16 Desember 2013

Telur Dadar Istimewa


Honeylizious.com – Sejak kecil saya melihat Uwan (nenek saya) membuat telur dadar dengan cara yang sama. Memotong bawang merah dan putih. Lalu dimasukkan dalam telur yang sudah beri sedikit garam. Lalu dikocok sebentar baru digoreng.

Bedanya telur mata sapi dan telur dadar adalah hasil akhirnya. Di rumah Uwan memang lebih sering membuat telur dadar dibandingkan telur mata sapi. Sebab dengan dua atau tiga telur yang dibuat menjadi telur dadar bisa dibagikan ke banyak anggota keluarga. Jadi lebih hemat. Kalau ada ikan teri biasanya Uwan juga menggunakan ikan teri saat membuat telur dadar. Telur yang digunakan ya telur ayam biasa.

Sekarang saya sendiri menjadi koki di rumah. Karena tak tahu akan masak apa lagi dan ayam yang biasanya sudah saya bumbui habis. Tinggal stok telur yang masih banyak. Jadi saya kadang membuat telur mata sapi atau telur dadar. Kalau sedang ingin membuat telur berkuah ya telur dimasak dengan kuah kecap.

Dulu saya juga selalu membuat telur dadar sesuai dengan resep Uwan. Bawang putih, bawang merah, dan garam. Cukup sebagai bumbunya. Sekarang sudah berubah. Sebab suami penyuka bawang bombay. Jadi saya membuat telur dadar yang lebih istimewa. Tak ada bawang merah dan bawang putihnya. Melainkan bawang bombay yang saya gunakan untuk campuran telur dadarnya. Biasa saya campurkan sedikit masako atau bumbu jamur yang gurih.


Setelah dikocok sebentar, telurnya langsung digoreng. Praktis dan lebih enak dibandingkan telur dadar biasa yang saya buat.

@honeylizious

Followers