kalah artinya saya harus banyak-banyak latihan menulis lagi dan menantikan pertandingan lainnya.

Penginapan di Bali Harga Murah



Saat kita ingin berlibur di Bali dengan biaya yang murah meriah tentu harus mempersiapkan banyak hal terlebih dahulu. Kita harus tahu dimana kita akan menginap selama kita di Bali. Bali sendiri merupakan daerah wisata favorit bagi banyak orang. Banyak sekali orang yang datang ke Bali untuk menikmati pantai, mencari tempat yang romantis dan juga mempelajari budaya di Bali yang sangat kaya. Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa hotel di Bali sangat mahal.

Sebenarnya kita masih bisa menemukan banyak tempat untuk menginap yang murah meriah dan bahkan kita bisa menyesuaikan dengan budget atau dana yang kitamiliki. Kita yang tertarik untuk menikmati keindahan alam di Pantai Kuta, kita bisa memilih deretan hotel yang tersebar di daerah ini. Bagi kita yang mempunyai budget di bawah Rp 1 juta rupiah, sangat mudah menemukan hotel yang terbaik untuk kita. Jangan khawatir walaupun kita menginap di hotel yang murah, kita tetap bisa menikmati liburan kita di Bali dengan tenang dan maksimal. Satu di antara hotel terbaik untuk kita adalah Ibis Bali Kuta Hotel. Ini adalah hotel di Bali bintang 3 yang berada di lokasi yang sangat strategis. Harga yang ditawarkan untuk kita yang ingin menginap di tempat ini adalah mulai dari Rp 261 ribu saja.


Murah banget kan? Jadi bisa siap-siap tuh buat yang mau liburan ke Bali.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design