26 November 2013

Buah Cangkok Manis


Bubur Kolak Singkawang


Ribetnya Administrasi di Negeri Ini


Honeylizious.com- Menjadi warga di negara Indonesia yang tercinta ini memang ribet kalau sudah berhadapan dengan bagian administrasinya. Belum lagi lamanya waktu proses penyelesaian itu semua. Menikah memang menyenangkan. Walaupun cukup melelahkan. Setelah menikah ternyata banyak hal yang harus saya hadapi berkaitan dengan KTP dan KK.

Sejak awal sebenarnya saya tak pernah memikirkan ini. Paling penting buat saya sendiri mendapatkan buku nikah, selesai. Tapi ternyata tak segampang itu. Apalagi mengingat saya berasal dari kabupaten yang berbeda. Belum lagi kabupaten itu jauh sekali dari rumah orang tua saya di kampung. Tidak memungkinkan rasanya meminta bantuan ibu saya untuk mengurus surat pindah dan segala tetek bengeknya di Sambas sana.

Padahal sudah menggunakan e-KTP tapi ternyata tetap saja urusan kepindahan wilayah tinggal dan pembuatan KK baru ribetnya ngejlimet. Duh entah bagaimana nantinya urusan KK baru dan e-KTP baru ini.

Pokopang Contest


Honeylizious.com – Buat yang suka dengan game dari LINE, pastinya sudah tak bingung lagi dengan game yang satu ini. Pokopang. Nggak tanggung-tanggung lo kontesnya, berhadiah Galaxy Note 2 kalau menang di final nanti.

Dulu sih pernah nih main ini, tapi karena lebih addict sama LINE Pop jadinya game yang ini diuninstall. Nah karena ada kontes berhadiahnya tentunya berminat dong buat ikutan main lagi. Hahahaha. Jadi sambil bermain sambil memburu hadiahnya. Lumayan kan dapat voucher sama Galaxy Note 2. walaupun lebih memburu Oppo N1.


Biasanya sih nilai yang saya dapat belum begitu tinggi. Tapi tak ada salahnya mencoba untuk ikut meramaikan kontesnya. Siapa tahu aja menang bukan?

Pasirnya Pantai Pasir Panjang


Honeylizious.com – Sudah pernah ke Pantai Pasir Panjang? Tentunya akan sadar bahwa pasirnya tidak panjang-panjang. Terbukti dari gambar yang ada di dalam postingan ini bukan? Memang sebenarnya bentuk pasirnya sama saja kok dengan pasir pantai pada umumnya. Tak ada yang aneh. Namanya sendiri barangkali berasal dari pantainya yang panjang sekali. Walaupun saya tak tahu pasti seberapa panjang Pantai Pasir Panjang tersebut.


Pantai Pasir Panjang ini masih menjadi tujuan wisata banyak orang yang datang ke Singkawang. Jadi buat yang ingin membuktikan pasirnya normal tidak panjang-panjang bisa langsung datang ke Pantai Pasir Panjang Singkawang, Kalimantan Barat.

Kue Kering Favorit


Honeylizious.com – Kue kering sebenarnya jarang sekali saya buat. Sebab memang di rumah kalau lebaran tiba lebih sering membuat kue basah. Kue lapis. Berbagai macam lapis akan tersedia di meja. Kue kering malah lebih sering beli. Memang lebih repot sih membuatnya. Apalagi kalau dikerjakan sendirian di rumah, maklum saya jarang pulang. Kalaupun pulang saat lebaran biasanya sudah mepet dengan hari lebarannya.

Tapi kue kering tetap menjadi incaran kalau main ke rumah saudara atau teman-teman. Apalagi kalau ada kue kering favorit yang disediakan di meja. Saya sendiri paling suka dengan nastar dan kue putri salju. Apalagi kalau memang dibuat dengan rasa yang enak bisa berkali-kali ngambil kue keringnya dari dalam toples. Maklum kalau di kampung saya toplesnya diletakkan di depan tamu yang datang. Bukan di meja dan tamu hanya bisa mengambil dengan piring.

Dulunya sih sering, bahkan hampir selalu membuat kue nastar saat lebaran. Dengan cetakan yang mirip dengan mangkuk kecil tetapi ada gelombang di pinggiran luarnya. Adonan tinggal ditekan-tekan mengikuti bentuk cetakan. Lalu selai nanas yang sudah dibuat juga bisa dimasukkan ke dalam cetakan yang sudah ada adonannya.

Selai nanasnya juga dibuat dengan cara yang sangat tradisional. Diparut menggunakan parutan kelapa. Kalau tidak hati-hati tangan bisa ikut terparut atau kalau terlalu lama, nanas yang tajam bisa membuat jari menjadi perih dan terluka. Sampai sekarang nastar masih menjadi kue kering yang mengingatkan akan masa kecil saya dulu di rumah Umak.


Namun kue putri salju juga kue yang enak. Apalagi bagian luarnya yang ada susu dan gulanya. Wiiih bisa nambah terus pas mampir ke rumah teman.

Seandainya Saya Tidak Ngeblog (Spesial)


Honeylizious.com – Tentu saja ini akan menjadi edisi spesial di bulan yang memang sangat istimewa ini. November 2013 saya merasa menjadi seseorang yang sangat baru. Seseorang yang terlahir kembali ke dunia ini. Semuanya begitu cepat. Ternyata sudah sah. Yap saya akan berbicara tentang seseorang yang sekarang menjadi suami saya yang tidak akan pernah saya temui kalau saya tidak ngeblog.

Beberapa tahun yang lalu, saat blog ini belum lahir. Kami sebenarnya berada sangat dekat. Jarak kantornya ke studio Radio Volare bukanlah sesuatu yang jauh. 1-2 menit bisa sampai kalau tidak macet. Kalaupun macet paling 3-4 menit sudah bisa tiba di kantor saya dari tempatnya bekerja. Tetapi mengapa bertahun-tahun sebelumnya kami sama sekali tak saling menemukan.

Kehidupan memang memberikan perjalanan panjang yang kadang lucu sekali jika diingat-ingat kembali. Bagaimana ketika takdir mempertemukan kami berdua. Bagaimana akhirnya kami menyatakan akan membina rumah tangga bersama. Berawal dari blog ini. Blog yang lahir karena sebuah hadiah dari teman baik yang suka dengan tulisan-tulisan saya. Untuk mendukung kegiatan tulis-menulis yang sempat kacau beberapa tahun yang lalu itu, diberikanlah hadiah sebuah blog dengan domain berbayar untuk menjadi 'rumah pribadi maya' saya.
Rumah pribadi yang membawa banyak hal. Lalu sebuah perjalanan panjang pun dimulai. Ketika ternyata blog ini membawa rezeki yang tak pernah saya sangka sebelumnya. Ada beberapa yang memang saya harapkan ada pula yang datang begitu saja. Terutama seseorang yang sekarang saya sebut 'suamiku'. Tapi jangan kira habis ngeblog saya langsung bertemu dia. Tidak semudah itu. Ada perjalanan yang harus saya lewati. Beserta onak duri yang membuat telapak kaki saya terluka.

Saya jatuh. Bangkit. Jatuh. Bangkit lagi. Sampai akhirnya nasib membuat saya mendapatkan dua hadiah Samsung Galaxy Y yang dua-duanya sudah saya jual dan saya belikan lenovo yang sudah saya gunakan sekitar 6 bulan. Belum genap setahun usia smartphone tersebut. Melalui smartphone itulah Tuhan memilih untuk mempertemukan kami berdua. Jangan tanya seberapa sering saya menanyakannya pada Tuhan.

Kapan jodoh saya akan datang? Siapa jodoh saya sebenarnya? Kenapa saya tak kunjung menikah?

Menikah memang bukan sebuah perlombaan dan siapa yang tercepat dia yang menang. Tapi saya rasa saya sudah siap dan butuh status sebagai seorang istri. Hidup sendirian itu penuh dengan kesepian. Adanya seseorang yang memperhatikan kita setiap hari akan sangat menyenangkan. WeChat yang saya install di Lenovo tersebut membuat kami bertemu. Walaupun tak mudah sebenarnya untuk mempertemukan kami berdua. Padahal sangat dekat. Terlalu dekat untuk tak bertemu. Sering makan di Warung Seulanga di Jalan Purnama yang memang merupakan tempat favorit kami dulunya.


Bagaimana bisa kami tak bertemu di warung tersebut sedangkan waktu masih tinggal di Radio Volare saya masih sangat sering makan di sana, demikian pula dirinya. Ah seandainya saya tidak ngeblog, hingga hari ini mungkin kami belum dipertemukan di dalam pernikahan.

Tips Sederhana Menghemat Waktu Mencuci


Pernahkah kita mendapati baju kesayangan kita atau si kecil luntur, ataupun malahan menjadi kotor sehabis dicuci? Atau mencari-cari pakaian yang hendak kita pakai namun ternyata belum sempat dicuci? Tentunya kita harus mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar agar pakaian tetap bersih dan awet, namun selain itu ada baiknya juga mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini untuk membuat kegiatan mencuci kita lebih menghemat waktu.

Pisahkan Cucian dari Awal
Wah, terdengarnya seperti merepotkan ya? Tidak juga, bahkan dengan melakukan hal ini akan membuat kegiatan mencuci pakaian kita jauh lebih cepat. Banyak rumah tangga yang hanya mempunyai satu keranjang untuk cucian kotor. Walaupun pada awalnya terlihat lebih praktis karena kita perlu langsung memasukkan pakaian kotor ke hanya satu keranjang, namun pada saat hendak mencuci nantinya akan menghabiskan lebih banyak waktu. Kita bisa mencoba pembagian berikut ini dengan menggunakan keranjang pakaian dengan dua atau tiga kantung berbeda yang bisa kita dapatkan di toko peralatan rumah tangga:

·        Pakaian putih: keranjang ini khusus untuk pakaian putih seperti seragam sekolah anak ataupun kemeja kantor.
·        Pakaian berwarna: keranjang ini khusus untuk pakaian berwarna atau pakaian gelap. Pastikan terlebih dahulu sebelumnya bahwa pakaian tersebut tidak luntur.
·        Tergantung pada kebutuhan: Jika keranjang pakaian kita datang dengan tiga keranjang yang berbeda, keranjang ketiga boleh digunakan khusus untuk pakaian spesial. Pakaian spesial melingkupi pakaian dalam atau pakaian yang membutuhkan pengaturan mesin cuci berbeda, seperti bahan sutra, renda atau wol. Ide baik lainnya adalah memakai keranjang ketiga untuk memisahkan pakaian luntur atau yang sangat kotor.

Saat tiba waktunya mencuci, kita tinggal memasukkan seluruh cucian dalam satu keranjang tanpa harus dipilah lagi.

Pelajari Mesin Cuci kita
Banyak dari kita  hanya menggunakan mesin cuci pada siklus pencucian normal. Hal ini sangat baik untuk menghemat waktu, karena pada umumnya berbagai macam jenis bahan dapat dicuci dengan siklus ini. Untuk jenis cucian lain, bacalah buku panduan mesin cuci terlebih dahulu untuk menentukan pengaturan putaran dan suhu yang sesuai. Memang mesin cuci modern sangat memudahkan kita untuk mengoperasikannya, namun tidak ada salahnya membaca informasi terlebih dahulu. Jika perlu,  catat atau print informasi dan taruh atau gantung di tempat yang aman di sekitar mesin cuci. Misalkan jika kita ingin mencuci baju wol, kita tinggal mencontek catatannya. Mudah bukan?

Mengatur Jadwal Pencucian
Mengatur jadwal pencucian sangat penting untuk menghemat waktu. Tentunya jika kita melakukan kegiatan sehari-hari, jumlah cucian yang dihasilkan akan serupa. Menyicil cucian akan lebih baik daripada  menunggu dan langsung mencuci dalam jumlah yang banyak. Selain menghindari kemungkinan kita harus tinggal  seharian  di rumah untuk mencuci, pakaian kotor yang terlalu lama didiamkan juga akan menimbulkan bau tidak sedap.



Yuk Gabung Ke Garda Depan Volare Network, Jadi Penyiar!


Honeylizious.com – Pengen jadi penyiar? Bakat terpendam atau impian sejak kecil? Jangan bingung-bingung ikutan audisi soalnya Volare Network lagi cari penyiar tuh. Kalau ngerasa nggak paham lagu manca negara bisa gabung di Radio Primadona yang memang radionya untuk lagu-lagu Indonesia. Lebih suka dangdut? Bisa gabung di Radio Kenari. Inginnya bergabung di Radio Volare yang usianya sudah 40 tahun itu? Coba aja. Siapa tahu memang kamu yang cocok di sana.

Tahun 2010, pertengahan saya juga bukan penyiar di Radio Volare kok. Jangan anggap saya sejak awal sudah lancar bersiaran seperti sekarang. Butuh training beberapa bulan hingga akhirnya saya bisa dilepas siaran sendiri. Awalnya kikuk berada di depan pelantang. Apalagi bingung memilih lagu yang tepat untuk diputar. Belum lagi di Radio Volare ada aturan tertentu buat memutarkan lagu. Nggak hanya lagu-lagu itu aja yang boleh diputarkan.

Tapi semuanya harga yang memang harus dibayar untuk menjadi seorang penyiar. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Suara cempreng? Latihan bisa kok biar suaranya enak didengar. Bukan yang merdu seperti penyanyi yang sudah punya banyak album yang laris-manis di pasaran. Pengaturan napas dan artikulasi juga bisa membantu meskipun suara kita 'biasa' aja. Lama-lama kita juga paham teknik menaklukan pelantang yang bisa membuat suara kita menjadi lebih merdu dibandingkan sebelumnya.

Apalagi di Volare Network sudah banyak orang yang berpengalaman yang bisa membantu kamu jadi penyiar yang ok punya. Nggak hanya bisa bersiaran tapi juga berwawasan. Tidak tahu musik? Tenang, semuanya akan diajari selama kamu mau mengikuti trainingnya. Sekarang jangan hanya sekadar pengen ya! Yuk beneran gabung ke garda terdepan Volare Network. Ujung tombaknya radio. Sebagai penyiar.

Volare Network membuka kesempatan bagi Bujang Dare yang ingin menjalani profesi sebagai seorang penyiar. Merasa terlalu tua? Jangan! Usia bukan halangan. Yang dicari justru orang yang memang punya minat di dunia siaran, bukan tergantung usianya. Siapapun yang lolos penilaian, bakal diarahkan untuk bersiaran di stasiun radio yang paling tepat dengan karakter suara dan kepribadiannya.


Kirimkan contoh suara Bujang Dare sepanjang 10 menit di dalam CD (boleh membawakan acara yang sudah ada di Volare, boleh juga berkreasi dengan ide sendiri), naskah siaran dari acara yang dibawakan beserta riwayat hidup lalu kirim ke Volare Network, Jl. Sumatera no. 28. Bisa juga kirim ke volareradio@gmail.com. Cantumkan nama radio tujuan Bujang Dare di sudut kiri atas amplop atau subjek email. Tuliskan, Kenari, Primadona atau Volare. Kami tunggu hingga 30 November 2013. Info lebih lanjut hubung 0561 734161 dan mention Twitter @radiovolare.

Beli Mesin Jahit Portable


Honeylizious.com – Akhirnya membeli sebuah mesin jahit portable. Kemungkinan besok akan datang. Sebenarnya mesin jahit listrik yang mereknya terkenal itu harganya memang jutaan. Tapi memang satu mesin bisa digunakan untuk beragam fungsi. Tidak hanya menjahit lurus. Tetapi memang karena banyaknya pengaturan dan ketiadaan buku manualnya jadi lumayan menyulitkan menghadapinya. Kali ini saya menemukan mesin jahit portable yang memang fungsinya hanya untuk menjahit lurus. Tidak macam-macam seperti mesin jahit listrik yang besar itu.

Selain ada tempat batrenya, jadi tetap bisa digunakan saat mati lampu, ada adaptornya juga yang membuatnya bisa dicolokin ke listrik. Jadi tak selamanya harus menggunakan batre. Belum sampe sih barangnya. Masih di perjalanan. Semoga nanti bisa lancar menjahitnya dan bisa membuat beragam dress dan hijab buat diri sendiri. Hehehehe...



Pontianak dari Berbagai Sisi


Honeylizious.com – Hanya ingin berbagi gambar dari teman-teman Borneo Kamera Ponsel Klab.




 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design