23 Desember 2013

Sungai Batang


Honeylizious.com – Daerah di dekat pelabuhan yang menghubungkan Jawai dengan dunia luar, dan mudah untuk didatangi disebut juga dengan Sungai Batang. Yap! Sungai yang memanjang itu disebut Sungai Batang. Sungai itulah yang disusuri oleh kendaraan umum motor air yang sejak dulu sampai sekarang masih menjadi tumpangan banyak orang yang ingin keluar kota atau masuk ke Jawai.

Pilihan untuk datang ke Jawai memang tak banyak jika memang kita dari Pontianak yang terpisah daratannya dengan Jawai. Jalur air adalah satu-satunya jalan. Khusus untuk jalur air ada dua alternatif. Satu di Penjajap, Pemangkat, satunya lagi di Tebas.

Di Penjajab, Pemangkat kita akan melewati lautan dan menyusuri Sungai Batang dengan motor air. Tarifnya juga terjangkau. Hanya 5.000 perak untuk satu penumpang. Bawaan yang kita bawa juga tidak akan ditarik bayaran kecuali sangat besar atau berupa BBM atau sembako dalam jumlah banyak. Sebab dapat dipastikan itu bukan barang oleh-oleh. Melainkan barang dagangan. Saya sendiri belum pernah membawa barang seperti itu jadi tak tahu tarif tambahannya berapa.


Barang-barang pindahan seperti lemari kursi juga ada tarif tambahan di motor air.

@honeylizious

Followers