12 Desember 2013

Seberapa Besar Semangatmu di Awal? (1)


Honeylizious.com – Menulis adalah proses panjang sebenarnya. Walaupun barangkali banyak yang menganggap bahwa banyak orang yang tiba-tiba saja bisa mendapatkan ide dengan secepat kilat. Bahkan menyelesaikannya dalam hitungan waktu yang banyak orang akan beranggapan adalah hal yang tidak mungkin.

Buat teman-teman yang sekarang sedang menyelesaikan sebuah tulisan lalu tak selesai-selesai. Menyalahkan kekurangan waktu. Menyalahkan kesibukan. Kemudian melihat orang lain yang menyelesaikan tulisannya, sama sibuknya, sama kekurangan waktunya. Ternyata bisa mencapai bagian akhir tulisannya.

Sekarang saya sudah menikah dan ternyata kegiatan ngeblog saya tetap bisa saya lakukan setiap hari. Disisa waktu yang memang semakin sempit dibandingkan sebelumnya. Waktu istirahat yang menjadi berkurang karena memang ada hal-hal yang harus saya selesaikan sebagai seorang istri. Dulu saya memang tidak memasak, tidak mencuci pakaian, dan tentu saja tidak mencuci piring. Sebab saya makan di luar. Mencuci pakaian di laundry kiloan yang memang jauh lebih praktis.

Saya hanya menulis setiap hari di blog. Di dalam kamar yang sempat saya sebut menjadi room sweet room. Bagaimana bisa sekarang saya tetap menyelesaikan banyak tulisan saat saya sudah menjadi istri. Katakanlah akan ada yang meragukan saya menulis lagi saat sudah punya anak bayi yang butuh ASI selama dua tahun penuh. Tetapi sekarang saya hanya bisa terus meyakinkan diri saya bahwa saya akan tetap menulis.

Sebab menulis adalah proses pembelajaran yang panjang. Sangat panjang. Saya tidak menulis 1 jam lalu tulisan tersebut mendapat banyak penghargaan atau dinilai jutaan rupiah oleh orang lain. Sebelum saya mampu menulis 1 artikel dalam hitungan 10-15 menit untuk 2-3 halaman, ada proses panjang yang telah saya lalui. Proses yang menurut saya adalah harga mati untuk mendapatkan kemampuan menulis saya yang sekarang.


Jauh dari sempurna. Jauh dari 'wah'. Jauh dari segala hal yang menurut orang lain sekelas sastrawan ternama. Setidaknya saya terus mencoba.

@honeylizious

Followers