6 Desember 2013

Pos di Somalia Kembali Bangkit


Akhirnya setelah 22 tahun lamanya, warga Somalia akan menerima surat dari luar negeri untuk pertama kalinya. Keputusan ini dibuat oleh agen pos PBB untuk mengakhiri pengisolasian warga Somalia setelah konflik sipil yang terjadi di negara tersebut selama dua dekade lamanya. Tapi penanganan surat keluar masuk dari dan ke negara tersebut tentunya masih terhambat, karena tidak adanya kantor pos yang berfungsi, juga hanya jalanan besar saja yang diberi nama, kebanyakan rumah pun tidak memiliki nomor.

Universal Postal Union (UPU) yang berkantor pusat di Swiss mengatakan aktivitas pos di Somalia dapat beroperasi dalam beberapa bulan ke depan. Menteri Informasi dan Komunikasi Somalia, Abdullahi Hirsi telah menandatangani nota kesepakatan dengan Emirates Post Group pada bulan April lalu agar Dubai bertindak menjadi penghubung penanganan surat yang bertujuan ke Somalia.

Sekitar 2 juta warga Somalia tinggal diluar negeri dan 9.9 juta tinggal di Somalia difasilitasi oleh agen pos tidak resmi. Juru bicara UPU Rheal LeBlanc mengatakan Somalia telah mendirikan kantor di lapangan udara yang akan menangani surat keluar dan masuk ke Somalia yang awalnya hanya untuk melayani kepentingan pemerintah, kedutaan dan universitas. Hirsi mengatakan negaranya membutuhkan bantuan untuk mengaktifkan pelayanan pos di negaranya.


Sebagai tanda optimisme Somalia telah lepas dari kekerasan masa lalu, Inggris membuka kembali kantor kedutaannya lapangan udara Mogadishu setelah sebelumnya misi kerjasama antara dua negara ini terputus pada tahun 1991.

@honeylizious

Followers