13 Desember 2013

Stop Asking 'Why'


Honeylizious.com – Memberikan tanda tanya saat kita telah menuliskan tiga huruf yang membutuhkan jawaban 'karena' memang menunjukkan ketidakpuasan kita. Ketidakbersyukuran kita atas sesuatu. Biasanya yang mendapat pertanyaan tiga huruf 'w-h-y' yang ajaib itu adalah Tuhan. Saat kita tak mendapatkan keinginan kita. Kecewa karena akan satu hal. Kita dengan mudahnya mempertanyakan 'mengapa Tuhan?'.

Berapa kalipun kita bertanya dengan pertanyaan yang berawalan 'why' sudah dapat dipastikan kita sendiri akan menemukan jawaban 'karena'. Tuhan tak perlu berbicara langsung dengan kita. Dia tahu kita akan dengan mudahnya membuat alasan untuk semua pertanyaan kita sendiri.

Kita memang kadang suka lupa mensyukuri banyak hal yang diberikan oleh Tuhan. Kita terlalu terbiasa mendapatkan asupan oksigen tanpa perlu Tuhan tanyakan pada kita 'mengapa Aku harus memberikan oksigen padamu?'. Kita juga terlalu manja dengan banyaknya air yang keluar dari keran setiap kali kita membukanya tanpa perlu Tuhan bertanya 'mengapa Aku harus membiarkan kamu memiliki air di dunia ini?'. Masih banyak hal lagi yang Tuhan berikan tanpa perlu mempertanyakan alasan yang tepat untuk-Nya memberikan itu semua.


Sebab Tuhan tak butuh 'karena'. Berhentilah bertanya pada Tuhan dengan rasa tidak puas kita. Dengan mudahnya kita menanyakan padanya 'why God?'. Mengapa seperti ini Tuhan? Dia punya alasan yang akan kita temukan sendiri. Dibandingkan terus bertanya mengapa kita tak kita cari hal-hal yang membuat kita mensyukuri semua yang diberikan pada kita. Apa pun itu. Sebab masih banyak anugerah yang terus dia berikan pada kita tanpa menanyakan apa-apa. Sebab dia tahu apa yang kita butuhkan dan sama sekali tidak kita butuhkan.

@honeylizious

Followers