24 Desember 2013

Sarang Burung Kuala


Honeylizious.com – Ada Danau, ada Sarang Burung Danau, begitu pula dengan Kuala atau disebut Kuale oleh penduduk setempat. Menggunakan 'e' taling bukan 'e' pepet. Itulah bedanya bahasa Sambas dengan bahasa Pontianak. Melayu Sambas menggunakan 'e' taling untuk akhiran 'e' sedangkan di Pontianak menggunakan 'e' pepet dan lebih terdengar seperti bahasa Malaysia. Walaupun sebenarnya sedikit berbeda aksennya.

Desa Sarang Burung Kuala kalau tidak salah lebih dekat dibandingkan Sarang Burung Danau kalau dari rumah Uwan atau Umak. Saking banyaknya desa di Jawai saya tak benar-benar pasti mengenai urutannya. Apalagi kalau sudah melewati Pelimpaan. Saya hanya paling hapal urutan desa dari Jelu Air sampai Parit Setia, paling jauh Pelimpaan. Sebab sehabis Parit Setia atau yang biasanya disebut orang dengan Setie saja, adalah Pelimpaan.

Malu juga rasanya ditanya mengenai desa yang ada di Jawai tapi saya tak bisa menjawab dengan pasti letaknya. Padahal kalau dipikir-pikir saya belasan tahun berada di Jawai. Punya banyak waktu buat keliling desa dan mengingat urutannya satu demi satu. Kapan-kapan saat berkeliling selain mengingat urutannya saya harus mengabadikannya dalam bentuk foto sehingga punya gambaran mengenai desa tersebut pada masa itu. Jadi saat bertahun-tahun kemudian baru kembali saya bisa melihat perubahan yang terjadi.


Sarang Burung Kuala, saya punya teman tidak ya di sana?

@honeylizious

Followers