23 November 2013

Kubu Raya Kalimantan Barat


Honeylizious.com – Dulunya daerah ini masih termasuk Kabupaten Pontianak. Sekarang pun sebenarnya, kalau bukan warga Pontianak akan tetap menyebutnya sebagai bagian dari Pontianak meskipun sekarang bupatinya sudah berbeda dengan Bupati Pontianak. Kubu Raya. Beberapa teman saya tinggal di sini. Sebenarnya Kubu Raya ini keren sekali. Sebab Bandara Internasional Supadio berada di wilayah ini. Walaupun masih banyak yang menyebutnya sebagai bandara Pontianak.

Sejak pemekaran wilayah menjadi kabupaten baru, Kubu Raya memang membawa beberapa hal yang sebenarnya 'milik' Pontianak. Kalau bosan biasanya saya suka sekali datang ke Kubu Raya, sekadar melewati jalanan yang mulus menuju bandara. Apalagi pemandangannya berbeda sekali dengan yang di Kota Pontianak. Kota Pontianak terlalu banyak kendaraan yang lewat dibandingkan daerah Kubu Raya yang menuju bandara.


Kita bisa dengan tenang menikmati pemandangan dari pinggir jalan. Dari Jalan A. Yani 2 kita bisa melihat sawah, hutan, dan langit yang luas sekali. Beberapa kali saya sempat mengabadikan matahari senja di sepanjang Jalan A. Yani 2 ini. Kali ini di postingan ini pun saya ingin membagikan pemandangan yang bisa teman-teman nikmati saat berada di Kubu Raya. Sudah pernah ke Kubu Raya? Kalau sudah pernah datang ke Pontianak dengan pesawat sebenarnya tanpa sadar teman-teman sudah berada di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Nikmati Senja di Pantai Pasir Panjang


Honeylizious.com – Kota Singkawang. Kota 1000 Kelenteng. Kota Amoy. Kota yang banyak sekali tempat wisatanya dibandingkan dengan Kota Pontianak yang lebih banyak wisata warung kopi dan wisata kuliner. Tapi meskipun demikian Pontianak memang menjanjikan banyak hal yang tak saya dapatkan di Singkawang. Sebagai ibukota provinsi tentu saja Pontianak memiliki kelebihan yang tak akan dimiliki oleh kota lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

Jika memang sedang singgah ke Singkawang. Sempatkanlah untuk mampir ke pantainya yang sangat terkenal sejak dulu. Singkawang itu dikenal dulunya karena Pantai Pasir Panjangnya. Menikmati senja di Pantai Pasir Panjang akan memberikan rasa yang berbeda untuk orang yang memang menyukai senja di tepian pantai. Apalagi untuk orang yang memiliki jiwa yang romantis.

Bingung mencari tempat bulan madu yang asyik dan masih di Kalimantan Barat? Singkawang bisa menjadi pilihan yang dekat. Buat orang yang ada di Kalimantan Barat barangkali tidak terdengar sekeren Bali atau Lombok atau Jakarta. Tapi Singkawang bagi orang yang berada di NTT atau NTB adalah tempat yang sangat jauh ya. Adik saya saja kalau mau datang ke Singkawang harus naik tiga kali pesawat dulu, belum lagi harus naik bus dan kendaraan air dari tempat dia tinggal sekarang.

Masalah itu semua hanyalah masalah sudut pandang kita. Dari sisi mana kita ingin melihatnya. Kalau kita melihat Singkawang dari Kota Mempawah memang terlihat sangat dekat. Mengendarai kendaraan bermotor kita bisa tiba di Singkawang dalam waktu 1,5-2 jam. Apalagi kalau kita sudah terbiasa mengendarai kendaraan bermotor untuk ke Pantai Pasir Panjang. Tentunya bukan hal yang sulit untuk tiba dalam waktu cepat ke sana.


Senja ini, maukah kamu melihatnya dari Pantai Pasir Panjang Singkawang saja?

Damri Soooo Royal Class


Honeylizious.com – Terdengar sangat classy memang. Royal Class. Tentunya untuk orang yang akan berangkat dari wilayah timur Kalimantan Barat ke Pontianak atau sebaliknya yang akan melewati jalanan hancur lebur sepanjang perjalanan ini bisa menjadi pilihan yang terdengar nyaman. Sebab dengan demikian bisa mengurangi sedikit penderitaan penumpang yang akan berangkat dan melalui jalanan yang sangat hancur.

Memiliki jaringan internet wifi di dalamnya. Termasuk ada colokan untuk tiap penumpang. Satu penumpang dapat satu colokan yang bisa digunakan untuk mengisi batre smartphone atau netbooknya. Kalau punya powerbank yang ingin diisi juga tentu bisa menggunakan colokan tersebut. Belum lagi jarak kursi yang renggang. Membuat setiap tempat menjadi lebih luas. Di kiri hanya ada satu kursi yang berbaris ke belakang. Sedangkan di bagian kanan tiap bagian terisi dua kursi untuk dua penumpang.

Jumlah penumpangnya dalam satu bus Damri hanya 26 orang. Cukup lega memang. Kita bisa tidur dengan nyenyaknya karena tempat duduk bisa direbahkan lebih jauh dibandingkan kursi bus biasa yang ruang antara kursi depan dan belakang sempit. Belum lagi penumpang yang terlalu ramai membuat bus menjadi berisik. Buat yang tak suka dengan bus yang berisik tentunya bus Damri Royal Class bisa menjadi pilihan.

Tapi, tapi, tapi. Bukan berarti sepanjang perjalanan kita akan benar-benar nyaman. Soal internetnya, kecepatannya hanya 10-15kb/detik. Paling hanya bisa buka twitter. Jangan harap bisa buka foto-foto di instagram apalagi sampai mengunggah gambar yang kita ambil sepanjang perjalanan. Mengunduh video melalui Tubemate? Duh satu video pendek saja butuh 30-60 menit. Lalu colokannya membantu dong buat yang smartphonenya sering kehabisan batre? Ah enggak juga sebenarnya. Sebab posisi colokannya bukan dekat kursi penumpang. Melainkan di dalam bagasi yang akan kita isi dengan tas kita.

Siapa yang bisa menjamin gadget kita aman di sana? Selain rawan dicuri tentu saja kondisi jalanan yang sangat tidak mulus bisa membuat gadget yang sedang dicas menari di dalam. Siap melihat layar smartphone pecah? Netbook hilang? Powerbank rusak? Silakan gunakan colokan tersebut. Kalau memang berniat buat menggunakannya, silakan bawa kabel tambahan supaya colokannya bisa diletakkan di dekat kursi kita.

Belum lagi pendinginnya yang tiba-tiba airnya bocor dan merembes ke bagian bawah bagasi. Netes deh ke penumpang. Oiya, busnya rawan mogok juga sih. Bus yang kami tumpangi saja tiba di Pontianak pukul 9.30 pagi. Padahal semogok-mogoknya bus yang lain, paling tidak pukul 6.00 atau 7.00 sudah berada di Pontianak.

Lebih parahnya lagi, So Royal Class ini tak bisa kami nikmati sampai akhir perjalanan. Kami malah dipindahkan ke bus damri yang lebih kecil dan sempit di tengah perjalanan. Bus kecil tersebut yang akhirnya membuat kami sampai di rumah. Padahal harga yang kami bayar lebih mahal dari harga naik bus yang lain. Untuk bus Borneo kami hanya mengeluarkan 135.000/penumpang. Damri Royal Class, mencapai angka Rp165.000/penumpang dengan pelayanan di bawah standar Borneo.


Oiya, jangan buang air di dalam bus, soalnya toilet bus Damri selain sempit juga tidak rutin dibersihkan. Mendingan tunggu sampai bus istirahat di Sosok. Cukup sekali deh naik bus Damri Royal Class. I feel no so royal.

Cincin Kawin Itu...


Honeylizious.com – Sekarang sudah ada cincin yang melingkar di jari manis tangan kanan saya. Alhamdulillah. Sebentuk cincin emas telah berada di sana, mengikat saya sebagai seorang istri untuk selamanya. Nyonya Putra, terdengar sangat manis. Tak banyak yang berubah dari kehidupan saya sebenarnya. Sebab saya sudah merintis banyak hal dari awal. Menginginkan karir di dalam rumah saja. Sebagai seorang ibu rumah tangga dan juga blogger. Walaupun ternyata saya masih tak diizinkan untuk keluar dari Radio Volare. Yap! Suami memang menginginkan saya tetap berada di sana.

Cincin ini memang bukan benda yang bisa berbicara. Tapi setiap kali saya merasa lelah menjalankan tugas sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga setiap kali pula saya akan merasa kuat dengan cincin yang terus saya kenakan di jari manis tangan kanan saya ini. Bentuknya polos saja. Sesuai dengan yang saya bayangkan selama ini. Tak perlu ada permata di atasnya. Tak perlu ada ulir-ulir yang memperindahnya. Saya ingin ke mana pun saya memutarnya saya akan melihat cincin yang sama. Tak ada yang berubah dari sisi mana pun saya melihatnya. Polos begitu saja.

Bicara soal cincin ini sebenarnya saya harus menunggu semingguan untuk mendapatkannya. Keliling Kota Pontianak untuk mendapatkan cincin emas polos yang bisa saya kenakan sebagai pengikat pernikahan kami, ujung-ujungnya gagal. Padahal sudah basah kuyup di jalan. Sebab hujan turun dengan derasnya dan lupa membawa jas hujan. Waktu itu calon kakak ipar tetap semangat membonceng saya di belakang. Karena tak kunjung menemukan cincin yang dicari, mau tak mau memang memesan cincin dengan ukuran yang sesuai. Cincin polos memang banyak. Tapi ternyata ukuran jari saya kurang standar. Cincin anak-anak banyak yang pas di jari namun yang bakal jadi cincin kawin tak ada sama sekali.


Ukuran jari manis saya memang kecil. Hanya ukuran 9 yang pas. Sangat kecil. Pada akhirnya memesan sebentuk cincin emas dengan ukuran 10 supaya nanti saat agak 'berisi' cincin kawinnya masih bisa dikenakan. Itu cerita tentang cincin kawin yang saya kenakan.

Rumah Adat Dayak di Singkawang


Honeylizious.com - Selain dua rumah adat Dayak di Pontianak, ada pula rumah adat Dayak di Singkawang. Tampilan rumah adat Dayak nuansanya sebenarnya tak jauh beda. Tinggi menjulang dan panjang. Mudah sekali membedakannya dengan rumah adat lainnya. Sejak di Pontianak saya baru benar-benar melihat rumah adat Dayak. Kalau yang di Singkawang sendiri saya tidak tahu sejak kapan berdiri dan ada di sana.

Namun rumah adat Dayak ini tentunya bisa menjadi tempat wisata pilihan juga buat yang sudah bosan ke Pantai Pasir Panjang atau tak ingin wisata kuliner di Pasar Hongkong. Sebenarnya Kalimantan Barat, sama dengan provinsi lain, memiliki potensi untuk mengembangkan tempat wisatanya. Selama memang ada pembangunan ke arah sana. Entah mengapa pembangunan tempat wisata menjadi sesuatu yang sulit sekali kita lihat di Kalimantan Barat. Kota di Kalimantan Barat yang memang banyak tempat wisatanya memang Singkawang.

Banyak sekali orang yang memutuskan untuk berwisata ke Singkawang karena memang ada Pantai Pasir Panjang, ada pula taman bunga, ada kebun binatang, ada pula pulau terkecil di dunia, Pulau Simping. Tak banyak yang tahu bahwa Kalimantan Barat punya kekayaan alam yang sedemikian banyaknya. Siapa yang menyangka bahwa di tanah Borneo inilah sebuah pulau terkecil di dunia berada.

Belum lagi wisata kulinernya yang sangat beragam. Mulai dari makanan Melayu sampai Cina. Dari yang halal sampai yang tak halal. Dibandingkan kota besar lainnya, Pontianak jarang sekali macet. Berbeda dengan beberapa kota besar di Indonesia yang macetnya sudah tak tertolong lagi.


Yuk ke Kalimantan Barat!

Memancing di Sungai Kenabak Semitau Kalimantan Barat


Honeylizious.com – Suka memancing? Rasanya tempat yang satu ini akan cocok sekali buat teman-teman yang suka memancing ikan. Apalagi sambil memancing bisa menikmati pemandangan yang ada di sekitar sungai. Sungai Kenabak yang ada di Semitau, Kalimantan Barat ini menawarkan pemandangan yang sangat indah buat para pemancing yang ingin melepaskan kepenatan selama bekerja di kota. Apalagi dengan memancing kita juga bisa melatih kesabaran menunggu umpan di sambar oleh ikan yang lewat.

Belum lagi buat pemancing yang memang suka makan ikan yang masih segar. Dengan dibakar saja sudah enak kalau ikannya masih segar baru ditangkap menggunakan pancing. Warga Kalimantan Barat yang memang suka liburan sambil memancing tak perlu bingung akan ke mana. Apalagi buat warga Pontianak yang pastinya paham betul dengan Sungai Kapuas yang tak indah lagi airnya untuk dijadikan tempat memancing sambil liburan. Anak-anak juga sebaiknya jangan dibiarkan berenang di Sungai Kapuas yang sudah tercemar oleh limbah dan sampah.


Sungai Kenabak di Semitau masih belum tercemar seperti Sungai Kapuas. Apalagi di sini juga tak seperti di pinggiran Sungai Kapuas yang banyak berdiri rumah-rumah penduduk di atasnya. Limbah rumah tangga tentunya akan membuat sungai yang sudah tercemar oleh limbah pabrik menjadi semakin tercemar lagi. Yuk ke Sungai Kenabak di Semitau, Kalimantan Barat.

Masih Pantai Pulau Datok


Honeylizious.com – Ketapang dan Kayong Utara, kabupaten yang terkenal dengan amplangnya. Amplang itu mirip dengan kerupuk bantal. Kerupuk yang terbuat dari ikan. Rasanya enak jika memang dibuat dengan bahan-bahan yang sesuai dengan resepnya. Apalagi jika dibuat dari ikan belidak. Selain terkenal ale-alenya, daerah ini memang makanan khasnya adalah amplang. Untuk mendapatkannya pun tak perlu jauh-jauh ke Ketapang atau Kayong Utara. Di Pontianak sendiri banyak tempat yang menjual makanan khas Kalimantan Barat yang menyediakan amplang.

Walaupun demikian, membawa amplang dari Ketapang atau Kayong Utara akan memberikan sensasi tersendiri bagi orang yang mudik ke sana dan kembali lagi ke Pontianak atau kota lainnya.

Setelah beberapa waktu lalu memberikan pemandangan Pantai Pulau Datok, kali ini masih dari Borneo KPK (Kamera Ponsel Klab) saya mendapatkan gambar dari sudut yang lain dari Pantai Pulau Datok. Buat yang belum pernah ke Kayong Utara, selamat menikmati pemandangannya di blog ini. 

Pontianak: Wajah Baru Tugu Digulis Universitas Tanjungpura


Honeylizious.com – Orang-orang menyebutnya bundaran Untan. Walaupun bundaran dengan logo Untan sebenarnya ada di pertengahan Jalan Daya Nasional. Terletak di simpang empat SMA Santun Untan. Untan itu kependekan dari Universitas Tanungpura. Sebuah universitas negeri di Kalimantan Barat. Sekarang bundaran yang terletak di depan pintu gerbang Untan memiliki wajah yang baru. Sekarang sudah berubah menjadi bundaran dengan air mancur. Barangkali dibuat seperti bundaran HI di Jakarta.

Terlepas dari itu semua, bundaran Untan yang di tengahnya ada Tugu Digulis, tugu yang memajang bambu-bambu kuning raksasa buatan manusia. Sekarang tak bisa lagi menyeberangi Tugu Digulis seperti saat saya masih sibuk ke kampus dulu. Jalan kaki. Menyeberangi jalan dengan cara menyeberangi bundaran. Sekarang tak ada lagi taman di tengah bundaran tersebut. Selain Tugu Digulis yang ada adalah air mancur yang akan dinyalakan malam hari. Memberikan pemandangan baru untuk masyarakat yang melewatinya.


Bahkan sudah ada yang menggunakan bundaran Digulis ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Wajahnya yang baru semoga menjadi awal yang baru buat Kota Pontianak menjadi lebih baik lagi.

Wilayah Timur Kalimantan Barat Trip (17) Gerakan Rp1.000 Untuk Jalan Sanggau Memulai Aksinya

Trip (7)
Trip (8)
Trip (9)
Trip (10)
Trip (11)
Trip (12)
Trip (13)
Trip (14)
Trip (15)
Trip (16)


Honeylizious.com - Akhirnya Gerakan Rp1.000 untuk Jalan Sanggau memulai aksinya untuk memperbaiki jalanan di wilayah timur Kalimantan Barat yang selama ini memang hancur lebur seperti bubur. Banyak yang berlubang. Banyak pula yang penuh tanah kuning yang membuat jalanan menjadi sangat licin. Pengendara dituntut kehati-hatiannya saat berkendara. Apalagi jika yang dikendarai adalah truk yang penuh dengan muatan. Bisa terbalik jika memang tidak hati-hati.

Uang sumbangan yang terkumpul sudah digunakan oleh anggota Gerakan Rp1.000 untuk Jalan Sanggau untuk memperbaiki jalanan yang rusak parah di wilayah timur Kalimantan Barat itu. Kendaraan berat yang biasa digunakan untuk mengeraskan jalan pun sudah diturunkan.

Tentunya saat jalanan ini sudah mulus dan bisa digunakan dengan nyaman oleh masyarakat, jangan lupa untuk memasang plang bertuliskan 'Jalanan Ini Dibangun atas Sumbangsih Masyarakat'. Harusnya pemerintah yang bertanggung jawab malu dengan masyarakat yang akhirnya melakukan gerakan sendiri untuk memperbaiki jalan negara. Bukankah masyarakat membayar pajak kepada negara.

Seperti yang saya bilang sejak awal, uang Rp1.000 mungkin buat banyak orang sama sekali tak bernilai. Hanya bisa untuk membayar parkir motor satu kali. Atau diberikan pada pengemis di lampu merah. Tetapi kalau uang Rp1.000 itu dikumpulkan bersama-sama oleh banyak orang tentunya akan mencapai angka yang tidak sedikit dan bisa membuat perubahan yang besar di negara kita.

Ferrero Rocher


Honeylizious.com – Tahu makanan yang satu ini? Saya dulu paling terkesan dengan iklannya yang ditayangkan di saluran televisi Malaysia. Memang waktu kecil televisi yang menggunakan antena biasa bisa menangkap siaran televisi negara tetangga tersbeut. Sedangkan untuk televisi nasional sendiri malah tidak jelas gambarnya. Apalagi untuk televisi swasta. Harus menggunakan antena parabola dan digital. Lengkap. Kalau tidak jangan harap bisa menonton siaran negeri sendiri.

Balik lagi ke makanan yang satu ini. Iklannya dulu yang saya ingat itu yang bersi dua orang pengantin. Sang pengantin pria menyiapkan sejambak bunga yang ternyata bagian kelopak bunga yang harusnya berisi helaian bunga malah diganti dengan Ferrero Rocher ini. Hingga hari ini saya belum pernah makan Ferrero Rocher. Hanya melihat kotaknya dipajang di swalayan yang ada di Kota Pontianak.


Kalau melihat dari iklannya sih sepertinya memang enak. Barangkali kapan-kapan harus singgah ke swalayan dan mengambil sekotak Ferrero Rocher untuk menuntaskan rasa penasaran terhadap rasa Ferrero Rocher sendiri. Enak tidak ya? Eh iya ini ada label halalnya kan?

Mau Menunggu Jalan M. Sohor Pontianak Semiring Apa?


Honeylizious.com – Warga Pontianak yang sering melintasi jalan yang ada di seputaran Radio Volare pasti sekarang mulai merasakan jalan di seberang Radio Volare mulai miring. Penyebabnya karena lokasi yang dulunya dijadikan cafe tersebut sekarang beralih fungsi. Menjadi tempat mangkalnya mobil yang membawa peti Temas dan juga truk-truk berat. Tidak butuh waktu yang lama untuk membuat jalanan tersebut menjadi miring.

Jalan raya umum harusnya dijaga untuk kepentingan masyarakat umum. Kalau memang kondisi jalan tidak memungkinkan, selain sekarang sudah miring, jalannya juga sempit. Jalan M. Sohor tidak seluas Jalan A. Yani yang. Jadi ketika mobil-mobil besar itu mau lewat akan menyebabkan kemacetan bagi pengguna jalan raya yang lain. Sebab di dekat tempat mangkalnya itu memang banyak belokan dan simpang.

Dulunya Jalan M. Sohor bisa menjadi jalan alternatif bagi pengguna jalan yang tak ingin terjebak macet. Sebab jalanan ini lumayan sepi dibandingkan Jalan A. Yani. Namun sekarang jalan ini menjadi jalan yang cukup berbahaya. Selain karena lubang-lubang yang mulai bermunculan, kondisi jalan yang miring juga cukup mengkhawatirkan. Apalagi bagi pengguna sepeda motor yang bisa saja terjungkal karena kesulitan menyeimbangkan kendaraannya dengan kondisi jalan.


Tidak tahu sampai kapan orang-orang yang lebih mementingkan kepentingan dirinya ini menggunakan tempat tersebut sebagai tempat mangkal kendaraan berat mereka. Mau menunggu Jalan M. Sohor Pontianak semiring apa baru mereka sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu tidak sesuai untuk diteruskan?
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design