25 Desember 2013

Sentebang


Honeylizious.com – Desa Sentebang pernah menjadi primadona. Sebab desa ini adalah kecamatan. Sehingga desa yang paling maju ya Sentebang ini. Apalagi PLN ada di sini lebih dulu dibandingkan desa yang lain. Saat desa yang lain masih belum ada listriknya, Desa Sentebang sudah terang-benderang. Bahkan di sinilah letak pabrik es Jawai terbesar.

Desa yang listriknya selalu menyala dan tak pernah mati lampu secara bergilir. Kalaupun terjadi pemadaman dapat dipastikan karena ada mesin yang rusak atau kejadian tak terduga dan itu sangat jarang. Setahun sekali juga jarang.

Satu paman saya kecantol dengan perempuan dari Sentebang. Pak De saya, sekarang sudah punya tiga anak. Perempuan yang dia nikahi saya panggil dengan Mak De. Aturannya memang demikian. Panggilan istri menyesuaikan panggilan suami kalau di keluarga suami. Begitu sebaliknya. Karena Mak De panggilannya Mak Su di keluarganya, Pak De ikut dipanggil Pak Su oleh anggota keluarga Mak De.

Saya waktu itu masih sangat kecil waktu masih sering main ke Sentebang. Saya bahkan punya orang tua angkat di sana. Masih sanak familinya Mak De juga. Sampai sekarang setiap ke Sentebang dan bertemu dengan Mak Surya dan Pak Inan saya tetap menganggap mereka sebagai orang tua saya.


Sentebang tunggu aku kembali.

@honeylizious

Followers