4 Desember 2013

Partai Keprihatinan Nomor Urut Terakhir


Honeylizious.com – Banyak partai sudah bersiap-siap untuk menyambut pemilihan umum tahun 2014 nanti. Masih segar dalam ingatan saat dulunya partai itu hanya ada tiga. Bagaimana berjayanya Golkar mendapatkan suara. Hampir semua orang memilih partai tersebut. Saat saya kecil juga saya sering mendengar bahwa memilih Golkar dulunya seperti wajib. Seakan-akan tak ada pilihan lain. Itu sebabnya Golkar bisa berkuasa sebegitu panjang. Soeharto berjaya menjadi presiden.

Sekarang ini sepertinya harus ada partai baru yang dilahirkan. Yaitu Partai Keprihatinan. Memang sangat memprihatinkan keadaan jalan negara yang ada di wilayah timur Kalimantan Barat. Hujan berlumpur, panas berdebu. Sebenarnya bukan hanya di Kalimantan Barat, sebab waktu nonton televisi beberapa hari yang lalu masih ada jalan negara yang lain yang tak kalah hancur lebur dibandingkan jalan di Kalimantan Barat di wilayah timurnya. Kemudian yang menjadi sorotan memang karena jalan di wilayah timur Kalimantan Barat adalah jalan trans Internasional. Bagaimana bisa jalan yang namanya semegah itu bisa terus hancur lebur tanpa ada usaha untuk memperbaikinya?

Tak heran sekarang ini banyak rakyat yang lebih memilih menjadi 'Golput' alias orang yang tak ingin menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang baru. Apa yang terjadi ya seandainya semua orang tak ada yang menggunakan hak suaranya? Sebab rakyat sudah terlanjur kecewa. Kecewa dengan keadaan yang harus mereka terima dari pemerintah. Obral janji di mana-mana tetapi saat menduduki kursi pemerintahan yang ada malah ongkang-ongkang kaki terima uang saja.


Apalagi kadang suara yang masuk tak sesuai dengan yang dikabarkan. Bukan hal baru lagi 'main mata' yang terjadi di belakang membuat angka-angka bisa dengan mudahnya dimanipulasi. Susah jadi rakyat di Indonesia. Serba salah.

@honeylizious

Followers