12 Desember 2013

Seberapa Besar Semangatmu di Awal? (2)


Honeylizious.com – Bertahun-tahun ke belakang. Melihat Rohani Syawaliah kecil, gadis kecil yang suka menulis itu. Menulis tanpa mengharapkan imbalan apa-apa. Tak terbersit di dalam kepalanya bahwa kegiatan yang dia lakukan itu akan menjadi penopang hidupnya suatu hari nanti. Berapa banyak orang yang rela membayar untuk mendapatkan tulisannya. Berapa banyak orang yang rela menghabiskan waktu untuk singgah di blognya dan melahap tulisannya hingga tandas.

Barangkali itu adalah modal awal untuk menulis. Bukan kosakata yang kaya, bukan diksi yang bervariasi, bukan pula otak yang genius. Tetapi semangat. Semangat yang besar untuk menulis tanpa embel apa-apa. Menulis tanpa mengharap balasan sebab menulis sendiri sudah sebuah nikmat yang tak ada bandingannya.

Ingat sekali dulu saya punya banyak buku yang bagus dan tebal untuk ditulisi dengan cerita fiksi yang akan saya simpan di kamar. Tak peduli ada yang baca atau tidak. Saya sangat menyukainya berada di dalam alam imajinasi lalu lupa dengan dunia nyata yang kadang memang tak selamanya menghadirkan sesuatu yang kita harapkan.

Seberapa besar semangatmu di awal? Itu yang seharusnya kita jaga hingga akhir. Itu yang membuat saya hingga hari ini tak pernah berhenti menulis. Menyelesaikan setiap tulisan hingga batas yang ditentukan. Semuanya butuh proses. Terlihat mudah saya menghasilkan tulisan dalam waktu cepat di mata orang. Hebatkah menghasilkan banyak tulisan di blog setiap harinya? Tidak sama sekali. Sebab ini proses yang panjang. Butuh setidaknya belasan tahun untuk menjadi seperti ini.


Belasan tahun membaca dan menulis setiap hari. Dulu bahkan menggunakan pensil dan kertas bekas. Beruntungnya semangat saya tetap menyala dengan alat tulis seadanya. Sebab yang terpenting bagi saya memang menyelesaikan tulisan tersebut. Mau ada pembacanya atau tidak. Begitu pula dengan hari ini. Mau ada yang baca atau tidak saya tetap menyelesaikannya. Saya hanya yakin satu hal. Anak cucu saya akan menjadi pembacanya suatu hari nanti saat saya sudah tak ada di dunia ini lagi.

@honeylizious

Followers