20 November 2013

I Love These Cookies



Salad Indonesia


Suka dengan berbagai buah-buahan di dalam satu mangkok? Apalagi ada yang rasanya asem dan manis. Belum lagi teksturnya yang bermacam-macam. Salad identik dengan makanan luar negeri ya. Tapi saya suka menyamakan salad luar negeri dengan salad yang satu ini. Istilah kerennya rujak. Hahaha...

Sudah merasakan salad resep luar negeri di gerai makanan cepat saji dan saya tetap lebih suka dengan rujak. Kacang tanah gorengnya yang halus. Rasa terasinya. Air asam jawanya. Rawitnya. Tetap tak bisa digantikan oleh salad mana pun.

Tadi sore berkali-kali keluar rumah karena mendengar bunyi piring yang dipukul dengan sendok. Saya yang lapar mengira itu suara mamang bakso gerobak dorong. Pengen beli ceritanya. Tapi sudah berkali-kali keluar dan mendengar bunyi yang sama, di dalam komplek tak ada siapa-siapa. Maksudnya tak ada satu mamang pun yang saya lihat yang lewat. Bahkan saya sampai melongok ke pintu gerbang komplek yang memang tak jauh dari rumah kami.

Tak ada orang.

Sore yang horor. Hingga akhirnya suara dentingan piring itu semakin dekat dengan rumah. Ternyata mamang rujak. Hahaha...


setelah meletakkan piring di meja gerobak dorongnya saya kemudian tahu harga satu porsinya hanya 7.000IDR. Isinya sepiring penuh. Kacangnya banyak. Rasanya juga enak. Suka sekali. Kapan-kapan semoga ketemu lagi dengan mamang rujak yang sudah berjualan 28 tahun ini. Widih lebih lama dari kelahiran saya di muka bumi.

Kucing Piaran Itu....


Alergi pada bulu hewan dan asap, kadang juga debu membuat saya harus berpikir berkali-kali untuk memelihara hewan. Sebab saya akan bersin tak berhenti setiap ada debu atau bulu hewan yang beterbangan di udara. Tapi saat mampir ke rumah pamannya Putra di Sintang beberapa waktu yang lalu dan melihat kucing-kucing di sana yang sedemikian manjanya dengan tuannya membuat saya ikut senang melihatnya. Bahkan tidak hanya pada tuannya. Mereka juga manja sekali dengan saya. Saya yang biasanya tidak akan didekati oleh kucing, selama di rumah mereka harus rela diserang kucing-kucing tersebut.

Diserangnya tidak menyakitkan kok. Mereka akan duduk di pangkuan saya. Ada yang tiduran. Bahkan ada beberapa yang mencium dagu saya, padahal tak pernah sekali pun saya selama itu berada di dekat kucing. Memang pada akhirnya bersin berkali-kali. Namun kalau kucing piaraannya selucu yang ada di gambar postingan ini rasanya saya mau memeliharanya.


Kamu?

Oreo Aku Padamu



Membuat biskuit atau cookies memang menyenangkan kalau memang kita hobi atau pintar membuatnya. Buat yang tidak hobi dan ternyata tidak pintar seperti saya tapi tetap ingin menyediakan biskuit di rumah sebenarnya tak butuh keahlian khusus kalau kita bisa memutar otak dan menciptakan makanan baru dari makanan yang sudah ada.

Jadi lupakan sejenaklah resep masakan yang kita temukan di internet atau buku lama di rumah. Sebab masih banyak cara mengubah biskuit biasa menjadi luar biasa. Seperti biskuit cokelat Oreo. Bisa menjadi lebih istimewa dengan sedikit taburan warna-warni di bagian yang sudah dioles krim putih susu.

Masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah makanan yang sudah ada menjadi makanan yang berbeda dan disediakan untuk orang-orang tersayang di rumah. Berpikir saja dengan sederhana jika keahlian kita belum setaraf dengan Farah Quinn. Kita tak perlu jago masak hanya untuk menyiapkan sarapan istimewa untuk orang yang kita cintai. Sediakan saja sepiring oreo yang sudah dihias seperti ini lalu buatkan segelas susu atau teh sebagai teman biskuitnya.

Punya makanan apa di dalam kulkas yang mau diubah jadi makanan istimewa?

The Secret


Setiap orang punya rahasia dalam hidupnya. Bahkan ada yang punya banyak sekali. Jangan-jangan memang setiap orang punya banyak rahasia. Rahasia biasanya adalah sesuatu yang tak ingin kita ceritakan pada orang lain. Sesuatu yang ingin kita sembunyikan. Bahkan kalau bisa kita lupakan agar tidak ingat untuk kita sebut. Tapi rahasia tetap rahasia. Sesuatu yang terus kita ingat. Kita ingat untuk tidak diceritakan pada siapa pun.

Rahasia. Memang sangat mengganggu. Apalagi kalau rahasia tersebut memalukan atau membuat kita merasa bersalah karena memiliki rahasia itu. Tapi siapa sih di dunia ini yang tak punya salah dan hal memalukan. Kita punya keanehan kita masing-masing. Karena kita diciptakan seperti itu.

Biarlah rahasia menjadi rahasia. Apalagi jika kita tak hanya menyebutnya sebagai rahasia. Melainkan aib yang tak ingin kita ceritakan pada orang lain. Hanya bisa menyimpannya sendirian dalam kepala lalu berharap bisa memutar waktu ke belakang dan mengubah apa yang kemudian menjadi kesalahan kita sendiri. Lalu kita simpan di dalam bagian kehidupan kita sebagai sebuah rahasia.

Saya ingat dengan baik seseorang pernah mengatakan pada saya bahwa yang namanya 'sudah lewat' ya sudah lewat. Tak perlu diharapkan untuk berbalik dan bisa diperbaiki kembali. Apa pun kesalahan kita. Apa pun rahasia kita. Jangan sampai menjadi sesuatu yang menghalangi kita untuk maju dan menjadi orang yang lebih baik lagi.


Keep smiling :)

Yuk Ikut Penggalangan Dana di Bundaran Digulis Untan: Sedekah Khatulistiwa 6



Gerakan Kemanusiaan
Sedekah Khatulistiwa 6
Nama: Syahril
Umur : 1 Tahun 6 Bulan
Alamat : Jl. Desa Mega Timur, Kec Sui Ambawang
Kabupaten : Kubu Raya
Diagnosa: Tumor Mata Stadium 3
Dirawat di : Rs Sudarso Pontianak ( Rabu Tanggal 20 November 2013 baru masuk )Biaya Yang dibutuhkan : Belum diketahui

Akan diadakan panggalangan dana pada tanggal 22 November 2013 di Bundaran Digulis Untan. Pukul 15.00 s/d selesai.Yang ingin ikut berpartisipasi silakan bergabung dan berkumpul di Kopma Untan tepatnya di Presidenz Kreatipz setelah salat Jumat.

I Wish My Eyes Could Take Photos


Seberapa sering kita berada di alam terbuka dan ingin sekali mengabadikan banyak hal yang kita sebut dengan 'indah'. Saya yakin saat melihat langit setiap hari kita pun akan merasa betapa indahnya ciptakan Tuhan tersebut. Setiap hari kita tetap merasa langit itu indah tanpa pernah merasa bosan. Sebab setiap hari gumpalan awan yang menghiasinya tak akan sama dengan hari-hari sebelumnya.

Kadang saya ingin sekali mengedipkan kelopak mata dan mengabadikan pemandangan tersebut dalam bentuk digital. Barangkali Google Glass akan cocok sekali dengan kita yang ingin menunjukkan keindahan dan tak keindahan sekitar kita kepada banyak orang. Tetapi lebih banyak sih tentu bagian keindahan yang ingin kita tampilkan.

Seandainya memang sebuah kedipan mata sama dengan membidikan kamera dan menekan tombol 'jepret'-nya. Akan sangat menyenangkan untuk kita yang bepergian dan tak ingin direpotkan dengan mengeluarkan kamera atau smartphone lagi. Tapi keindahan itu kalau bisa sih tetap seindah yang kita lihat. Tidak kabur atau rendah resolusinya. Sebab kamera yang dijual dalam bentuk kacamata yang beredar di Indonesia kayaknya kurang meyakinkan untuk mengabadikan pemandangan tersebut dalam resolusi tinggi.

Sekarang ini hanyalah sebuah impian, keinginan dari lubuk hati yang paling dalam. Tapi siapa tahu pada akhirnya Google Glass akan disediakan untuk umum. Akan sangat menyenangkan bisa mengabadikan banyak hal di sekitar kita. Sebab banyak hal yang tak akan terulang untuk kedua kalinya.


I wish my eyes could take photos.

Ganti Antena WIGO 4G yang Baru


Kadang kalau tak ada masalah dengan WIGO 4G pastinya tak akan menyadari betapa beruntungnya bisa menggunakan jaringan ini buat browsing. Terutama buat ngeblog. Termasuk unggah foto atau rekaman suara. Saat dua hari tak bisa menggunakannya karena antenanya rusak, jatuh ditiup angin, sekarang sudah bisa menggunakan jaringan cepatnya lagi seperti biasa. Alhamdulillah.

Gara-gara angin yang sangat kencang meniup kayu ring yang digunakan sebagai penyangga antena WIGO 4G dan juga antena televisi, akhirnya kayu tersebut tak kuat menahan angin. Sebab kita tahu sendiri kayu yang seperti itu tidak lentur seperti bambu.

Setelah bisa menggunakannya seperti biasa tak terkira betapa senangnya. Sebab dari banyak provider yang saya gunakan untuk berinternet ria, yang tercepat memang WIGO 4G. Saat terpaksa menggunakan provider yang lain terasa sekali bedanya. Lemot dan tentu saja sangat makan waktu. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk ngeblog. Berbeda jauh dengan WIGO 4G yang tak perlu menunggu lama untuk membuka kotak 'new entry' di blogger.

Apalagi kalau hanya browsing untuk mencari inspirasi.

Catatan penting nih buat teman-teman yang sudah menggunakan WIGO 4G dan menggunakan antena tambahan. Jangan sampai terjadi kesalahan pemasangan oleh pengguna dan yang boleh memasang hanya teknisinya. Kita tidak bisa sesuka hati memasang dan mencabut antena di. Apalagi kalau sampai menimbulkan kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna. Bisa didenda 600.000IDR. Kerusakan yang mendapat penggantian secara gratis hanyalah karena bencana alam. Seperti ditiup angin kencang hingga jatuh atau tersambar petir.


Happy blogging. :)

Opak Singkong


Beberapa waktu yang lalu baru pulang jalan-jalan dari Sintang. Mendapatkan banyak sekali oleh-oleh. Saya sendiri hanya membeli dua botol madu hutan untuk disimpan di rumah. Rencananya buat diminum satu sendok setiap hari. Supaya tetap sehat dan kuat. Maklum sekarang tak bisa seperti dulu lagi yang hidup seenaknya dan semaunya. Sekarang sudah ada yang harus diurus dan dijaga.

Satu di antara oleh-oleh tersebut adalah opak singkong. Di rumah mertua tadi siang digoreng dan dikasih gula merah yang sudah dijadikan karamel di atasnya.

Sebenarnya saya lebih suka opak singkong yang asin dan dimakan dengan air cabai rawit. Tentu saja tidak membutuhkan gula merah yang dijadikan karamel. Makanan ringan ini mengingatkan saya pada masa sekolah dasar dulu. Entah mengapa di sekolah dasar makanan ringan seperti opak singkong ini mudah sekali didapatkan. Apakah karena memang penggemarnya selalu anak-anak? Padahal sebagai orang dewasa saya masih suka sekali dengan opak singkong.


Opak singkong dan air cabainya yang juga dikasih jeruk itu. Duh membuat air liur saya menetes. Apalagi makanan yang satu ini di Kalimantan Barat memang mudah sekali ditemukan. Tinggal datang saja ke sekolah dasar terdekat. Kita akan menemukan opak singkong yang dimasukkan dalam kantong transparan yang besar dan tergantung di dinding. Rata-rata membuat opak singkong yang membulat. Mengapa opak singkong yang dijual selalu bulat bentuknya? Saya sendiri tak bisa menjawabnya. Apakah ada orang yang sudah berpengalaman mengenai bentuk opak singkong ini?

Membuat Bros Hijab Polkadot


Mendapatkan tambahan bahan lagi di rumah. Baju polkadot yang sobek ternyata tak perlu dibuang atau dijadikan kain lap. Bisa dimanfaatkan untuk membuat barang yang lebih indah. Tentu saja sesuai judulnya yang saya buat adalah bros. Dari pakaian yang saya gunting saya rasa saya bisa membuat paling tidak selusin bros untuk kerudung atau hijab.

Membuatnya juga tidak sesulit bros yang saya jadikan hadiah buat teman-teman di luar Kalimantan Barat yang ingin dikirimi undangan pernikahan kami. Sebab bros yang itu lebih capek menggunting dan membuat pola untuk setiap kelopak bunga brosnya. Sebab yang ini hanya membutuhkan satu potongan kain yang panjang. Cukup dijahit jelujur dan ditarik untuk mengerutkannya dan membuatnya menjadi bulat seperti bunga.

Bahan kain yang lembut dan tipis akan lebih cantik lagi. Apalagi kalau teman-teman punya kain sisa membuat tutu dress atau rok tutu untuk anak di rumah. Akan lebih lucu dengan kain yang agak transparan seperti itu. Tapi kalau memang tak punya bahan dan hanya ada kain-kain dari pakaian yang sudah kekecilan atau sobek memang sebaiknya digunakan untuk membuat bros. Dibandingkan harus membeli bros di pasaran dan takutnya malah samaan dengan orang lain. Mendingan bikin sendiri dan modifikasi seperti yang kita mau.


Membuatnya juga tidak butuh waktu yang lama. Palingan 5 menit sudah jadi kok satu bros. Jadi dalam satu jam bisa membuat banyak sekali bros cantik seperti bunga ini. Selamat mencoba ya!

Unbelievable We Are Married


Rasanya hingga hari ini hampir tak banyak yang berubah. Saya masih ngeblog. Masih makan seperti biasa. Masih duduk di depan komputer yang sama. Hanya berganti tempat tinggal. Tetap juga mengenakan pakaian yang setiap hari saya kenakan di rumah. Walaupun banyak pakaian yang nambah di dalam lemari baru yang dibeli beberapa hari yang lalu. Rencananya lemari untuk dibagi berdua dengan suami. Pada akhirnya hampir semua bagian penuh sesak oleh pakaian saya sendiri.

Padahal sudah lewat 2 minggu. Tapi tetap saja ada yang janggal ketika merasa sekarang sudah memiliki status yang baru. Sudah menikah. Padahal inilah yang sejak lama saya mau. Sudah lama sekali menginginkan ibadah terbesar yang bisa saya lakukan berdua dengan seseorang yang kemudian menjadi pasangan hidup saya hingga maut memisahkan.

Barangkali begini juga yang dirasakan oleh kebanyakan pengantin lainnya yang masih baru menikah. Apalagi jika orang yang kita nikahi adalah orang yang tak berapa lama kita kenal dan tiba-tiba saja statusnya berubah dengan cepat menjadi suami. Sekarang ke mana-mana tak lagi sendirian. Sudah ada suami yang menemani. Tak perlu lagi mengendarai sepeda motor seorang diri, sudah ada yang menggonceng di belakang.


Tak percaya. Tapi sudah terjadi ternyata dan sudah saatnya untuk dijalani.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design