9 Desember 2013

Tentang Anak Dare Tue dan Viera


Honeylizious.com – Anak Dare Tue, cerpen yang akhirnya menjadi Juara 1 di Tulis Nusantara 2013 sebenarnya tulisan yang muncul mendadak di kepala. Hanya itu satu-satunya ide yang muncul dan dijadikan tulisan pendek dalam bentuk cerpen. Kalau mengingat kembali bagaimana sebenarnya cerita itu bisa lahir, saya teringat dengan sebuah blog. Blog milik Viera.

Tapi bukan berarti temanya 'Anak Dare Tue' alias perawan tua berasal dari sosok si Viera. Tak ada maksud mengatakan demikian. Saya pernah membaca sebuah cerita di blognya yang menggunakan obrolan mengambang yang isinya kata 'jadi'. Beberapa dialog di dalam Anak Dare Tue juga menggunakan cara yang sama. Kalimat singkat yang tak begitu jelas. Membiarkan pembaca berimajinasi sendiri tentang intonasi yang digunakan oleh tokoh di dalam cerita tersebut.

Saya tak menyangka, gara-gara membaca cerita pendek di blognya membuat sebuah perubahan yang sangat besar. Membuat saya menghasilkan cerita yang menyabet Juara 1 tersebut. Siapa yang menyangka. Alih-alih membaca cerpen yang Juara 1 tahun 2012 lalu. Saya malah membaca cerpen 'Air Akar' itu setelah pulang dari Jakarta, menghadiri malam penghargaan Tulis Nusantara.

Anak Dare Tue yang menjadi judul cerpen itu berasal dari film masa kecil yang pernah saya tonton. Waktu itu di dalam film tersebut mereka membuat gelar 'Andartu'. Andartu sendiri adalah kependekan dari anak dare tue. Bisa juga disebut anak dara tua. Sama saja maknanya.

Melalui postingan ini saya hanya ingin menyampaikan terima kasih buat Viera yang telah menulis cerita pendek di blognya yang membuat saya tersentuh sekali saat membacanya dan tentu saja semuanya tak lepas dari seseorang yang sekarang selalu berada di samping saya untuk menyemangati saya setiap kali akan ikut lomba.


Go for it!

@honeylizious

Followers