Langsung ke konten utama

Seberapa Besar Semangatmu di Awal? (2)


Honeylizious.com – Bertahun-tahun ke belakang. Melihat Rohani Syawaliah kecil, gadis kecil yang suka menulis itu. Menulis tanpa mengharapkan imbalan apa-apa. Tak terbersit di dalam kepalanya bahwa kegiatan yang dia lakukan itu akan menjadi penopang hidupnya suatu hari nanti. Berapa banyak orang yang rela membayar untuk mendapatkan tulisannya. Berapa banyak orang yang rela menghabiskan waktu untuk singgah di blognya dan melahap tulisannya hingga tandas.

Barangkali itu adalah modal awal untuk menulis. Bukan kosakata yang kaya, bukan diksi yang bervariasi, bukan pula otak yang genius. Tetapi semangat. Semangat yang besar untuk menulis tanpa embel apa-apa. Menulis tanpa mengharap balasan sebab menulis sendiri sudah sebuah nikmat yang tak ada bandingannya.

Ingat sekali dulu saya punya banyak buku yang bagus dan tebal untuk ditulisi dengan cerita fiksi yang akan saya simpan di kamar. Tak peduli ada yang baca atau tidak. Saya sangat menyukainya berada di dalam alam imajinasi lalu lupa dengan dunia nyata yang kadang memang tak selamanya menghadirkan sesuatu yang kita harapkan.

Seberapa besar semangatmu di awal? Itu yang seharusnya kita jaga hingga akhir. Itu yang membuat saya hingga hari ini tak pernah berhenti menulis. Menyelesaikan setiap tulisan hingga batas yang ditentukan. Semuanya butuh proses. Terlihat mudah saya menghasilkan tulisan dalam waktu cepat di mata orang. Hebatkah menghasilkan banyak tulisan di blog setiap harinya? Tidak sama sekali. Sebab ini proses yang panjang. Butuh setidaknya belasan tahun untuk menjadi seperti ini.


Belasan tahun membaca dan menulis setiap hari. Dulu bahkan menggunakan pensil dan kertas bekas. Beruntungnya semangat saya tetap menyala dengan alat tulis seadanya. Sebab yang terpenting bagi saya memang menyelesaikan tulisan tersebut. Mau ada pembacanya atau tidak. Begitu pula dengan hari ini. Mau ada yang baca atau tidak saya tetap menyelesaikannya. Saya hanya yakin satu hal. Anak cucu saya akan menjadi pembacanya suatu hari nanti saat saya sudah tak ada di dunia ini lagi.

Postingan populer dari blog ini

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Video dan Lirik Lagu Kamil Onte ft taZki Acapella - Yok Idop Sehat

Musik adalah bahasa yang universal. Lewat lagu kita bisa menyampaikan banyak hal. Tidak hanya mengumandangkan cinta dan lara. Tapi juga nasihat-nasihat baik yang berguna bagi banyak orang terutama masyarakat di sekitar kita. Seperti lagi Yok Idop Sehat ini yang memang dibuat untuk menghimbau orang supaya menjalani hidup yang sehat. Lengkap dengan tips yang bisa kita lakukan untuk menjalankannya.  Lagunya tidak hanya menghibur namun juga bisa untuk mengingatkan kita bagaimana hidup sehat yang seharusnya. Bukankah kesehatan adalah segalanya. Tanpa kesehatan kita tidak bisa beraktivitas dan produktif. Yok idop sehat. Yok Idop Sehat Hei buda' buda', saye punye cerite Cerite tentang hidup sehat bagaimane Rajin olahraga stamina tetap terjage Ayok kite semue jadi warge sehat sentose.. . Reff : Makan buah & sayuran dan cek kesehatan Jangan sampai kite saket kedolo'an Marilah kite terapkan same-same Agar kite tetap sehat semuenye Diri saye

Gokusen: Yankumi, Cucu Yakuza yang Impiannya Menjadi Guru

http://aki-ojou.blogspot.com Beberapa hari yang lalu mendapat tambahan koleksi film serial Jepang dari Mister Achan. Satu di antaranya Gokusen. Bisa dikatakan ini mirip dengan Great Teacher Onizuka. Perbedaannya pada konsep dasar dan pemeran utamanya. Siapa yang menjadi guru yang akhirnya disayangi oleh murid nakalnya.