26 Desember 2013

Penipuan di Instagram


Honeylizious.com – Baru-baru ini tercengang melihat lini masa di instagram. Ada beberapa akun yang saya ikuti tiba-tiba mengunggah gambar yang sama. Sebenarnya saya sudah biasa melihat akun-akun yang mengejar hadiah di instagram. Katakanlah akun banci kuis yang ingin mendapatkan hadiah dari berbagai kuis yang diadakan di sana. Kemudian ternyata ini dimanfaatkan oleh orang lain. Apalagi tawarannya sangat menggiurkan.

Hadiahnya iPhone 5S yang harganya belasan juta itu. Tapi yang namanya penipuan tetap akan tercium kok. Jadi mereka menuliskan di bionya akan memberikan followernya iPhone jika mereka mencapai jumlah follower tertentu. Misalnya saat mereka mencapai 75k follower mereka akan membagikan satu iPhone untuk follower ke 75k. 

Terlalu mudah lagi caranya, yaitu mengcapture bio akun tersebut dan memention akunnya. Ujung-ujungnya kita secara tak sadar mempromosikan akun tersebut kepada follower kita dan membuat follower kita melakukan yang sama. Karena iming-imingnya adalah iPhone banyak yang merasa tak rugi untuk mencoba. Beberapa foto mereka unggah juga sebagai bukti pemenang. Tapi hanya beberapa orang dan ternyata itu adalah foto orang-orang yang berfoto menggunakan iPhone yang dicuri dari akun mereka.

Saya rasa akun ini niatnya hanya mendapatkan follower sebanyak mungkin. Kemudian akun tersebut akan dijual pada orang yang mau membayar tinggi. Walaupun tidak merugikan orang lain secara materi dalam hal ini mereka memang tak membuat orang mengirimkan sejumlah uang. Tapi memberikan iming-iming palsu seperti itu sangat tidak bisa ditolerir.


Buat teman-teman yang mudah teriming-imingi oleh sesuatu. Bacalah baik-baik dulu sebelum menyebarkan. Sebab satu foto saja yang kita unggah itu bisa berakibat banyak orang ikut mendapatkan iming-iming palsu. Waspadalah!

@honeylizious

Followers