15 Oktober 2013

Tahun Ini Kamu Berkurban Apa

Jangan hanya kurban perasaan setiap tahunnya.

Akhirnya Menemukan Pinset

Kemarin sore selesai siaran saya berkeliling pasar di Pontianak berusaha mencari pinset yang mirip dengan pinset yang digunakan oleh dokter gigi untuk menjepit gigi yang akan dicabut. Bentuknya lurus dan ujungnya kecil.

Bahasa Inggrisnya tweezers. Beberapa toko yang menjual pernak-pernik untuk membuat prakarya ternyata tak memahami maksud saya dan memang tak menjualnya. Pilihan satu-satunya hanya tempat yang menjual perkakas dokter.

Pasti mahal. Itu yang ada dalam kepala saya. Belum lagi kalau diharuskan membeli satu set perkakas dokter gigi. Padahal saya bukan dokter gigi dan tak membutuhkan semua alatnya sekaligus.

Untungnya setelah masuk beberapa apotek dan tempat yang menjual perkakas dokter dan alat rumah sakit menemukan pinset tersebut di Kalimantan Riset di Jalan Agus Salim. Dijual terpisah dengan harga 12.500IDR. Tentu saja saya senang sekali menemukannya. Jadi sekarang bisa membuat kanzashi yang kelopaknya kecil dengan mudah.

Cara Menghilangkan Kecoa

Setelah menuliskan tentang cara mengusir tikus menggunakan daun sirsak ternyata mengundang pertanyaan baru. Bagaimana caranya mengusir kecoa?

Kalau selama ini saya sendiri tidak akan ngeri dengan kecoa. Saya akan segera menepuk kecoa tersebut hingga mati kalau memang kebetulan melihatnya. Tapi kalau jalan kecoanya cepat sekali akan saya biarkan saja lewat. Beda dengan tikus yang akan membuat saya segera lari atau pindah posisi.

Tikus memang menakutkan. Beda dengan kecoa yang lebih kecil dan tak semenjijikkan tikus. Selain membunuh kecoa yang saya temukan untuk mengusir kecoa rasanya bisa menggunakan semprotan serangga atau kapur ajaib.

Ada yang tahu cara alaminya?

Bagaimana Jika Ini Idul Adha Terakhirmu?

Apa yang akan kamu kurbankan?

Pikangsuang

Ada yang tahu tentang salep ajaib ini? Harganya murah dan bisa didapatkan di banyak toko obat atau apotek. Untuk menghilangkan bekas luka biasanya memang banyak yang menggunakannya. Apalagi kalau yang pengen wajahnya mulus dari bekas jerawat. Apabila memang cocok hasilnya bisa maksimal.

Kali ini saya membutuhkan salep ini untuk memuluskan bekas jatuh dari motor beberapa hari yang lalu. Alhamdulillah lecetnya sudah sembuh dan mengering. Tinggal menunggu bagian cokelatnya mengelupas dan bekas kapasnya menghilang.

Sebelumnya berobat ke puskesmas untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit. Supaya bisa berjalan dengan tenang. Sebab sebelumnya ada rasa yang tidak nyaman pada luka itu. Ada denyut dan nyeri. Sekarang sudah lumayan bisa normal berjalannya.

Membawa motor sendiri masih sedikit trauma. Ada yang tahu dengan salep Pikangsuang (maafkan penulisannya jika memang keliru).

Love Quote #8

Jangan pernah memandang ke belakang, karena kamu tidak akan pernah melewati jalan itu lagi. - Rohani Syawaliah, 27 tahun, malas melihat spion.

Lontong Pertama di Rumah Mertua

Makanan yang paling enak itu yang dimakan di tengah-tengah keluarga.

Berkurban Itu

"Berkurbanlah sesuai kemampuan, kalau mampu beli aipun, aipet, aipot, dan ai ai lainnya, tentu mampu beli aikambing.' - Rohani Syawaliah, sedang ngeblog pake hape Lenovo A800 hasil hadiah ngeblog.

Makna Lebaran Haji?

Kalau di Jawai setiap lebaran haji tak kalah meriahnya dengan lebaran Syawal. Ada banyak kue lapis dan tetangga saling berkunjung ke rumah tetangganya masing-masing. Selain itu tentunya banyak yang mendapatkan jatah daging kurban.

Sudah lama sekali rasanya sejak akhir kali saya menjadi bagian lebaran haji yang meriah itu. Bisa menahan air mata karena tak bertemu dengan keluarga besar rasanya sudah cukup menyenangkan. Tak ada keinginan untuk merayakannya dengan meriah.

Sekarang saya punya keluarga besar yang bisa menjadi tempat saya merayakan lebaran haji bersama. Ada lontong dan lauk-pauk. Ternyata saya hanya tak ingin sendirian saat merayakan lebaran haji. Bangun pagi di tengah-tengah keluarga yang sibuk menyiapkan makanan lebaran.

Walaupun tak bisa ikut salat idul adha di mesjid terdekat, kebersamaan ini sudah lebih dari cukup untuk memaknai lebaran haji.

Selamat lebaran idul adha semua.

Rahasia Tuhan

Kadang kita memang tak bisa menjadi orang yang sabar menunggu. Tak jarang kita bertanya-tanya dan meminta dengan sedikit memaksa pada Tuhan. Doa-doa yang kita panjatkan memang selalu sampai pada-Nya. Karena Dia Maha Penerima Doa. Doa-doa yang kita panjatkan memang tak selamanya terwujud. Ada yang terwujud tapi beda dengan target yang kita inginkan.

Hidup bukan milik kita. Bahkan kematian juga bukan. Semua miliknya. Kita hanya punya pilihan untuk menjalaninya sesuai dengan yang kita mau. Mau jadi orang yang taat atau yang ingkar. Semua akibat akan menunggu. Kehidupan adalah proses menanam benih yang Tuhan berikan. Kita bisa memilih benih yang mana ingin kita tumbuhkan.

Kita akan memanennya nanti saat kematian menjemput kita. Hidup itu setiap hari tapi kematian adalah rahasia Tuhan. Masih banyak rahasia yang tak bisa kita ungkapkan. Hanya Tuhan yang punya andil untuk menyingkapnya. Kita memang hanya manusia. Manusia yang batas kesabarannya sangat tipis. Beruntunglah orang yang bisa menebalkan kesabarannya dan rasa syukurnya.

Saat Tuhan memberikan sesuatu yang diinginkan dia bersyukur. Saat Tuhan mengambil sesuatu yang berharga baginya dia bisa bersabar.

Banyak hal di dunia ini yang menjadi keinginan kita. Untuk menetramkan hati dan menyenyakkan tidur kita. Begitulah hidup. Sebentar saja kita di dunia dan saat kita sudah tak berada di sini lagi kita akan sadar kita tak membawa banyak hal. Selain amal dan dosa.

Tuhan punya rahasia. Maukah kamu berbagi dengan-Nya?

 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design