2 Desember 2013

Sang Juara (2)


Honeylizious.com – Tulis Nusantara memang menyediakan hadiah lebih besar untuk peserta yang bisa memenangkan lomba menulis novelnya. Hadiah pertamanya saja Rp20.000.000. Seumur hidup belum pernah saya bisa menulis satu cerita dan mendapatkan upah sebanyak itu. Uang seperti itu untuk karya kita tentu saja sangat banyak ya! Namun bukan itu yang saya kejar. Saya ingin ikut lomba ini dan menang, kategori novel saya rasa adalah kategori yang saingannya paling sedikit. Sebab tak banyak orang yang akan mampu membuat novel dalam waktu sangat singkat. Kalaupun kebetulan ada yang punya novel yang sesuai dengan tema tentu juga tak banyak.

Makanya kategori novel yang saya pilih sejak awal. Cerpen saya hindari sebab saya yakin pesertanya akan banyak sekali. Persaingan yang sangat ketat untuk menjadi 3 besar di kategori ini. Kalau nonfiksi saya tidak begitu kuat apalagi puisi. Jadi novel satu-satunya kategori yang saya incar. Sayangnya saya disibukkan dengan persiapan pernikahan. Bulan madu. Pindahan rumah. Dan pada akhirnya saya hanya menyelesaikan belasan halaman beberapa hari sebelum deadline. Ketika hari terakhir itu pun saya hanya menulis 30 halaman. Padahal minimal menulis 100 halaman. Masih 70% lagi yang harus ditulis dalam waktu kurang dari 12 jam.


Saya katakan pada diri saya sendiri untuk menyerah. Sudah tak mungkin lagi. Tidak akan terkejar. Tak bisa menuliskan 70 halaman dengan spasi tunggal dalam waktu singkat seperti itu. Terburu-buru menulis juga akan sangat tidak baik. Belum lagi kesalahan pengetikan yang harus dicek ulang. Akan sangat menyebalkan kalau kalah gara-gara hal sepele seperti itu.

@honeylizious

Followers