16 Desember 2013

Serawe Durian


Honeylizious.com – Sebenarnya saya sudah pernah menceritakan tentang nasi ketan yang ditemani dengan kuah santan ini. Namun ada campuran yang bisa kita masukkan dalam kuah santan tersebut. Yaitu durian. Pasti penyuka durian akan senang sekali makan serawe ini. Serawe itu, mengingatkan kembali, adalah nasi ketan yang diberi kuah santan.

Waktu tinggal di rumah Uwan, beliau sering membuat Serawe saat ada buah durian atau saat tak ada panganan di rumah. Sebab buah durian yang dibeli biasanya tidak banyak. Untuk membaginya rata ya dengan memasukkannya dalam kuah kolak atau kuah Serawe seperti ini. Sehingga semua orang bisa kebagian rasa duriannya walaupun tak banyak daging durian yang di dapat dalam satu mangkok.

Saat menuliskan ini saya jadi kepengen makan durian. Hahaha...

Nah kalau Serawe yang ini saya makan di rumah Mak Dare, mertua tercinta yang tak diragukan lagi kemampuan memasaknya. Selera makan saya memang mudah ketebak. Ibu mertua tahu saja saya akan suka dengan makanan yang satu ini. Sebab saya tinggal dengan nenek sejak kecil dan kebanyakan yang tahu resep makanan ini memang orang tua jaman dulu.

Membuatnya juga mudah kok. Nasi ketan ditanak hingga menjadi nasi. Beras ketan yang digunakan juga tak mesti beras ketan putih. Kalau di rumah memang ada ketan hitam juga bisa digunakan. Lalu masak santan dengan daun pandan, kalau punya durian bisa dijadikan teman buat kuah santannya. Jangan lupa saat sudah hampir matang campurkan gula secukupnya. Bisa gula tebu atau gula merah. Kalau di rumah nenek menggunakan gula merah yang memang harganya lebih murah di kampung. Jadi lebih hemat biaya.


Cara memakannya lebih gampang lagi. Masukkan nasi Serawe di dalam mangkuk lalu kuahnya di mangkuk yang lain. Nanti kuahnya bisa dicedok dan dimasukkan dalam mangkuk nasi sesuai selera kita. Mau sebanyak apa kuahnya. Siap disantap.

@honeylizious

Followers