15 September 2013

Review Kuliner: Apam Mangkok


Panganan dari beras yang mengembang ini di Kalimantan Barat disebut Apam. Beberapa tempat menyebutnya demikian. Tapi tak tahu kalau ada kota lain di Kalimantan Barat yang menyebutnya dengan nama yang lain.


Maafkan gambarnya yang tak begitu terang karena memang keadaan waktu itu tak banyak cahayanya dan kamera yang digunakan juga tanpa flash.

Review Kuliner: Telur Dadar


Ini makanan sederhana yang paling mudah dibuat dan ditemukan di rumah. Siapa yang tidak tahu dengan telur dadar? Telur dikocok diberi garam dan bawang, ada yang suka menambahkan sayuran dan cabai juga di dalamnya. Lalu digoreng hingga matang. Telur dadar gampang dibuat tapi tetap mengandung nutrisi yang kita butuhkan. Protein.

Beberapa hari yang lalu saya makan telur dadar yang cukup enak di rumah seorang teman. Telur dadarnya saya usahakan bisa ditangkap gambarnya dengan cantik. Beberapa kali saya ganti posisi pengambilan gambar dan mengambil fotonya dengan beberapa jarak yang berbeda. Ini foto yang terakhir dan rasanya paling indah dibandingkan banyak foto telur dadar lainnya.

Dibandingkan harus memotret pemandangan rasanya lebih menyenangkan bisa menjepret makanan. Karena di Pontianak sendiri pemandangannya tak banyak yang bisa difoto. Berbeda dengan makanan, selalu kita hadapi setiap hari. Bagaimana hasil fotonya? Bagus?

Review Kuliner: Sayur Bayam Organik

Kemarin siang saya mencicipi sayur bayam organik untuk pertama kalinya. Sebab biasanya saya terbiasa makan di warung nasi dan jarang sekali menemukan warung yang menyediakan makanan organik. Bisa-bisa mereka harus menaikkan harga makanan yang mereka jual untuk menempatkan makanan organik dalam menu makanan mereka.

Kebetulan ada yang mengajak makan siang di rumahnya dan ternyata beliau memasak sayur bayam organik. Lidah saya yang tak terbiasa dengan sayuran organik sebenarnya tak begitu bisa merasakan perbedaan sayur bayam organik dan bukan. Bagian lucunya adalah bayam ini tidak mereka sebut sebagai bayam organik melainkan bayam kampung. Ditanam dengan cara alami dan tanpa tambahan pupuk kimia. Bahkan proses penanamannya tidak melalui modifikasi genetis dan lainnya.

Bayam organik sih kalau menurut beberapa sumber yang saya baca.

Kembali lagi ke masalah sayur bayam organik yang saya makan kemarin, ditumis dengan sedikit bumbu dan tambahan ikan salai lais. Sedap sekali rasanya. Apalagi saat dikunyah dan ternyata terselip ikan salai lais di dalam daun bayam tersebut.

Sudah pernah makan sayuran organik?

Paket Murah Oleh-Oleh Pontianak


Bingung ingin membeli apa saja di Oleh-Oleh Pontianak tetapi tetap ingin mencicipi makanan khas yang ada di sini? Tak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang untuk beberapa jenis makanan khas Kalimantan Barat? Tenang sekarang Honeylizious.com sedang membuat penawaran paket lengkap murah oleh-oleh Pontianak yang wajib kamu cicipi. Paket ini belum termasuk ongkos kirim. Untuk ongkos kirim bisa cek di JNE.co.id.

Paket 200.000IDR
Karena di Oleh-Oleh Pontianak melayani orderan minimal 200.000IDR kita mulai dari paket dengan harga 200.000.
Paket 1
Lempok 500 gram.
Stik keladi original/keju/barbeque/balado 100 gram.
Amplang bungkus sedang.
Kerupuk Aloevera 200 gram.
Jelly Aloevera 200 gram.
Teh aloevera isi 25.
Juhi Bakar satu toples.

Paket 2
Stik keladi susun 500 gram.
Amplang bungkus sedang.
Kerupuk Aloevera 200 gram.
Jelly Aloevera 200 gram.
Teh aloevera isi 25.
Juhi Bakar satu toples.
Dodol aloevera.

Paket 3
Kalau memang paket 1 dan 2 belum sesuai dengan selera silakan membuat susunan paket sendiri dan akan saya tambah atau kurangi jika tidak sesuai dengan harga paket.

Info harga barang lebih lengkap di oleh-oleh Pontianak.

Another Lunch


Enjoy!

Siapa Bilang Minggu Itu Akhir Pekan


Banyak orang memulai hari kerjanya pada hari Senin. Sehingga banyak juga yang beranggapan bahwa hari Senin itu tak menyenangkan. Hari Senin itu menakutkan. Hari Senin selalu menyebalkan. Masih banyak anggapan lain yang menganaktirikan hari Senin.

Bagi saya sendiri, berbeda dengan banyak orang, saya memulai hari kerja pertama itu hari Minggu. Jadi saat orang menikmati hari Minggu sebagai akhir pekan, saat itulah saya harus mengakui saya harus bangun dan bekerja. Memang tak begitu panjang. Hanya 2 jam berada di ruang siaran siang-siang bolong. Namun tetap saja bekerja judulnya.

Akhir pekan itu rasanya lebih tepat ditujukan pada hari Jumat dan Sabtu termasuk juga Selasa dan Rabu, karena pada empat hari itu saya tidak bersiaran. Saya hanya menghabiskan banyak waktu di dalam kamar hanya untuk menulis. Kadang saya tiduran saja di kamar menikmati hidup dengan guling-guling di tempat tidur.

Menyenangkan sih kerja hanya 3 hari dalam seminggu dan sisanya saya hanya sibuk keliling Kota Pontianak, kalau tidak makan-makan sambil jalan-jalan biasanya saya akan mampir ke toko langganan tempat saya mengambil barang dagangan. Itu kalau ada pemesan oleh-oleh Pontianak. Kalau tidak ada saya biasanya jalan bersama teman-teman.


Siapa bilang hari Minggu itu akhir pekan? Itu adalah hari pertama pada pekan yang harus saya jalani. Jadi saat orang menanti-nanti hari Minggu tiba, saya biasanya lebih menanti hari Selasa dan Rabu atau Jumat dan Sabtu. Lebih seringnya sih Selasa dan Rabu sebab Sabtu ada kuliah Radio Volare yang harus saya jalani.

Menunggu Sepatu Lukis Ekspresi Tiba


Sudah 2 minggu saya menunggu sepatu lukis ekspresi yang saya pesan. Sudah tak sabar rasanya mengenakan sepatu kuning dan ungu tersebut. Besok sepertinya saya harus menyiapkan setidaknya dua pasang kaos kaki. Sepasang kaos kaki kuning dan sepasangnya lagi ungu. Lebih lengkap lagi mengenakannya dengan membalik warna kaos kakinya. Jadi untuk bagian ungu saya akan mengenakan kaos kaki kuning dan untuk sepatu yang warna kuning saya akan mengenakan kaos kaki ungu.

Terdengar akan sangat aneh nantinya. Ah namanya juga promo sepatu. Rencananya saya membuat target untuk mendapatkan pesanan paling tidak 200 sepatu dari Indonesia dan 50 dari luar negeri. Entahlah apakah nantinya akan benar-benar bisa bekerja sama dengan lancar dengan sang pelukis sepatu sebab pelukisnya sendiri sangat teliti dalam melukis. Dia tak mau membuat sepatu terlalu terburu-buru dan akan berusaha menyelesaikan sepatunya dengan sempurna di matanya.

Sepatu lukis ekspresi ini tak terbatas pada dua warna ini saja. Bahkan warna, corak, dan tokoh kartun yang lain juga bisa dicoba untuk dibuat. Beberapa hari yang lalu saat saya mengirimkan pesan singkat kembali kata sang pelukis sepatunya siap hari Sabtu, yaitu kemarin. Itu artinya Senin dikirim dan selasa semoga sudah sampai dan saya bisa memamerkannya dengan bangga.

Sebenarnya selain ingin promo sepatu saya sendiri ingin mengenakan sepatu supaya saya bisa menutup aurat di bagian telapak kaki, sebab saat saya membaca banyak sekali artikel yang membahas tentang aurat perempuan dan ternyata kaki juga aurat perempuan. Wah padahal selama ini saya dengan santai saja mengenakan sandal yang membuat kaki saya kelihatan oleh banyak orang.

Pikir saya waktu itu karena kaki kan tidak seksi dan tidak membuat seorang lelaki ‘naik’. Ternyata saya keliru, telapak kaki juga tetap aurat. Hingga hari ini masih terus berusaha menyempurnakan penutupan aurat dan belajar lagi tentang Islam. Setidaknya sekarang saya bisa menutup bagian telapak kaki dengan sepatu yang lucu.


Buat teman-teman yang berminat untuk bekerja sama dengan honeylizious.com atau ingin membeli sepatu ini dengan gambar pilihan sendiri silakan hubungi honeylizious[at]gmail.com atau cek di sini.

Malam Minggu Kelabu


Malam Minggu tadi siapa yang akhirnya membatalkan rencana jalan-jalannya? Alasannya klasik, hujan yank. *eh

Saya sendiri masih tetap jalan-jalan karena sedang ingin sekali makan durian. Pontianak yang setiap hari punya musim durian tiba-tiba seakan kehabisan durian karena hujan yang turun sedemikian derasnya dan membuat lapak-lapak durian tidak dibuka. Bahkan beberapa lapak yang biasanya menjual durian tadi berubah jadi lapak kue bulan. Baiklah, saya gagal memenuhi keinginan untuk makan buah durian. Tak mengapa. Setidaknya saya mendapatkan gambar yang menarik.

Gambar yang ada di dalam postingan ini adalah gambar sebuah truk pembawa aspal yang amblas ke dalam gorong-gorong. Prakiraan kami, truk ini berjalan terlalu lambat atau terjebak macet, karena kelebihan muatan membuat gorong-gorong yang ada di tengah jalan menjadi amblas. Maklum biasanya truk pembawa aspal selalu memuat aspal dalam jumlah yang melebihi kapasitas bahkan banyak tidak hanya truk pembawa aspal. Truk lainnya juga begitu.

Jadi malam Minggu yang kelabu karena hujan turun dengan derasnya itu dan kami tak menemukan durian di akhiri dengan jeprat-jepret truk dari pinggir jalan lalu mampir di warung kopi Winny untuk makan pisang goreng srikaya sukahati dan beberapa potong bakwan. Setelah mengobrol panjang. Kami pulang.

Menghapus Identitas di Dunia Maya


Keberadaan dunia maya membuat banyak di antara kita yang dengan mudahnya mendaftarkan identitas kita di berbagai situs. Saking banyaknya pasti banyak di antara kita yang lupa situs mana saja yang pernah kita singgahi dan merekam jejak kita. Tentunya ini semua jadi membuat identitas kita bertebaran di mana-mana. Orang dengan mudah menemukan kita dengan mesin pencari dan dapat dibayangkan siapa saja yang akan mendapatkan informasi tentang kita.

Ini akan menjadi masalah di kemudian hari jika kita tak ingin ditemukan lagi oleh siapa pun di dunia maya. Apa pun alasannya tentu ada beberapa orang yang mulai memikirkan untuk menghapus saya ‘diri maya’-nya yang ada di berbagai sosial media dan akun-akun maya lainnya.

Pernah terpikir untuk benar-benar hengkang dari dunia maya? Walaupun banyak yang tak bisa lepas sama sekali dari dunia maya, saya yakin ada orang yang tak ingin menyebarkan informasinya di dunia maya dan ingin identitas pribadinya tersebar begitu saja. Kalau sudah terlanjur tersebar butuh proses untuk menghapusnya satu demi satu. Belum lagi tak semua orang hapal akun yang dia miliki di dunia maya.

Nah buat teman-teman yang memang ingin menghapus identitas di dunia maya sebenarnya ada cara yang sangat mudah. Cukup mampir ke situs ini http://justdelete.me/ dan bisa memeriksa kembali situs-situs yang barangkali pernah dimasuki dan meninggalkan kepemilikan sebuah akun di sana. Lalu bisa mendeletenya di sana.

Selamat mencoba.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design