1 Desember 2013

Sampai Ketemu di Jakarta (1)


Honeylizious.com – Bagai mimpi, bisa mengalahkan ribuan kontestan di Tulis Nusantara 2013. Sebab rasanya tulisan saya yang saya kirimkan masih mentah. Masih belum sempurna. Masih banyak rasanya kekurangan di dalam tulisan saya tersebut. Bahkan saat mengirimkannya saya tak membaca ulang naskahnya. Takut menemukan kesalahan lalu kecewa mengapa tak menulis lebih baik? Mengapa hanya bisa menulis cerita sepanjang 5 halaman dengan bagian akhir seperti itu.

Jadi saat mendekati tanggal pengumuman pemenang sebenarnya saya tak berharap akan masuk nominasi, bahkan 50 nominasi pemenang fiksi Tulis Nusantara rasanya mustahil bisa saya tembus. Sejak awal pun saya tak ingin mengikuti lomba ini pada kategori cerpen. Sebab cerpen itu pendek. Pikir saya, saingan akan sangat banyak. Karena banyak orang bisa menulis cerita yang pendek. Saya berusaha menyelesaikan novel yang memang ingin saya ikutkan dalam lomba Tulis Nusantara 2013. Tetapi liburan di Sintang setelah pernikahan memang menghabiskan banyak waktu. Bukan berarti saya menyesal harus ke Sintang. Perjalanan ke sana tak akan bisa digantikan dengan apa pun. Saya senang dan kalau harus merelakan tidak ikut Tulis Nusantara 2013 pun tak apa. Saya masih bisa ikut tahun depan bukan?


Namun Tuhan punya janji yang lain buat saya. Saya yang hanya mampu menyelesaikan 30% dari novel untuk Tulis Nusantara, sore 15 November 2013, hari terakhir pengiriman naskah harus merelakan untuk tidak melanjutkan novel tersebut dan banting setir ke cerpen. Setidaknya tetap bisa ikut mau kalah atau menang. Saya pikir seperti itu sih. Tak lebih. Jangan sampai melewatkan kesempatan dan kemungkinan untuk menang.

@honeylizious

Followers